App Inventor, Programming Android Tidak Pernah Semudah Ini!

Seiring dengan semakin maraknya penggunaan Android, tentu tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang ingin juga ikut serta dalam pengembangan aplikasi-aplikasi Android. Namun, tidak sedikit juga yang urung mengembangkan aplikasi karena kesulitan dalam memahami bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Nah, Google memiliki solusinya dengan merilis sebuah tool powerful untuk mengembangkan aplikasi Android, yang disebut dengan App Inventor. Seperti apa tool ini?

Singkatnya, Google App Inventor ini mirip dengan development software lain seperti Visual Studio atau Netbeans, namun yang membedakan antara App Inventor ini dengan tool lainnya adalah kemudahan yang ditawarkannya. Ya, untuk membuat sebuah aplikasi Android dengan tool ini, kamu tidak perlu mempelajari satu bahasa pemrograman apapun, karena Google menyediakan sebuah mekanisme pemrograman yang baru, seperti menyusun sebuah puzzle!

Terdapat dua komponen utama dalam App Inventor ini, yaitu App Inventor Designer, dan App Inventor Blocks Editor. Inventor Designer fungsinya adalah untuk merancang user interface dari program yang tengah kamu kembangkan. Sedangkan Blocks Editor digunakan untuk menyusun logika-logika pemrograman yang kamu gunakan dalam aplikasi yang tengah kamu buat. Nah, Blocks Editor inilah yang saya katakana tadi membuat program “semudah” menyusun rangkaian puzzle, karena kamu tidak akan menjumpai error dalam program apabila kamu sudah menyusun “puzzle” algoritma kamu dengan benar.

Setelah program jadi, kamu bisa memilih apakah ingin mengetesnya terlebih dahulu menggunakan emulator Android yang tersedia, atau langsung men-download-nya ke gadget Android kamu dan langsung mencobanya. Oiya, yang menarik, App Inventor ini bisa kamu gunakan untuk platform PC apapun, baik Windows, Linux ataupun MacOS. Jika masih bingung bagaimana memulai untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunjungi http://appinventor.googlelabs.com/learn/setup/index.html yang berisi tentang bagaimana cara men-setting PC kamu, serta untuk menjalankan aplikasi ini, kamu juga diharuskan untuk men-download aplikasi Java SDK terlebih dahulu.

Ingin tahu bagaimana mudahnya membuat aplikasi dengan App Inventor? Simak video berikut!

Bagaimana, tertarik untuk mengembangkan aplikasi Android sendiri? Kamu bisa mengunjungi http://appinventor.googlelabs.com/learn/tutorials/index.html untuk mulai belajar bagaimana membuat aplikasi Android setelah App Inventor sudah ter-install di PC kamu!


SHARE
Previous articleSiap-siap… Indonesia Bakal Didatangi Pasukan Robot Gundam
Next articleMengintip Human Faction dalam MetamoR
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.