Nintendo dan EA Bertanding Bola di Arena FIFA Soccer 12

Rasanya Electronic Arts (EA) pun tak mau kalah, setelah melihat Pro Evolution Soccer (PES) dirilis 25 Maret 2011 lalu, lengkap dengan opsi memainkannya dalam tampilan 3D melalui Nintendo 3DS. Persaingan antar studio EA dan Konami melalui serial FIFA dan PES pun semakin ketat antar tahun. PES mencuri start dengan menjadi salah satu game pertama yang dirilis tepat ketika 3DS meluncur. Sedangkan FIFA yang menjadi saingan pun tidak ikut terburu-buru merilis seri FIFA untuk 3DS. Namun barulah di seri yang ke 12 ini, mereka siap mendobrak. Dengan keunggulan FIFA 11 dan 12 belakangan ini yang menang jauh dalam review maupun angka penjualan, sepertinya FIFA memiliki potensi pula untuk meraih poin dengan  kembali menjebol gawang PES.

Electronic Arts sendiri baru beberapa saat yang lalu mengkonfirmasikan FIFA Soccer 12 akan dirilis untuk 3DS pada musim gugur 2011, atau kira-kira bulan September 2011 mendatang. Di dalamnya terdapat mode 5v5 ala streetball, atau 11v11 seperti yang kita kenal dalam sebuah pertandingan sepak bola. Pilihan club-nya sendiri mencapai 500, dan tentunya keseluruhan mendapatkan lisensi resmi dari FIFA. Satu nilai plus dibandingkan PES yang banyak dikeluhkan karena kurang team official yang up-to-date. Dan tidak heran jika produser FIFA memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan game mereka yang satu ini.

Serial PES yang saya sebutkan sebelumnya sebagai rival abadi serial FIFA, telah hadir seri terbarunya PES 2011 3D, yang muncul bersamaan dengan diluncurkannya 3DS pada Maret lalu. Namun menurut saya masih membawa berbagai kekurangan, yang seakan timbul akibat persiapan yang belum mantap, sehingga saya pribadi kurang bisa mendapatkan pengalaman sepak bola 3D yang apik. Kekurangan terbesar PES 2011 3D adalah tidak adanya fitur online. Sedangkan FIFA Soccer 12 ini nantinya akan mengandung fitur online multiplayer.

Memainkannya secara head-to-head online, kamu bakal temukan banyak mode unik. Antara lain seperti yang pernah diterapkan untuk FIFA 11 versi Nintendo Wii, yaitu Street Football. Dimana dalam Street Football, pertandingan dijalankan dengan konfigurasi pemain 5v5 di jalanan, lapangan indoor, outdoor, pantai dan banyak pilihan lainnya, tanpa peraturan yang serius. Kamu juga dapat memilih para superstar untuk ikut bermain dalam mode ini. Seperti Messi atau Kaka, atau juga bisa karakter yang kamu buat sendiri. Dalam Street Football ini efek 3D akan bisa lebih dimaksimalkan, dengan penempatan kamera yang lebih rendah, sehingga movement pemain dapat lebih jelas terlihat, yang tentunya akan menambah asik pengalaman bermain bola secara 3D.

Mode “Be A Pro” juga tidak dilupakan di game ini. Ditambah dengan karaktermu yang bisa bermain dalam Street Football sampai ke lapangan hijau, bahkan bisa juga kamu masukkan ke dalam tim favoritmu.

Jika kamu tidak tertarik dengan mode Street Football, tentunya konfigurasi klasik 11v11 akan memuaskanmu. Pertandingan klasik tersebut bisa kamu temui melalui Tournament Mode, yang terdiri dari 50 Championship atau Career Mode, yang memungkinkanmu bermain atau menjadi manager, yang bakal mengantarkan klubmu ke tahta paling tinggi.

Dirilis untuk Nintendo 3DS, tentu tidak akan asik jika tanpa memaksimalkan penggunaan touch screen? Memang tidak semua gamer menyukai pengendalian layar sentuh, karena kontrol yang diharapkan tidak bisa 100% lancar seperti ketika menggunakan analog. Tapi buat mereka yang memang menyukai sentuhan pada layar, pengendalian tersebut adalah kenikmatan tersendiri. Untuk itu pula EA menaruh opsi penggunaan analog atau touch screen sesuai kemauan gamer. Dengan menggeser stylus sesuai arah yang dituju, bola dapat menggelinding ke arah tersebut. Kelihatan sedikit ribet, tapi patut dicoba lah!

Menurut produser FIFA, Matt Prior, FIFA Soccer 12 3DS ini berisikan segala hal mengenai bola, yang mampu membuatnya menjadi sebuah game soccer terbaik untuk 3DS (jelas ini merupakan sindiran untuk Konami, karena game soccer untuk 3DS yang ada hingga  saat ini baru PES 2011 3DS saja).

“Kami menantang tim developer kita untuk men-develop berbagai fitur inovatif yang akan memaksimalkan pengalaman FIFA dalam 3DS.Kami memberi kontrol touch screen dan mode Street Football yang akan membawa efek 3D makin terasa. Ketika kamu menggabungkan fitur-fitur ini, dan banyak inovasi lainnya dengan semua pemain dan development kit yang up-to-date untuk season yang baru, kami yakin jika game ini akan menjadi game sepak bola terbaik yang ada dalam Nintendo 3DS.”

Bisakah FIFA Soccer 12 3DS ini mengalahkan rivalnya dalam kelas handheld 3D terbaru buatan Nintendo? Saya yakin bisa, tapi untuk kepastian lebih lanjut, kita tunggu musim gugur ini. Lagipula Konami juga belum mengkonfirmasikan bakal hadirnya PES 2012 3DS.

Oh ya, FIFA Soccer 12 nantinya juga akan dirilis untuk banyak platform, dan tentunya untuk PS3, X360 dan PC. Kamu bisa baca artikel sebelumnya tentang preview FIFA Soccer 12, untuk mengetahui info-info terbaru seri FIFA Soccer tersebut.

Share your thoughts juga ya, akan final UEFA Champions tahun ini… Manchester United vs FC Barcelona !!

Go BARCELONA !! GO MESSI !!


SHARE
Previous articleIni Baru Tekken Movie!
Next articleEpos Lawas, Bungkus Baru
Codenamed Archangel, next gen Game yang masih berkedudukan SMA di Surabaya Timur Bertumbuh besar dengan bantuan dari game seperti Halo dan Twisted Metal. Menyukai banyak genre video game dari shooter, sports, action, WRPG, racing. Sangat up to date dengan dunia next gen gaming dan suka menulis apapun tentang video game ataupun movie Aktif dalam komunitas grup gaming facebook dan mendapat posisi baik dalam grup besar seperti Xbox 360 Fanboys Indonesia, Playstation Square, World of Nintendo, Gamer Inside, Band of Indonesian Gamers, dan Zigma Omega. Dikenal memiliki penyakit overhobbies, tidak hanya gaming tetapi juga expert dalam bidang movies, musics, mangas, animes, figures, sports.