Troy, Update Besar-Besaran Atlantica Online! (Part 2)

Fitur lain yang ditambahkan dalam update Troy kali ini adalah fitur My Home. Ya, dengan fitur ini kamu bisa memiliki rumah kamu sendiri, dan juga mendekorasi rumah kamu sesuka hati! Selain itu, banyak sekali fitur yang tersedia, mulai dari life skill, hingga merekrut employee yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu. Bagaimana sistem yang mirip dengan The Sims ini diimplementasikan di Atlantica? Ikuti langkah-langkah berikut!

Membeli Rumah

Di sebelah kanan layar kamu, klik tombol Rome dan kamu akan melihat sebuah option dengan label My Home. Klik tombol ini, maka kamu akan dipindahkan ke NPC yang “menjual” rumah ini yang bernama Catsith. Dari sini, kamu bisa memilih gaya rumah seperti apa yang kamu inginkan, dan kamu bisa membeli salah satunya dengan mengeluarkan biaya sekitar 500.000.000 gold (untuk server internasionalnya)

Seperti yang terlihat dalam gambar, terdapat banyak pilihan gaya rumah seperti Red European House, Blue European House, dan Green European house. Semua rumah memiliki fungsi yang sama, yang membedakan hanya penempatannya dan juga gaya rumah itu sendiri. Setelah kamu memilih rumah yang kamu inginkan klik pada tombol Build My Home dan kamu akan diberi notifikasi bahwa kamu sudah membeli sebuah rumah! Selamat!

Untuk memasuki rumah kamu dari bagian peta mana saja, klik pada tombol My Home yang ada di sebelah kanan layar kamu. Tombol ini akan muncul dibawah tombol notifikasi, dan terlihat seperti rumah putih dengan atap gelap. Setelah kamu mengekliknya, maka kamu akan dihadapkan sebuah layar yang bergambar pagar. Klik pada bagian mana saja, dan voila! Kamu sudah berada di dalam rumah kamu!

Beberapa Menu Dasar dalam My Home

Setelah didalam rumah, menu My Home bisa kamu temukan di pojok kanan atas layar kamu. Saat kamu mengekliknya, kamu bisa memilih menu didalamnya seperti My Home Info, Decorate, Preview, Furnishing Warehouse, Employees dan Leave Home. Untuk saat ini, klik pada My Home Info dan sebuah window akan muncul menunjukkan statistik dari rumah kamu.

1.  My Home Info

Bagian ini menunjukkan status dasar dari rumah kamu. layar ini menunjukkan berapa employee yang kamu miliki, jumlah furniture yang ada didalam rumah kamu, berapa skill level insight kamu, nilai total rumah, popularitas, hingga berapa mercenary yang ada didalamnya. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing status tersebut:

2.  Employee

Mercenary yang kamu rekrut untuk bekerja di rumah kamu.

3.  Furniture

Menunjukkan daya tahan furniture kamu

4.  Insight

Sebuah life skill yang membuat kamu bisa mendapatkan informasi mengenai furniture yang memiliki level lebih tinggi. Semakin tinggi levelnya, maka semakin baik furniture yang bisa kamu gunakan.

5.  Total Value

Nilai total dari rumah kamu beserta isinya.

6.  Popularity Ranking

Jumlah popularity heart yang diberikan pengunjung terhadap rumah kamu. hal ini menunjukkan betapa populer rumah kamu dimata pemain lain, dan akan memberikan ranking yang lebih tinggi untuk kamu di Home Directory.

7.  Resident Mercenaries

Total mercenary yang berada didalam rumah kamu.

Preview My Home

Dari menu My Home, klik di tombol preview dan daftar item akan tampil di sebelah kiri layar kamu. Dari sini kamu bisa melihat furniture atau decoration apa saja yang ada di game ini. Selain melihat preview-nya, kamu juga bisa meletakkannya dimanapun kamu suka dirumahmu. Namun ingat, karena sifatnya hanya preview, maka saat mengeklik End Preview, semua item akan menghilang dan rumah kamu akan kembali kepada keadaan semula seperti sebelum kamu melakukan preview.

Furnishing Warehouse

Sudah siap untuk mendekorasi rumah? Sebelum kamu bisa mendekorasi rumah, maka kamu harus menambahkan furniture ke warehouse kamu. Untuk melakukan ini, klik menu My Home dan pilih Furnishing Warehouse. Disini, kamu bisa melihat daftar item yang bisa kamu buat untuk mendekorasi rumah kamu. Semua furniture yang muncul dengan warna merah menandakan bahwa level Insight kamu tidak cukup tinggi untuk menggunakan furniture ini. Untuk meningkatkan level ini, kamu bisa klik kanan dan melihat furniture yang ada dirumah kamu atau melihat furniture dirumah pemain lain. Satu tips, dengan melihat furniture dirumah pemain yang memiliki level Insight lebih tinggi dari kamu bisa memberikan experience yang lebih banyak daripada kamu mengunjungi rumah pemain lain yang selevel dengan kamu.

Mendekorasi Rumah Kamu

Untuk mulai mendekorasi rumah kamu, klik tombol My Home Menu dan pilih Decorate. Setelah itu, kamu akan melihat sebuah window kecil yang akan muncul di sebelah kiri layar, yang menunjukkan furniture apa saja yang tersedia yang dikelompokkan dalam kategori-kategori. Item menunjukkan Funiture, Decor menunjukkan dekorasi yang bisa kamu pakai, Wallpaper menunjukkan hiasan dinding yang bisa dipasang, dan Floor menunjukkan lantai yang bisa dipasang.

