Kesini Dulu Kalo Mau Beli Gundam

Sudah Lama.. Ada perkembangan?

Memang sejak tahun 1979 lalu Gundam sudah tayang menjadi anime pertamanya dengan judul serial Mobile Suit Gundam. Ketenarannya merambah hingga saat ini dan setiap serinya, hampir semua unit yang kamu lihat dibuat Model Kit-nya (action figure dari sebuah model yang bisa dibangun dengan cara dirangkai ). Nah, jika kamu berniat ingin membeli Model Kit Gundam, kamu harus men-cek terlebih dulu, “berapa skala dan grade-nya?” Banyak orang hanya mengetahui bahwa Model Kit seri Gundam hanya memiliki tiga grade yaitu SD (Super Deform), HG (High Grade) dan PG (Perfect Grade). Padahal seiring berkembangnya waktu, Grade tersebut selalu berkembang. Nah untuk lebih lengkapnya, simak Grade dan Skala-nya:

Super Deform (SD)


Merupakan Model Kits Gundam skala paling kecil dan kuntet, terpengaruh gaya Gundam Chibi dari serial Super Deform Gundam yang tayang pada tahun 1988 silam. Walaupun part-nya terlihat tidak detil dan minimalis, dari sisi lucu dan imut memang lebih menang dari yang lain. Kemenarikannya terdapat dikepala yang besar, sehingga biasanya kedetilan hanya nampak di kepala dan badan saja. Lainnya hanya merupakan pelengkap. Hampir setiap judul dari Gundam memiliki skala ini dan tidak semuanya dibikin sih, hanya beberapa karakter saja. Terkecuali judul Gundam yang mengangkat Gundam Chibi seperti Sangokuden. Kelemahan yang dihadapi dari kolektor adalah susahnya memberi warna ke Gundam ini, karena ukurannya terlalu kecil dan part yang berbeda warna, biasanya sudah digabung menjadi satu, jadi untuk mencat harus memakai teknik kuas atau memakai cat semprto + pelindung agar cat tidak menempel di bagian yang tidak diinginkan. Seri ini juga masih dibagi beberapa macam patokan harganya Rp.67.500 hingga Rp.600.000.

First Grade (FG)


Skala model terkecil dari seri Model Kit Gundam yang bukan merupakan Super Deform (sudah bentuk asli, tetapi ukurannya kecil). Model ini memiliki kedetilan yang sangat minim, hanya bisa memiliki sedikit gerakan aksi jika dimainkan. Dibagian tangannya terlihat kaku karena belum bisa diganti, dan terlihat ada lubang untuk memasukan senjata. Mirip versi SD dengan skala model sesungguhnya. Untuk mencat-nya juga sangat susah. Hanya saja, karena harganya murah, banyak orang tertarik untuk membeli model yang satu ini. Patokan harganya sekitar Rp50.000 hingga Rp. 100.000.

High Grade (HG)


Seri yang paling banyak macamnya. Hampir semua macam Gundam dalam versi ini. Versi ini sudah menetapkan skala tetapnya yaitu 1/144 dari skala aslinya. Hanya saja ada beberapa Gundam yang memiliki skala lebih kecil lagi. HG pun masih terbagi menjadi beberapa bagian misalnya HGUC, seri skala 1/144 hanya saja skala Gundam aslinya memang lebih besar dari Gundam yang biasanya. Seri ini merupakan seri yang sudah cocok untuk di re-paint, karena bagian-bagian partnya sudah banyak yang terpisah jika memang berbeda warna. Hanya saja, beberapa bagian memang tidak bisa dipisahkan, karena terlalu kecil atau sudah jika dibikin snap fit. Untuk detilnya sudah dibilang tinggi,hanya saja kelemahannya ada pada tangannya. Memang kamu akan diberi beberapa model tangan, tetapi jari mereka tidak bisa digerakan. Harganya juga beragam dari Rp 120.000 keatas, adapula yang harganya hingga Rp 3.000.000,00.

