inFamous 2: Menjadi Superhero Adalah Pilihan..

Menjadi Pahlawan yang Baik atau Jahat?

Judul Game : inFamous 2
Dev. /Pub. : Sucker Punch Productions / SCE
Release Date : 7 Juni 2011
Platform : PS3
Genre : Action Adventure

Menjadi seorang pahlawan mungkin menjadi idaman setiap orang, entah itu pahlawan untuk diri sendiri, keluarga, teman atau untuk orang lain. Namun, tidak selamanya menjadi pahlawan itu sebuah kebanggan, karena terkadang apabila kita tidak bisa menguasainya, akan menjadi bumerang bagi kita. Nah, konsep itulah yang kembali diusung Sucker Punch dalam inFamous 2, dimana Cole MacGrath disini memiliki sebuah kekuatan super untuk melindungi kota New Marias yang tengah terancam karena keberadaan Beast dan The Militia. Dengan memiliki kekuatan super, Cole memiliki dua pilihan: akan menjadi pahlawan bagi kota New Marias, atau malah menjadi musuh publik?

Game ini memang melanjutkan petualangan Cole, yang melarikan diri dari Empire City (setting dalam game pertamanya) setelah melawan Beast guna meningkatkan kemampuan elektriknya. Siapa sangka, ditengah-tengah persiapannya guna menghadapi Beast, di New Marais dia dipertemukan dengan dua musuh baru, The Militia sebuah organisasi yang dipimpin oleh Bertrand, dan The Corrupted, sekelompok mutan yang sudah terkena radiasi Ray Sphere. Dalam game ini, Sucker Punch masih mempertahankan sebagian besar elemen gameplay yang terbukti cukup sukses di prekuelnya seperti eemen open world, dengan penambahan beberapa fitur menarik lain seperti User Generated Content yang bisa kamu gunakan untuk membuat level kamu sendiri kemudian men-sharing-nya untuk dimainkan oleh orang lain.

Musuh yang akan kamu hadapi dalam game ini, selain berupa orang-orang biasa yang merupakan anggota Militia, kamu juga seringkali akan bertemu dengan monster berukuran besar seperti Behemoth, yang merupakan mutan hasil radiasi Ray Sphere. Karena lawan yang dihadapi lebih berat daripada prekuelnya dahulu, Cole-pun mendapatkan banyak tambahan kemampuan lain seperti Ionic Vortex, dimana Cole bisa menghabisi musuh yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari dirinya dengan memanfaatkan listrik ditubuhnya menjadi tornado. Kali ini, selain menggunakan serangan jarak jauh, serangan melee juga mendapatkan peran penting. Karena itulah, kamu juga akan dipersenjatai dengan sebuah senjata melee yang disebut dengan The AMP.

Pemilihan apakah akan menjadi pahlawan yang baik atau jahat juga kembali dalam game ini dengan kembalinya sistem Karma. Berbeda dengan prekuelnya, kali ini takdir kamu juga sangat dipengaruhi respon kamu terhadap sebuah event. Selain itu, game ini juga menganut sedikit elemen TPS, dimana kamu bisa menembakkan sengatan listrik kamu kepada musuh, dengan bantuan sistem targeting yang menurut Sucker Punch sudah diimprovisasi dari prekuelnya dahulu. Saat dalam masa pengembangan, misi Sucker Punch sendiri adalah membuat game ini menjadi Game of The Year 2011. Apakah mampu?

Bukan hanya Manusia, disini kamu juga bisa melawan mutant hasil radiasi dari Ray Sphere


Evolusi Wujud Cole!

Gambar kiri: Cole inFamous 2 “mentah”, Gambar kanan: Cole inFamous 2 “jadi”

Sebenarnya, Sucker Punch ingin menghadirkan seorang Cole yang lebih “macho”, dengan menampilkan sosok Cole yang atletis, menggunakan tattoo, dan juga berambut cepak (bukan nyaris gundul seperti Cole dalam inFamous). Namun, lambat laun dalam pengembangannya, rambut Cole pun “dipangkas”, sehingga lebih mirip dengan Cole pada prekuelnya dahulu. Meskipun sudah memangkas rambut Cole, Sucker Punch rupanya masih ini menjaga image awal yang sudah mereka bangun dalam mengembangkan game ini, yaitu Cole yang lebih macho dan atletis, sehingga mereka tetap mempertahankan tattoo ditubuhnya, yang semakin tereskpos dengan jelas lantaran dia mengenakan kaos berlengan pendek.

