Vandaria Wars: Kejamnya Alam Naraka [Metamor]

Kemana arwah pergi setelah meninggalkan jasadnya? Vhranas mengajarkan bahwa semua itu tergantung pada budi baik jasad tersebut selama menjalani kehidupan. Jika sang jasad banyak menyimpan kebaikan, tentu mereka akan naik ke Eden bersama para Vanadis; sebaliknya, jika sang jasad banyak menimbun kejahatan, mereka akan dihukum dalam lubang Reigner bersama para Deimos. Lalu apa sebenarnya Naraka itu?

naraka_location

Naraka yang menjadi tema utama Damnation of Naraka (salah satu Starter MetamoR) merupakan nama kategori Territory Reigner yang terdapat dalam starter tersebut. Meski secara gameplay kategori “Naraka” memiliki fungsi sama seperti Region, namun Naraka bukanlah sebuah negara.

Naraka merupakan salah satu wilayah terujung dalam alam Reigner (lingkaran luar). Wilayah ini berupa sebuah kolam magma yang sangat dapat meleburkan apapun. Kekejaman siksa dalam kolam magma Naraka mampu mengunci para Deimos sehingga mereka yang telah berada di dalamnya tak mampu keluar. Mephisto, merupakan salah satu Deimos tertua yang dikurung dalam Naraka. Para ahli kitab Avesta percaya bahwa Mephisto telah terkurung dalam Naraka sejak Ahura Mazda mengunci para Deimos dalam alam Reigner.

starter026_territory_reigner011starter027_territory_reigner02starter028_territory_reigner031

Dari segi gameplay, Naraka mengadopsi posisinya dalam lore Vandaria Saga. Naraka merupakan Territory yang sangat kuat. Dengan cost yang cukup murah, mereka memiliki defense yang tinggi. Sesuai dengan lorenya, Naraka bukanlah surga bagi para Deimos, sebuah tempat yang sangat menyiksa serta mengisolasi para Deimos. Hal ini membuat Naraka memiliki drawback berupa defensive untuk Follower yang berada di Territory tersebut. Berada di wilayah yang saling berdekatan, Naraka saling mensupport satu sama lainnya. Territory ini memberikan efek untuk semua Territory Naraka lain.

starter029_territory_reigner04starter030_territory_reigner051

Karakteristik yang demikian membuat Damnation of Naraka memiliki gaya permainan yang sangat berbeda dengan Reigner dalam Creatio. Damnation of Naraka tidak lagi mengumpulkan Creep untuk kemudian menghajar Territory lawan secara bergerombol. Reigner tipe ini bermain dengan gaya memperbesar wilayah Naraka untuk mengunci para Deimos dan membuat lawan tidak mampu dan bahkan enggan untuk masuk dalam Naraka.

 

z015_territory_naraka


SHARE
Previous articleHadirnya Rowen dan Sistem Chat Baru Tales of Xillia
Next articleBerani Berkubang Didalam Lumpur dalam MX vs. ATV Reflex?
Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.