Lantai dan Dinding

Sekarang kita mulai dengan memasang wallpaper dan floor, pilih wallpaper dan floor yang ingin digunakan dan arahkan mouse ke area yang ingin dihias. Kamu bisa mengeklik area mana yang kamu pilih dan wallpaper atau floor tersebut akan terpasang disana. Oiya, wallpaper dan floor ini hanya bisa digunakan sekali, jadi tidak bisa dipindah-pindah. Semua perubahan yang kamu lakukan akan menjadi permanent segera setelah kamu menekan tombol finish. Jadi gunakan dengan bijak ya.

Furniture dan Dekorasi

Sekarang saatnya menghias rumah kamu denga furniture dan dekorasi lainnya. Untuk memilih furniture, klik menu Item yang ada di menu Decorate, dan pilih salah satu furniture yang ingin kamu pasang. Kamu bisa mengecek seluruh rumah kamu, untuk menentukan dimana lokasi yang pas untuk memasang furniture tersebut, dan klik kiri untuk menempatkan furniture tersebt. Kamu sekarang bisa melihat ada beberapa tombol yang muncul, seperti memutar furniture ke kiri atau kekanan, apply, atau bahkan menghapus furniture dari titik tersebut.

Jika kamu sudah bosan dengan letak furniture kamu dan ingin menghapus furniture tersebut dari tempatnya, kamu bisa klik kanan di item tersebut, dan sebuah menu lain akan muncul. Di Menu ini, kamu bisa mengatur kembali furniture kamu, memindahkannya atau mengambilnya kembali. Untuk menyelesaikan dekorasi, klik finish dan semua perubahan yang kamu lakukan akan tersimpan.

Mengenai Fasilitas dan Life Skill

Dengan memiliki rumah, kamu akan mendapatkan sebuah skill baru yang disebut dengan Life Skill. Life Skill bisa ditingkatkan dengan menggunakan fasilitas yang bisa kamu temukan diluar rumah kamu atau mengunjungi rumah milik pemain lain. Beberapa Life Skill yang tersedia antara lain Lumbering, Harvesting, Gardening dan Mining. Sebagai contoh, dalam tulisan ini kita akan menggunakan Herb Garden. Keluar dari rumah dan kunjungi kota, lalu pergi ke Market dan beli sebuah Herb Garden. Setelah membelinya, kamu akan menemukan Herb Garden di Inventory kamu.

Setelah kembali kerumah, buka inventory kamu dan klik kanan pada Herb Garden, dan secara otomatis akan diaplikasikan ke ruang kosong yang ada di depan rumah kamu. Sekarang, setelah fasilitas ini terpasang, kamu bisa mengatur atau menggunakannya. Klik kanan pada fasilitas baru ini dan sebuah menu akan muncul, dan kamu bisa mulai untuk mengambil Herb. Dengan melakukan ini, maka akan meningkatkan Gardening Skill kamu. Sama seperti kebun di game lain, kamu juga harus merawatnya agar bias terus kamu gunakan. Disinilah fitur Manage akan mengambil peran. Klik kanan dan pilih Manage.

Sebuah window akan muncul dan memberitahukan informasi mengenai kebun kamu, berapa levelnya dan juga experience yang didapat. Selain itu, kamu juga bisa memilih Fertilize untuk memberikan pupuk di kebun, atau Control Pest untuk mengontrol hama tumbuhan. Dengan melakukan perawatan secara rutin ini, maka kebun kamu bisa terus berproduks

Pekerja yang Siap Membantu

Merekrut Employee

Kamu juga bisa merekrut beberapa employee, yang bisa difungsikan sebagai Chef dan Artisan untuk membantu merawat rumah kamu. Untuk merekrut employee dari Mercenary kamu, bicara dengan NPC Alfredo yang ada di area My Home di Rome. Ketika kamu berbicara dengan Alfredo, My Home Hiring Manager yang berisi daftar Mercenary yang bisa kamu jadikan employee. Sejauh ini baru ada beberapa mercenary saja yang dikonfirmasikan bisa menjadi employee, seperti Archer dan Viking yang bisa direkrut sebagai Chef, atau Gunner dan Swordman yang bisa direkrut sebagai Artisan.

Setelah kamu memilih mercenary yang akan direkrut, klik tombol employ. Sebuah popup akan muncul mengkonfirmasikan perekrutan tersebut, dan juga detailnya. Untuk menyelesaikan proses perekrutan, klik Hire. Sekarang, kamu sudah memiliki satu employee dan kamu harus kembali kerumah untuk mengaktifkannya. Untuk melakuka hal tersebut, klik My Home dan pilih Employees dari menu. Sebuah window akan muncul yang menunjukkan employee yang siap diaktifkan. Cukup pilih salah satu dan aktifkan.

Bar Energi

Seperti pekerja di dunia nyata, employee di rumah kamu bisa juga kehabisan energi. Setiap employee memiliki sebuah energy bar, yang sedikit demi sedikit berkurang saat mereka tidak melakukan apa-apa, atau berkurang sangat cepat saat mereka melakukan crafting. Untuk mengembalikan energi employee kamu, berikan hadiah pada mereka setiap jam, atau pilih option Rest saat berbicara dengan mereka. Kamu juga bisa memerintahkan mereka untuk menghentikan pekerjaan mereka, lantas memberinya hadiah, kemudian menyuruh mereka melanjutkan pekerjaan mereka lagi.


SHARE
Previous articleEPIC Bagi-bagi Kode Gears 3 Beta
Next articlePenerus Devil Survivor Tetap Setia Dengan NDS
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.