Little Big “inFamous 2”!

Terserah, mau diletakkan dimana monster ini!

Cole ikut dijadikan Sackboy di Little Big Planet (LBP)? Benar. Tapi judul diatas bukan bermaksud seperti itu, melainkan untuk merepresentasikan fitur baru di game ini yang disebut dengan User Generated Content. Ya, dengan fitur ini singkatnya kamu bisa mendesain sebuah level yang bukan hanya bisa kamu mainkan, namun kamu juga bisa men-sharing level tersebut untuk dimainkan orang lain! Bukan hanya itu, pemain lain juga bisa memberikan rating kepada level yang kamu buat! Menurut Sucker Punch sendiri, mereka sudah mendapatkan ide untuk membuat fitur ini sejak dua tahun lalu, namun mereka merahasiakannya dengan sangat baik sehingga baru “bocor” akhir-akhir ini saja.

Dalam fitur ini, kamu bisa membuat berbagai macam gameplay, seperti gameplay Survival, dimana kamu harus menyelamatkan diri dari gelombang musuh yang mengejar kamu, gameplay Shooting gallery, dimana musuh akan datang secara berkala, dan tugas kamu adalah menembaki mereka, atau gameplay racing, dimana Cole harus “berselancar” di kabel-kabel untuk menghindari kejaran musuh. Dengan Fitur ini, kamu bebas untuk menempatkan objek-objek sesuka kamu, meletakkan musuh berapapun yang kamu mau, atau menaruh checkpoint dimana kamu suka! Ya, inFamous kini mengikuti jejak LBP yang menganut tagline Sony, Create, Play and Share. Versi Beta sudah dmulai pada awal April lalu yang diikuti oleh beberapa gamer yang mendaftar di website official-nya. Yang menarik, semua level yang dibuat di versi Beta, nantinya akan juga muncul di Blu Ray game-nya saat dirilis nanti, yang tergabung dalam Sucker Punch Selection. Menarik bukan?

Semakin Kuat dengan Hero Edition

Ingin menjadikan Cole lebih kuat? Maka paket spesial yang bernama Hero Edition ini bisa menjadi pilihan kamu. Dalam Hero Edition, selain kamu mendapatkan satu kopi game inFamous 2, kamu juga akan mendapatkan bonus-bonus menarik lainnya, seperti patung Cole setinggi 8.5 inci, replika tas yang digunakan Cole dalam game, komik inFamous issue pertama yang diterbitkan oleh DC Comics, Soundtrack resmi game, dan juga sebuah voucher yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan akses ke beberapa konten spesial in-game.

Konten in-game yang bisa kamu dapatkan antara lain dua kekuatan baru Cole yaitu Lightning Hook (yang bisa kamu gunakan untuk mengikat dan menarik musuh ke arah kamu) dan Electrocution Grenade (granat berkekuatan listrik). Selain itu, kamu juga akan mendapatkan skin Kessler, antagonis dalam inFamous, dan juga sebuah AMP yang berlapis emas. Tertarik? Sediakan dulu kocek sekitar US $99.99 (kurang lebih sekitar Rp 975.000) untuk menebus bundle spesial ini!

Diramaikan Komik Interkuel!

Aksi Cole di dunia game nampaknya menarik perhatian DC Comics untuk membuatkan komiknya. Seiring dengan akan dirilisnya inFamous 2, DC Comics membuat komik mini seri inFamous yang terdiri dari enam issue. Komik ini sendiri bertindak sebagai interkuel, sehingga bisa menjadi penyambung cerita yang pas antara inFamous dengan inFamous 2. Karena mengambil setting antara inFamous dan inFamous 2, maka kisah di komik ini sendiri ber-setting di Empire City, kota yang menjadi setting inFamous dahulu.

Komik ini sendiri bisa kamu dapatkan dengan membeli melalui PSN, atau membeli di toko-toko online seperti Amazon dengan banderol harga sekitar US $0.99 (sekitar Rp 80.000) setiap issue-nya. Kamu juga bisa mendapatkan issue pertama komik ini dengan membeli Hero Edition inFamous 2. Setelah merambah komik, apakah nantinya DC Comics akan membawa Cole ke layar lebar mengikuti jejak Batman ya?


SHARE
Previous articleUntuk Fans Berat Medal of Honor dan Penggila Musik
Next articleFallout New Vegas: Preview 3 DLC baru, Mojave’s Jackpot
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.