X360Key dan LT 2.0, Solusi Untuk XGD3!?

Setelah dihantui dengan momok XGD3 dan ketidakpastian akan nasib Xbox360 kedepannya, gamer pemilik Xbox360 bisa bernafas lega dengan informasi yang bakal saya berikan berikut ini.

Seperti yang diketahui, Microsoft berniat memerangi pembajakan lebih serius lagi dengan merilis update dashboard terbarunya. Format XGD2 yang digunakan saat ini dirubah menjadi format XGD3 yang menyertakan tambahan proteksi untuk pembajakan. Kontan hal ini membuat banyak pengguna Xbox360 modifikasi khawatir dengan masa depan konsol kesayangan mereka.

Dua solusi yang coba saya informasikan disini ialah adanya CFW LT 2.0 dan device baru bernama Xbox360 Key yang kehadirannya cukup menghebohkan beberapa waktu lalu. Pengen tahu apa kelebihan masing-masing dua solusi ini, langsung saja kita bahas:

Update CFW LT 2.0


Rumor adanya CFW terbaru pengganti LT+ telah cukup lama terdengar, namun tidak ada yang bisa memprediksi apa nama dari update tersebut. Update yang akhirnya diketahui bernama LT 2.0 ini pertama kali muncul dan dikonfirmasikan oleh C4Eva saat pengembangan LT+ untuk Xbox360 Slim tengah berjalan (LT+ 9504). C4Eva berniat menyertakan LT 2.0 pertama kali dalam paket perilisan LT+ versi drive 0225 (Lite-on). Updatenya sendiri telah diselesaikan oleh C4eva dan telah berhasil diujicoba

Apa yang spesial dari LT 2.0 adalah kemampuannya yang dapat menetralisir patch proteksi yang diberikan Microsoft pada format XGD3 dan patch AP2.5. Dengannya, diharapkan saat game-game terbaru berformat XGD3 dirilis, LT 2.0 sudah siap untuk mengatasinya. Kabar buruknya, LT 2.0 untuk sementara hanya tersedia untuk dua drive saja, yakni drive Lite-on 0225 yang dimiliki Xbox360 Slim dan drive BenQ 0800 pada Xbox360 Fat. C4Eva saat ini tengah mengembangkan kemungkinan LT 2.0 untuk drive-drive lainnya.

X360Key

Mengikuti jejak PS Jailbreak di PS3, Xbox360 juga mendapatkan alat sejenis berupa X360Key. Apa yang spesial dari alat ini adalah kemampuannya sebagai backup loader yang dapat digunakan untuk memainkan game-game Xbox360 dan Xbox 1. Tentu saja hal ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan sistem flash Xbox360. Sesuai rencana, X360Key bakal dirilis pertengahan bulan Juli.

X360Key dikembangkan oleh seseorang mantan pendiri dan pengembang dari tim WODE (Wii Optical Drive Emulator), yang mana juga mengembangkan Wiikey. X360key adalah proyek pertamanya yang ia plot dapat memainkan game lewat fungsi emulator yang ia sertakan dalam karyanya tersebut. Dengannya, Anda pun dapat memainkan game-game Xbox360 dan Xbox lewat USB HDD eksternal. Tim X360Key juga melakukan kerjasama dengan Team Maximus untuk membeli lisensi extraction DVD Key yang dimiliki oleh perusahaan ini. Dengannya X360Key diharapkan dapat membaca semua informasi yang diberikan oleh DVD Drive Xbox360, sekalipun yang ter-enkripsi.

Meskipun mendukung penuh semua jenis mesin, namun saat ini X360Key masih belum kompatibel dengan untuk Xbox360 Slim. Hal ini disebabkan karena permasalahan DVD Key pada Xbox360 Slim yang memang belum bisa terbaca. ” Tinggal menunggu waktu saja hingga alat ini kompatibel dengan semua mesin.” Ungkap salah satu perwakilan dari tim X360Key. Kita semua berharap semoga saja X360Key bisa berjalan berdampingan dengan CFW untuk dapat memainkan semua jenis game-game Xbox360, baik AP2.5 ataupun format XGD3.

Dashnboard Update Dimulai 19 Mei 2011.

Microsoft memenuhi janjinya untuk merilis dashboard update dalam waktu dekat. Tepatnya pada tanggal 19 Mei 2011 besok adalah tanggal yang dipilih oleh mereka. Menurut kabar yang berhembus, Microsoft bakal membagi perilisan dashboard ini menjadi enam tahap, yang mana masing-masing bakal dirilis bergantian pada tenggang waktu 19 Mei-30 Mei 2011.

Alasan Microsoft merilisnya bertahap adalah untuk memberikan jaminan kualitas pada pengembangannya. Sumber lain menyebutkan bahwa Microsoft merilisnya bertahap karena khawatir dengan keberadaan LT 2.0 dan X360Key yang telah diinformasikan bakal mendukung format XGD3. Selain Dashboard Update, Microsoft juga berniat merilis Avatar Kinect pada tanggal 27 Mei.

Fitur lain yang disertakan Microsoft pada update ini adalah dukungan Paypal yang bisa digunakan sebagai sarana pembayaran dalam Xbox Live. Anda dapat memanfaatkannya untuk membeli Xbox Live Points, Xbox Live Gold Subscribers, transaksi DLC, dan beberapa transaksi penting lainnya.

Kabar buruknya, Microsoft mulai menerapkan format XGD3 pada semua game yang dirilis setelah update dashboard besok. Mau tidak mau, diharapkan dua solusi diatas, yakni X360Key atau LT 2.0 sudah bisa berjalan sempurna untuk mengatasinya. Update Dashboard 2011 memiliki fitur yang dapat mengembalikan DVD Drive menjadi Original. Selain itu, update ini juga dapat memproteksi mesin dari pengambilan DVD Key Original mesin. Saya sarankan bagi pemilik Xbox360 (baik Slim atau Fat) untuk tidak langsung melakukan update pada tanggal 19 Mei nanti. Setidaknya, tunggu hingga C4Eva memastikan bahwa LT 2.0 benar-benar aman untuk digunakan.


SHARE
Previous articleSony vs Anonymous
Next articleOmega #90… Segera Dapatkan di Toko Buku/Majalah Terdekat!!
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.