Cek Kualitas Film Download Disini!

Masalah pajak memang yang melanda film Hollywood di Indonesia masih belum berakhir. Meskipun pada akhir Maret lalu Bapak Kemenbudpar Jero Wacik sudah menyatakan, bahwa pemerintah sudah memiliki jawaban atas permasalahan ini, namun masih belum ada solusi kongkrit yang bisa mengembalikan film-film Hollywood kembali ke bioskop-bioskop Indonesia. Selama ada masalah pajak ini, tentu hanya ada dua pilihan jika ingin menonton film-film Hollywood terbaru dengan cepat: Membeli DVD bajakan, atau men-download melalui berbagai situs atau torrent. Nah, mungkin saat men-download kamu menjumpai nama-nama file yang cukup panjang dibelakang judul file tersebut, seperti R5, TS, CAM, atau DVDRip. Apa arti dari nama-nama tersebut?

Nama-nama tersebut merupakan indikasi kualitas dari file film yang akan kamu download. Mungkin banyak dari kamu yang kecewa, sudah lama menunggu download, eh film yang di-download gambarnya masih jelek, atau buram. Nah, agar kamu tidak kecewa untuk yang kesekian kalinya, disini saya akan menjelaskan berbagai macam kualitas tersebut, dan memberikan sedikit guide, apakah file dengan kualitas tersebut layak tonton.

Kualitas CAM (Camera)

Screenshot film Sucker Punch dalam Kualitas CAM

Sama seperti namanya, kualitas CAM ini adalah film yang diambil (atau di-syuting) secara LANGSUNG dari bioskop dengan menggunakan kamera atau handycam. Oleh karena itu, mungkin kamu sering menemui film dengan kualitas ini sering “bergoyang” atau ada bayangan hitam yang lewat didepan layar bioskop (tentu, saat menonton bioskop, tidak jarang ada orang yang keluar untuk ke kamar kecil bukan?). Kualitas CAM tentu tidak layak untuk di-download atau ditonton, karena sangat tidak nyaman baik untuk audio maupun visualnya. Tetapi, bagi kamu yang sudah “kebelet” untuk menonton sebuah film, kualitas ini bisa menjadi pilihan karena biasanya sudah muncul di internet bersamaan dengan perilisan film tersebut di bioskop.

Kualitas TS (Telesync)

Screenshot film Drive Angry dalam Kualitas TS

Secara visual, kualitas TS dan CAM tidak ada bedanya. TS memiliki kualitas yang “sama buruknya” dengan CAM. Yang membedakan, kualitas TS sudah ditambahi dengan audio eksternal sehingga lebih enak didengar. Memang, kualitas suara TS lebih baik dari CAM. Namun, terkadang penambahan audio eksternal tidak sinkron dengan artikulasi mulut aktor dan aktrisnya, atau terkadang banyak suara-suara dari luar yang cukup mengganggu. Layak untuk di-download? Tentu tidak!

Kualitas R5 (Region 5)

Screenshot film Battle: Los Angeles dalam Kualitas R5

Merujuk pada kualitas DVD Region 5 yang khusus dirilis di Negara-negara bekas Uni Sovyet, seperti Ukraina. DVD Region 5 memang biasanya dirilis lebih cepat daripada DVD Original karena tidak memiliki tambahan fitur-fitur spesial seperti DVD Original, dan juga membutuhkan budget yang lebih sedikit dibandingkan dengan membuat DVD Original. Seringkali, DVD Region 5 ini dibajak dan diselundupkan, sehingga muncul di internet lebih cepat dibandingkan di toko. Kekurangan lain, DVD Region 5 ini masih belum memiliki audio dalam bahasa Inggris, sehingga banyak Ripper (sebutan orang-orang yang me-rip DVD kedalam bentuk digital) harus menambahkannya sendiri. Kualitas ini juga sudah layak untuk di-download, dan menurut saya jika ingin menonton film hasil Download, R5 adalah kualitas minimal agar kamu bisa menonton dengan nyaman.

Kualitas DVDScr (DVD Screener / Screener)

Gambar kanan adalah kualitas asli DVD Screener lengkap dengan watermarknya, sedangkan gambar kiri adalah versi DVD Screener yang sudah di-encode

Disebut juga Screener, film dengan kualitas ini juga dikopi langsung dari DVD, namun bukan DVD Original, melainkan DVD promo yang biasanya dikirimkan oleh distributor film ke toko-toko DVD besar. Karena masih merupakan DVD promo, maka banyak “atribut” yang bisa kamu lihat di film dengan kualitas ini, seperti masih ada watermark-nya, counter jam, hingga terkadang masih ada blue-screen-nya. Namun, tidak sedikit ada encoder yang me-rip DVD Screener, sekalian menghapus watermark-nya sehingga kualitas film DVD Screener ini sudah mendekati DVD Rip dan bebas dari watermark. Untuk kualitas gambar sendiri sudah cukup bagus, sehingga layak untuk di-download. Kelebihannya lagi, film dengan kualitas DVDScr selalu muncul di internet sebelum DVD Originalnya dirilis di pasaran.

Kualitas DVDRip (DVD Rip)

Screenshot film Tron: Legacy dalam Kualitas DVD Rip

DVDRip adalah kopi langsung dari DVD Original, yang menghilangkan beberapa fitur yang biasanya ada di DVD Original, seperti Trailer, pilihan bahasa, dan juga pilihan chapter. Karena dikopi (atau bahasa spesifiknya: Di-Rip) langsung dari DVD Original, kualitas ini bisa dikatakan sangat bagus, dan layak untuk di-download. Kekurangannya, karena di-Rip dari DVD Original, maka film dengan kualitas ini akan muncul setelah DVD Originalnya dirilis di pasaran, yang biasanya berjarak minimal 2 bulan dari perilisan filmnya di bioskop.

Kualitas BRRip (Blu Ray Rip)

Screenshot film Avatar dalam Kualitas BRRip

Inilah kualitas film download yang paling bagus, dan tentu layak untuk ditonton. Jika tidak dikompres, film dengan kualitas BRRip bisa mencapai 10 GB atau lebih setiap filmnya! Kualitasnya bagus, karena film dengan kualitas ini di-rip langsung dari Blu Ray original film yang bersangkutan. Kekurangannya? Selain waktu yang dibutuhkan untuk men-download lebih lama, film dengan kualitas ini juga muncul paling terakhir, karena menunggu Blu Ray original dari film tersebut dirilis. Jadi, selain harus sabar untuk men-download, kamu juga harus sabar menunggu blu ray originalnya dirilis yah!


SHARE
Previous articleEvil vs Oni!
Next articleThe Spring 2011 Anime Preview Part 2
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.