Master Grade (MG)


Beberapa dari Gundam HG pasti akan masuk dalam MG. Karena para fans dari Model Kit Gundam tertentu ingin memiliki model yang benar-benar detil dan mantap. Maka hadirlah MG, dengan skala 1/100. Kedetilannya tidak usah dibandingkan dengan yang lain, pastinya sangat detil. Versi ini juga menghadirkan decal yang membuat Gundam rakitanmu makin detil lagi. Sudah dipastikan kamu tidak akan membeli plester pelindung plastic untuk mencat, karena semua bagian beda warna terpisah. Bedanya dengan HG, versi MG memiliki kerangka yang detil didalam body-nya, jadi kamu bisa lebih mengkreasikannya lebih lagi, misalnya dengan teknik weathering (memberi efek cat rusak dan sebagainya), atau membuat diorama. Biasanya para penggemar Model Kits, memilih MG untuk dibikin Diorama (kejadian) yang mirip di anime-nya atau yang lain. Mereka berani merusak mainan demi kesenangan mereka. Oh ya, dalam versi ini, jari Gundam sudah bisa digerakan satu per satu lho!! Harganya bermacam-macam Rp300.000 keatas. Yang terakhir, banyak sekali Anime dan juga Tokusatsu yang dibikin Model Kit-nya dengan ukuran MG lho..

None grade (1/100 NG)


Bisa dibilang merupakan versi 1/100-nya HG. Memang tinggi-nya seukuran dengan MG, hanya saja dalam 1/100 NG tidak ada kerangkanya. Jadi untuk digerakan masih minim gaya mirip HG. Yah, harganya juga hamper sama dengan HG sekitar Rp 200.000 keatas. Tidak semua macam Gundam ada yang berskala 1/100 dengan No Grade. Hanya beberapa saja dan biasanya merupakan tokoh utama di dalam animenya. Skala ini ditujukan untuk kamu yang ingin memiliki Gundam besar tanpa harus mengeluarkan kocek yang besar.

Perfect Grade (1/60)


Versi terbaik dari Gundam. Biasanya yang dibikin versi ini adalah semua karakter utama yang ada didalam seri Anime dan Manga-nya. Menggunakan bahan plastic yang lebih bagus dari seri lainnya dan ukuran yang besar menjadi senjata utama dari seri ini. Beberapa keunikan lainnya terdapat kokpit yang bisa dibuka. Hal ini juga terdapat dalam seri MG (dalam seri HG juga ada beberapa), hanya saja dalam seri ini dalam kokpitnya lebih terlihat detil. Versi ini cocok untuk kamu para kolektor sejati. Karena dari segi detil dan mimic dari Gundam-nya benar-benar mantap. Dan sangat cocok untuk kamu yang gila re-paint. Harganya memang cukup mahal.. Dan yang paling murah berkisar Rp 1.250.000.

Real Grade (1/144 Excite Embodied)


Nah, muncul lagi grade baru yaitu Real Grade. REAL disini juga merupakan singkatan dari Revolutionary, Extra, Advance, level. Grade ini merupakan skala 1/144 yang memiliki kerangka dan detil yang lebih detil dari MG. Bukan kah hal ini luar biasa? Kamu akan memakan waktu yang sangat lama untuk membuat grade ini tentunya. Karena selain kerangka yang kecil-kecil, decal yang banyak harus kamu preteli satu-per satu dan memasangkannya. Jika kamu butuh tantangan untuk merakit atau gila merakit, Grade ini cocok untuk kamu. Hingga saat ini hanya ada tiga Gundam saja yang memiliki Grade ini, RX-78-2, Zaku II ver MS-06S, dan Gundam Aile Strike. harganya sekitar Rp 300.000 an..

 

Nah sudah menentukan mau beli yang mana? hehe.. Kalo aku sih tentu SD, HG, dan MG.. soalnya aku suka re-paint ulang.. Nah demikian pembahasan Grade.. Selanjutnya bisa masuk ke re-paint with Aerosol..