Hardkore+Komplete+Old skool= Perfekt Pakkage!!

Judul Game: Mortal Kombat
Dev/publisher: Netherrealm/WB interactive
Platform: XBOX 360,Playstation 3
Genre: Fighting
Release: 18 april 2011
Score: 10/10

Seri Mortal Kombat (MK)dikenal sebagai game fighting Amerika yang cukup mantap, pertama kali diperkenalkan pada 1992 lalu dan langsung mendapat sambutan meriah dan dianggap mampu bersaing dengan “petarung jalanan” yang saat itu menjadi raja game fighting dan tak seperti pesaing jepangnya tersebut, MK melebarkan sayapnya di konsol generasi 5 dan 6 sampai puncaknya di Armageddon yang mampu menampilkan 62 karakter namun sayang sekali game debut di konsol 7th gen mereka yaitu MK vs DC justru terasa seperti nasi goreng tanpa nasi akibat rating T yang dipeganya..

3 tahun kemudian, pihak Netherrealm pun mereboot seri MK beserta storylinenya  dan kembali ber rating M (yang stands for Massakre dalam universe MK.

Seri Reboot ini melanjutkan event terakhir MK: Armageddon, ketika hampir semua kombatan mati dan yang tersisa tinggal Raiden dan Shao Kahn. Raiden yang sudah tidak berdaya dan akan segera dibunuh oleh Shao Kahn tiba-tiba mengirimkan dirinya ke masa lalu saat MK pertama baru akan dimulai. Dan Raiden pun mendapatkan pesan bahwa dia harus mengulang semua kisah MK, mengubah semua yang telah terjadi Sehingga sejarah pun akan berbeda dari MK2 dan selanjutnya.

Gameplay MK ini pun mengikuti Street Fighter 4 yang 2.5D dimana karakter dirender 3D namun gameplay 2D, dengan tempo cepat dimana karakter hanya bisa maju mundur dan berbeda dari rivalnya yang menggunakan gameplay 6 tombol, MK mengusung gameplay 5 tombol . Dengan adanya training yang sangat lengkap bahkan memberi Achievement/trophy membuat baik Noob maupun Hardcore Gamer dapat memainkannya dengan mudah.

Tak ketinggalan MK pun menghadirkan fitur baru yang keren seperti Enhanced, Breaker dan X-Ray Attack. Enhanced berguna untuk memperkuat Special Moves karakter,sama halnya seperti EX Moves dalam Street Fighter IV. Semua Special Moves memiliki versi Enhanced dan Enhanced membutuhkan 1 bar Power Meter. Caranya adalah setiap Special Moves ditambahkan tombol RT. Lalu yang kedua adalah Breaker. Breaker berguna untuk menghentikan serangan bertubi-tubi/combo yang dilancarkan lawan, dan seketika lawan akan terlempar ke belakang. Breaker membutuhkan 2 bar Power Meter. Cara mengeluarkannya setelah terkena serangan, tekan Forward+RT dan musuhpun akan terpental. Dan yang paling menarik adalah X-Ray Attack yang membutuhkan 3 bar Power Meter. X-Ray Attack sangat berguna dalam pertarungan, dimana saat melancarkannya, kalian akan disuguhkan semacam Scene yang menarik yang memperlihatkan tulang-tulang karakter lawan yang retak saat diserang. Setiap karakter memiliki X-Ray Attack yang berbeda-beda kondisinya. X-Ray Attack dapat dikeluarkan dengan menekan 2 tombol Trigger dan Kali ini Fatality kembali dan lebih kejam dari seri-seri sebelumnya akibat teknologi konsol 7th gen dan setiap karakter memiliki Fatality awal, Secret fatality, Stage fatality serta Babality. Apabila kalian merasa kesulitan untuk melancarkan Fatality, kini disediakan menu Fatality Training, dimana kalian bisa mencoba melakukan Fatality setiap orang serta menentukan posisi yang benar untuk mengeluarkannya.

Story Mode yang benar benar story yang dibagi dalam beberapa Chapter dan kita tidak bisa melakukan Fatality dalam Story Mode. Tetapi, hebatnya dalam Story Mode, antara Cutscene dan pertarungan tidak ada Loading sama sekali dan bukanlah pertarungan melawan boss serupa berulang ulang hanya untuk ending 15 detik dan pengalaman sama (I’m looking at you, Marvel vs Capcom 3)

Dan untuk versi Playstation 3, Netherrealm bekerjasama dengan Sony dan menghadirkan ikon brutal mereka yaitu Kratos. Kratos memiliki kontrol yang cukup berbeda dengan game aslinya maupun dari kameonya pada Soul Calibur, X ray kratos berupa ia menggunakan Nemean Cestusnya untuk menghancurkan tulang kepala musuh sementara Fatalitynya berupa Kratos menggunakan Blade of Olympus untuk membelah musuh. Oh ya,kratos juga dapat menggunakan Helios head, Hermes sandal dan Appolo’s bow sebagai senjata melawan kombatan.

Untuk melengkapi paket yang cukup lengkap,juga disediakan Arcade Ladder yang terdiri dari Single Player maupun Tag Team dan dalam Arcade kalian bebas melakukan Finishing Moves yang kalian sukai, puncaknya, player akan melawan 3 karakter boss non playable yaitu Goro atau Kintaro dan Shao Kahn. Oh iya, Stage yang tersedia dalam MK ini ada sebanyak 28 Stage Dan ada 7 Stage yang bisa kalian gunakan untuk Stage Fatality.

