Hyperdimension Neptunia = Konsol… Neptunia mk-II = Portable

Judul Game : Chou Jigen Game Neptune mk-II
Dev / Pub : Idea Factory / Compile Heart
Tanggal Rilis : Agustus 2011
Platform : PS3
Genre : RPG

Pada tahun 20XX, dunia dikejutkan oleh serangan Arfoire (jika kamu familiar dengan flashcard R4, Arfoire adalah personifikasi wujud dari R4). Akibat serangan tersebut, industri game di dunia mengalami kekacauan yang teramat sangat. Selain itu Arfoire berhasil mencuci otak anak-anak sehingga 80% dari mereka memuja Arfoire. Dunia kini benar-benar membutuhkan suatu kreativitas dari para “handheld” untuk mengubahnya menjadi berwarna kembali.

Itulah awal mula game Chou Jigen Game Neptune Mk-II (Hyper Dimension Neptune Mk-II), sekuel dari Chou Jigen Game Neptunia (Hyper Dimension Neptunia) keluaran Compile Heart yang siap dimainkan pada Agustus 2011 ini. Apabila kalian sudah familiar dengan judul ini pastinya tahu kalau game ini dulunya merupakan game dimana para konsol bertarung untuk menyelamatkan kreativitas dunia. Namun untuk kali ini, giliran para handheld yang ambil andil dalam misi penyelamatan dunia. Sayangnya game ini dirilis bukan untuk handheld namun tetap untuk PlayStation 3 seperti prekuelnya.

Seperti prekuelnya, game ini tetap menghadirkan istilah-istilah tentang video game dari dunia nyata, contohnya isitilah “Mintsubu” (istilah Jepang untuk Twitter atau lebih dikenal di Indonesia dengan istilah nge-tweet). Semua karakter di dunia game ini ternyata juga terbiasa dengan Mintsubu, dan memiliki avatarnya masing-masing yang mirip seperti Mario, Luigi, El Shaddai, Toro dan Segata Sanshiro.

Ada empat karakter tambahan untuk game ini yaitu NepGear (Purple Sister), Uni (Black Sister), dan ROM&RAM (White Sister) dan keempatnya digambarkan lebih muda dari pendahulunya, mungkin dikarenakan mereka adalah mesin handheld yang notabene lebih muda dari para konsol. Karakter-karakter ini disuarakan oleh seiyuu-seiyuu ternama dari Jepang, seperti Yui Horie, Eri Kitamura, Yui Ogura, dan Kaori Ishihara. Compile Heart sendiri telah menyediakan bundle standard (7.329 yen) dan limited edition (9.429 yen) yang bisa dibeli. (Athira feat. Reyner)

 

Dua karakter dari prekuelnya kembali di sini, yaitu Compa and IF – mereka berdua (namanya) mewakili Compile Heart dan Idea Factory.

 

Konfigurasi ROM / RAM yang Ideal

ROM  RAM

Istilah ROM dan RAM tentunya sudah sering terdengar di telinga kalian, karena kedua hal ini hampir selalu ada untuk mesin-mesin game kalian. ROM dan RAM kali ini menjelma menjadi sepasang anak kembar yang memiliki warna rambut dan mata yang terbalik. ROM yang naif dan cenderung meledak-ledak memiliki rambut biru dan mata pink, sedangkan RAM yang bermata biru dan berambut pink memiliki sifat kebalikannya, yakni pendiam.

 

Kolaborasi Empat Handheld

Selain penambahan empat karakter, game ini pun mendapat perbaikan grafis meskipun tidak terlalu menonjol. Kamu akan mengendalikan keempat handheld yang ada untuk mengalahkan musuh yang mirip dengan Mario, Sonic, Toro, dan Segata Sanshiro. Dalam game ini pun kamu akan dapat memasangkan dua karater secara bersamaan dengan “Lily System”. Dan seperti seri sebelumnya, monster-moster yang ada dalam game ini bukanlah monster super seram seperti yang ada di beberapa RPG lain seperti Monster Hunter melainkan monster-monster imut seperti gambar di atas.

 

Konsultasi Super dengan Keiji Inafune!

Tak disangka, Compile Heart berkolaborasi dengan Keiji Inafune (dikenal karena serial Rockman dari Capcom) untuk game ini. Bentuk kolaborasinya adalah konsultasi eksklusif via website official game ini, dimana Keiji akan menjawab semua pertanyaan fans untuk game ini! Compile Heart menyebutnya dengan Keiji Inafune’s Super Dimensional Life Consultation.

Bentuk kolaborasinya ternyata tidak sebatas itu, karena Compile Heart mengkonfirmasikan akan menghadirkan Keiji Inafune di dalam game-nya! Bukan sekedar karakter parodi, tapi benar-benar perwujudan beliau loh (dimana kamu bisa melihat wajah aslinya di dalam game). Tapi masih belum jelas apakah Keiji ini karakter playable ataukah menjadi musuh di dalam game ini. Compile Heart juga menginformasikan beberapa jenis serangan yang dimiliki oleh Keiji Inafune. Pertama adalah Donnahandanda Nova, dimana serangan sinar laser keluar dari mulut Inafune dan kamera akan terfokus pada wajahnya, dan kedua yaitu Creator Sword Inafune, serangan pedang yang berbentuk Keiji Inafune melipat kedua tangannya. Semuanya dihasilkan dari foto asli Keiji Inafune.


SHARE
Previous articlePara Penyerang Tak Tertahan di Metamor [Vandaria Wars]
Next articleMari Kenalan Dengan Malaikat Trendy dari El Shaddai
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.