Ada Donkey Kong di Batu, Jawa Timur

    Ternyata Donkey Kong tidak sedang mengejar K. Rool di Batu, Jawa Timur, tetapi malah berlibur bersama keluarga Nintendo lainnya di Secret Zoo, sebuah kebun binatang yang baru dibuka. Mario, Luigi, bahkan Goomba dan yang lainnya ikut bersama Donkey Kong berlibur di tempat ini.

    Kebun binatang rasanya terkesan sangat biasa di Indonesia dengan banyaknya Taman Safari serta kebun binatang lainnya, namun tidak untuk Secret Zoo. Saya pribadi telah banyak mengunjungi kebun binatang, baik di Indonesia maupun di luar. Ekspektasi saya terhadap tempat ini untuk pertama kalinya tidak begitu tinggi, mengingat lokasinya tidak terlalu jauh dari kota besar, serta tidak ada embel-embel Taman Safari dibelakangnya.

    Namun ketika sampai di tempat tersebut, Secret Zoo berhasil membuat saya kagum. Tidak hanya koleksi binatang saja yang lengkap di tempat ini, tetapi juga arsitektur, desain, serta fasilitas yang disediakan. Dari segi arsitektur dan desain, Secret Zoo sangat modern dengan gaya minimalis. Tempatnya yang sangat luas dibuat dengan jalan memutar untuk pengunjungnya untuk memastikan tidak ada hewan yang terlewat. Jalan memutar tersebut juga dibuat dengan menarik dalam tiga tingkat. Dekorasi dibuat menarik dengan adanya air terjun yang mengalir langsung ke kandang buaya. Pengunjung dibuat memutari air terjun tersebut sambil berkeliling menelusuri kandang sejumlah ostrich, wombat, serta monyet tamarind.

    Fasilitas yang disediakan juga sangat memadai. Pengunjung tidak hanya diperbolehkan membelai hewan-hewan yang memang tidak berbahaya, tetapi juga dapat membeli makanan mereka dan memberi makan secara langsung. Luasnya Secret Zoo bukan menjadi masalah bagi pengunjung lanjut usia atau kesulitan dalam berjalan. Secret Zoo menyediakan persewaan Electronic Bike sehingga semua pengunjung dapat menjelajahinya dengan bebas.

    Seluruhnya disuguhkan dengan sangat menarik, mulai dari penjelajahan monyet tamarind, kandang reptil, hingga akuarium dan savanna. Namun ternyata tidak hanya itu. Usai menikmati hewan-hewan yang sangat beragam, Secret Zoo kembali mengagumkan saya dengan sebuah taman bermain serta taman air.

    Taman bermain dan taman air ini ikut didesain dengan berbagai ornamen berbentuk hewan-hewan dengan warna yang meriah. Salah satu yang cukup mengagumkan adalah patung King Kong raksasa yang terletak di belakang taman air. Patung ini tidak hanya menjadi tempat berfoto para pengunjung, tetapi juga seolah memantau pengunjung lain yang sedang menikmati taman air di sekitarnya seolah hendak mengamuk.

    Permainan yang disuguhkan sangat bervariasi, mulai dari permainan anak-anak seperti Carousel, kereta anak, hingga kapal yang menjelajahi kolam di sekitar Secret Zoo, lengkap dengan dekorasi kapal Nabi Nuh dibelakangnya.

    Jika dibandingkan dengan kebun binatang lainnya, koleksi hewan Secret Zoo memang tidak jauh berbeda. Namun Secret Zoo berhasil menyuguhkan koleksi hewan tersebut secara menarik dengan berbagai fasilitas sehingga menjadi obyek wisata yang wajib untuk dikunjungi. Jangan lupa, Secret Zoo juga menyediakan hotel berbentuk pohon untuk menginap serta paket berwisata Secret Zoo, Animal Museum, serta Jatim Park sekaligus.

    Sayangnya belum semua koleksi hewan dan fasilitas yang bisa dinikmati di Secret Zoo. Masih ada sejumlah kejutan lain yang masih dipersiapkan, sehingga menjadi PR saya untuk kembali mengunjunginya di lain waktu.


    SHARE
    Previous articleMr. Bean Pun Hadir di Pernikahan Termegah Abad Ini
    Next articleEl Shaddai Review: Archangel May Cry
    Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.