Bermain “Crysis” di Facebook Lewat N.O.V.A Elite!



Dev : Gameloft
URL Game : http://apps.facebook.com/novafps/
URL FanPage : http://www.facebook.com/NOVAElite

Ingin main Crysis 2 di PC atau laptop, namun spesifikasi PC atau laptop kamu kurang mumpuni? Gameloft memiliki solusinya, dengan menyajikan N.O.V.A Elite yang bisa kamu mainkan di Facebook. Sekilas, dari splash screen-nya saja, sudah terlihat bahwa game ini sangat mirip dengan Crysis, dalam hal desain karakter dan juga lingkungannya. Lantas, setelah beranjak ke gameplay, maka kamu bisa merasakan sebuah FPS, yang saya rasa setingkat diatas Uberstrike untuk hal grafis, namun seimbang dalam hal gameplay-nya.

Grafis game ini bisa dikatakan sangat memukau, karena menggunakan Unity 3D sama seperti Uberstrike atau Tiger Woods PGA Tour. Bahkan, kamu bisa men-setting kualitas grafis game ini, mulai dari setting otomatis, hingga setting terendah yang bisa dimainkan di PC atau Laptop dengan spesifikasi yang minim pun. Bukan suatu hal yang mengherankan, karena bahkan di halaman game-nya pun Gameloft menulis sebuah spesifikasi PC yang direkomendasikan untuk memainkan game ini. Wow, memainkan web game pun ternyata ada spesifikasinya, tidak kalah dengan game PC yang menerapkan standar spesifikasi dalam memainkannya.

Untuk gameplay, game ini mengusung gameplay standar FPS seperti Deathmatch, yang bisa menampung banyak pemain sekaligus. Meskipun grafis yang diusung sangat memukau, dan juga sempat membuat saya geleng-geleng kepala karena sempat membuat browser saya hang sementara, namun tentu hal tersebut memberikan konsekuensi tertentu. Salah satunya adalah waktu loading awal yang cukup lama. Loading yang cukup lama bukan hanya tersaji diawal permainan, namun juga tersaji saat kamu akan memasuki sebuah map. Yang menjengkelkan lagi, terkadang saat loading sebelum memasuki sebuah map, loading tersebut ternyata gagal, sehingga mau tidak mau kamu harus me-refresh browser kamu. Dan artinya, kamu harus kembali menunggu loading dari awal lagi.

Pilihan senjata yang disuguhkan dalam game ini juga sangat beragam, mulai dari rifle hingga pisau pun bisa kamu gunakan dalam game ini (aneh juga, menghabisi manusia ber-armor ala nanosuit, dengan pisau?). Namun lagi-lagi, disini saya juga sedikit kecewa karena sangat banyak sekali item yang harus kamu beli dengan Facebook Coins, terutama untuk senjata dan “Nanosuit” yang memiliki kemampuan yang bermacam-macam.

Tapi tetap saja, kekurang-kekurangan tersebut tidak mengurangi nilai game ini yang sudah cukup tinggi karena grafis dan gameplay-nya. Game ini juga menjadi sebuah pertanda, bahwa revolusi game Facebook sudah mulai merajalela dengan penggunaan engine Unity 3D-nya. Bagaimana game-game lain, tertarik untuk menggunakan Unity 3D juga?

Berangkat dari Game Mobile

Game ini sebenarnya bukan sebuah game baru, karena di beberapa OS Mobile seperti iOS dan Android game ini juga pernah hadir dengan nama Near Orbit Vanguard Alliance (N.O.V.A). Untuk ukuran sebuah game mobile, game ini sangat memukau dengan grafis dan gameplay yang dimiliknya. Selain memukau, game ini juga ramah untuk hardware karena tidak membutuhkan spesifikasi yang tingg. Untuk Android saja, hanya berbekal dengan gadget yang ber-prosesor 600 MHz saja sudah bisa digunakan untuk memainkan game ini. Jika Gameloft membawa game ini ke Facebook, maka patut kita tunggu game mobile mana lagi yang akan dibawa Gameloft menuju Facebook, karena kita tahu Gameloft adalah salah satu developer terbesar untuk game mobile dengan judul-judul yang menarik, sebut saja Eternal Legacy (RPG ala FF) atau Dungeon Hunter (RPG yang mirip dengan Diablo).


SHARE
Previous articleInovasi Tablet… Asus Eee Pad Transformer Menegaskannya
Next articleWawancara Eksklusif dengan Enthrean Guardian, Developer Eternal Grace!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.