Menjadi Seri Total War Terbaik

Judul:Shogun 2: Total War
Score: A
Dev: Creative Assembly
Genre: Real-Time Strategy

Jika dibandingkan dengan keenam seri Total War yang lainnya, seri Shogun 2 menjadi seri paling baik dan komplit. Bisa dibilang merupakan remake dari seri Total War pertama yaitu seri Shogun yang rilis 2000 silam. Dilihat dari segi permainannya, bagi kamu yang seorang pemula dalam Total War akan dipandu tutorial dengan interface baik dan sangat jelas. Jika kamu bandingkan dengan seri sebelumnya, Shogun 2 mengalami peninggatan grafis yang sangat tajam dan lembut sehingga sangat memanjakan mata. Juga detil-detil dari permainan yang sebelumnya kurang terlihat, disini terlihat sangat jelas. Untuk soundtrak dan efek-efek suara dikemas dengan menawan baik dalam pertempuran maupun dalam pembukaan permainan. Walaupun permainannya masih mirip dengan kebanyakan seri Total War, dalam Shogun 2 kamu bisa lebih mendalami lagi strategi yang baru. Misalnya saja memadukan antara pasukan samurai yang memiliki jarak serang dekat dikover dengan pasukan jarak jauh para archer. Bahkan jika kamu bandingkan dengan Shogun pertama, kali ini terdapat unit-unit yang tidak akan kamu temukan. Salah satunya adalah kapal perang Jepang dan yang lain adalah unit Ninja yang bisa menyerang dengan kerusakan sangat besar. Oh ya, bagi kamu yang sudah merasa sangat menguasai serial Total War, kini saatnya kamu mencoba melawan AI yang didesain lebih pintar dari seri-seri sebelumnya. Atau jika kamu bosan bermain sendiri, mode multiplayer baru akan membuat permainanmu semakin menyenangkan.

 

Multiplayer Impian Penggemar Shogun

para prajurit yang siap kamu kontrol

Sebagai penggemar Shogun pertama, tentunya kamu ingin bermain bersama teman-temanmu dalam satu jangka permainan bukan? Nah sistem multiplayer yang diangkat adalah sistem multiplyaer yang mirip dengan seri Napoleon:Total War. Jadi kamu bisa memilih untuk bermain co-op bersama temanmu dalam satu misi campaign, atau memilih untuk bersaing dalam satu medan peperangan. Oh ya, untuk mode multiplayer versus, kamu bisa menambahkan AI untuk dijadikan lawan, karena memang dalam mode ini kamu harus bersaing untuk menjadi terkuat dan menghancurkan musuhmu. Sedangkan untuk mode co-op, kamu tidak bisa menambahkan AI untuk dijadikan teman bertarungmu. Untuk penambahan sistem multiplayer adalah kemampuan untuk langsung men-share unit kepada sekutumu. Hal ini tidak bisa dilakukan pada seri Napoleon. Nah, bukankah bermain bersama teman merupakan pengalaman yang sangat menarik?

 

Sayang.. Bug Masih Berkeliaran

woww.. areanya luas sekali..

Disamping kemajuan Shogun 2 ini, terdapat kelemahan yang sangat menonjol dan sering terjadi saat kamu memainkan mode multiplayer. Karena memang game ini sangat berat, sesekali kamu akan mengalami freeze yang berujung pada crash. Jika demikian, permainan akan tertunda dan memang hal ini sangat mengganggu kesenangan. Lainnya, masih seputar game yang berat, beberapa komputer yang tidak memiliki spesifikasi yang tepat akan sering sekali freeze dan crash secara langsung saat memasuki permainan. Oh ya, saya sarankan untuk memainkannya pada Window XP SP 3, karena beberapa masalah sering terjadi pada Window Vista dan 7. Lalu untuk masalah yang sering adalah munculnya pesan “InPageError, code 0000009” saat crash, ini berarti komputermu memerlukan RAM yang lebih tinggi.

 

Minimum System Requirements:

OS : Windows XP SP2 / Vista SP1 (32bit) / Windows 7 (32bit)
CPU : Intel core 2 Duo 2.13 GHz/ lebih baik
Memory : 2 GB RAM
HDD : 20 GB free disk space
Graphics : 256 MB Graphics Memory dengan Shader Model 3.0
Sound Card : DirectX 9 Kompatibel
DirectX : Version 9.0c

Recommended System Requirements

OS : Windows XP SP2 / Vista SP1 (32bit) / Windows 7 (32bit)
CPU : Intel core i5/ i7
Memory : 2/4 GB RAM
HDD : 20 GB free disk space
Graphics : 256 MB Graphics Memory dengan Shader Model 3.0
Sound Card : DirectX 9 Kompatibel
DirectX : Version 9.0c


SHARE
Previous articleThe Spring 2011 Anime Preview Part 2
Next articlePortal De Triomphe!!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.