Dan tidak lengkapnya rasanya MK kalau tidak disertai Mini-game yang inovatif lebih dari sekedar memukul mobil dan gentong. Disediakan 4 Mini-Game yaitu Test Your Might, Test Your Sight, Test Your Strike, Test Your Luck. Test Your Might dan Sight sudah pernah muncul dalam seri MK sebelumnya. Test Your Might mengharuskan kalian menekan semua tombol aksi untuk mengisi bar sampai pada batasnya dan menekan tombol Blocking untuk memecahkan objek yang bertumpuk. Test Your Sight untuk mengetes ketajaman penglihatanmu dalam kecepatan. Ada bola mata yang disembunyikan di dalam satu tengkorak, dan beberapa tengkorak kosong lainnya. Lalu, tengkorak itu diacak berputar-putar dan kalian harus menebak ada dimanakah bola mata tersebut. Test Your Strike, mirip dengan Test Your Might, hanya saja, kalian tidak harus menghancurkan semua objek. Lantas? Kita harus menghancurkan objek tertentu yang letaknya sangat menyulitkan dan disitulah tantangannya. Terakhir Test Your Luck, dimana kalian harus memutar suatu Roulette yang berputar Random. Roulette ini menentukan siapa lawan kalian dan kondisi apa yang akan kalian hadapi dalam satu pertarungan. Ada Headless Kombat yaitu bertarung tanpa kepala, lalu Upside Down, dimana kalian bertarung dalam posisi terbalik dan lainnya. Test Your Luck juga bisa dimainkan vs player 2 locally

Mengikuti jejak Soul Calibur,kini MK menghadirkan Challenge Tower dengan 300 Stage yang masing-masing stage nya memiliki persyaratan tersendiri untuk diselesaikan. Challenge Tower memiliki Tasks yang berbeda-beda dalam menyelesaikannya, tapi karakter yang kita gunakan telah ditentukan. Dan setelah menyelesaikan satu stage, kalian akan mendapatkan sejumlah Koin yang bisa digunakan dalam The Krypt.

The Krypt kembali hadir dalam game ini. The Krypt pertama kali diperkenalkan dalam MK: Deadly Alliance, dimana dalam setiap Krypt tersedia berbagai hadiah yang menanti Anda. The Krypt terbagi 4 region yaitu Deadland, Bloodmarsh, Hollow of Infestation dan Meadow of Despair. Semua yang telah kita beli, bisa kita lihat Character Art, Enivornment Art, Music dan Design. Desain Fatality juga bisa kita lihat loh!

Tak ingin ketinggalan dengan pesaingnya yang menyertakan mode online,MK pun menyediakan mode King of the hill yang terintegrasi dengan avatar sehingga player dapat menyaksikan avatarnya terhibur dengan pertarungan yang dilakukan gamer.

Beralih ke audio visual, MK menggunakan engine “sejuta umat” yaitu Unreal 3 namun MK memiliki detail yang sangat menawan termasuk detil damage yang seperti luka, robeknya pakaian maupun terpotongnya bagian tubuh ditampilkan secara real time berkat physx engine Nvidia dan juga model karakter yang sangat detail dan real ditambah lagi 3D support serta framerate 60fps yang berjalan sangat mulus dan tak ada screen tearing berbeda dari rivalnya yang menggunakan MT Framework namun berkesan half baked. Beberapa stage klasik seperti The Pit, Deadpool, Living Forest, Kahn’s Coliseum mengalami resurrection berkat teknologi sehingga gamer veteran seri MK pun dapat tersenyum lebar sambil bernostalgia sementara sektor audio juga mendapat perlakuan serupa dengan Voice acting serta musik yang menjiwai dan membangkitkan semangat.

Akhir kata dengan lengkapnya fitur MK terbaru seperti Enhanced Moves, X-Ray Attacks, Challenge Tower, The Krypt,Mini game, Story Mode yang sebenarnya hingga King of The Hill Modes tentunya menjadikan MK pamungkas ini adalah game terbaik dalam seri MK ber replay value setinggi langit dan tentunya dapat memfatality pesaingnya dan menjadi Fighting GOTY 2011..dan ijinkan saya kembali ke balik kontroller dan FINISH IT!!


SHARE
Previous articleMelirik Versi PC-nya..
Next articleHadirnya Rowen dan Sistem Chat Baru Tales of Xillia
Dragio atau Gio sudah mengawali karir di dunia game sejak tahun 1995 hingga saat ini. Gio yang saat ini melanjutkan kuliahnya di Los Angeles ini menyukai berbagai macam genre game terutama Shooter,WRPG,Action dan Racing. Tertarik menjadi jurnalis video game tentu saja akibat kecintaanya terhadap video game yang sudah tertanam sejak dulu. selain itu,lelaki yang juga memiliki hobby Otomotif ini pun dikenal ramah dan rendah hati sekalipun banyak yang menganggap skill gamingnya sudah cukup tinggi,bisa dilihat oleh banyaknya group gaming di Facebook yang menetapkan Gio di posisi teratas dan respek terhadap dirinya.