Siap-siap… Indonesia Bakal Didatangi Pasukan Robot Gundam

Judul Game : SD Gundam Capsule Fighter Online
Dev. / Pub. : Softmax / Megaxus
URL Game : sdgo.megaxus.com
Genre : MMOTPS
Platform : PC (Online)

Jujur saja saya juga kaget, Game Online yang tidak pernah dibahasakan dengan huruf alfabet ini bakal masuk Indonesia, melalui PT Megaxus Infotech (Megaxus). SD Gundam Casule Fighter Online atau bisa disingkat SD Gundam CFO ini hanya pernah dirilis di Jepang, Korea, China (termasuk Hong Kong dan Macau) dan Taiwan dimana diantara mereka menggunakan bahasa yang mungkin tidak mudah kita pahami. Kecuali bagi kamu yang bisa ya, apalagi di tiap server ekslusif untuk region tertentu saja. Jika kamu mencoba main di server Korea misalnya, dan menggunakan bahasa Inggris, langsung kena ban. Game ini pertama kali diproduksi oleh Bandai Korea, kemudian dikembangkan oleh Softmax, dan mulai dibuka layanannya sejak musim panas 2007.

Serangan spesialnya dibuat cinematic, jadi tak gampang bosan selama memainkannya...

Game yang masih ber-status Coming Soon di Indonesia ini permainannya termasuk dalam genre MMOTPS (Massive Multiplayer Online Third-Person Shooter), dimana model permainan tersebut sangat jarang ditemui. Sekadar informasi saja, server Jepang dan Korea-nya saat ini sudah mencapai patch dimana Gundam Unicorn dan Exia dapat dipakai dalam pertempuran.

Di sini kamu bisa mengendalikan banyak unit, termasuk dari semua era gundam, seperti Universal Century, Cosmic Era (SEED), Future Century (Mobile Fighter G Gundam) dan masih banyak lagi...

Nah, bagi kamu pecinta Gundam, inilah saatnya kamu memodif Mobile Suit-mu dan menjadi pilot Gundam terhebat di Indonesia. Dan memang aspek paling menonjol di sini menurut saya adalah tingginya kemungkinan kustomisasi Gundam, yang nantinya bakal disediakan hingga 100 pilihan Mobile Suit. Seperti merubah warna Mobile Suit, memberinya stiker, dengan pilihan senjata beragam (machine gun, bazooka, beam sabre, solid sword, sniper rifle) hingga menambahkan skill yang bisa membuat status mecha yang kamu kendalikan meningkat.

Secara grafis, seperti image Gundam yang memang lahir dari serial animasi, kamu mendapati mecha di sini berkesan anime. Apalagi dengan desain Super Deformed-nya yang mungil dan imut, makin menghilangkan kesan serius – dan tentu saja membuat game ini memiliki target pasar yang lebih luas. Namun saya menyukai efek cinematic yang dihadirkan pada saat melancarkan serangan spesial, mengingatkan adegan yang sama dalam versi animenya. Dan jelas itu cukup membuat para penggemar Gundam khususnya, merasa terpuaskan!

Pilih Gundam ala Gashapon

Gashapon.. mainan yang dibungkus kapsul, lalu dimasukan ke mesin, dan kamu bisa membeli dan mendapatkan kapsul secara random...

 

Pernah membeli mainan Gashapon? Di awal permainan SD Gundam CFO, kamu mendapat kesempatan untuk memainkan Slot Capsule Machine, yang mirip dengan Gashapon. Di dalam kapsul tersebut terdapat Mobile Suit yang bisa kamu dapatkan untuk bermain dari awal game. Terdiri dari enam Mobil Suit yang bisa kamu dapatkan secara random. Setelah mendapatkannya, kamu bisa memakainya untuk modal utamamu memainkan game ini. Nantinya kamu bisa memodifikasi Mobile Suit-mu ini, menyimpan atau bahkan menjualnya.

Di negara lain, game ini bisa dimainkan secara Free-2-Play. Dan tentu saja, pemasukan bagi publisher datang melalui Item Shop. Belum diketahui bagaimana dengan versi Indonesia nantinya. Namun melihat tren, sepertinya sama bakal Free-2-Play.

Pilih Berteman atau Saingan?

Terserah mau main sendirian, atau rame-rame... Keduanya memberi pengalaman bermain yang berbeda.

Gameplay-nya terbagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah mode Mission. Dalam mode ini kamu akan mendapatkan sebuah misi tertentu, yang berbeda-beda untuk kamu selesaikan. Tentunya dalam mode ini masih terbagi lagi menjadi beberapa tingkat kesulitan yang berbeda pula. Dengan menyelesaikan Misi yang diberikan, kamu akan mendapatkan Mobile Suit EXP serta Pilot EXP.

Untuk sistem EXP-nya memang terbagi menjadi dua bagian, karena memang setiap pilot bisa berubah-ubah Mobile Suit-nya sesuai dengan keinginanmu. Oh ya, dengan melakukan mode Mission, kamu juga bisa menyelesaikan Queat yang diberikan. Tentunya akan mendapatkan hadiah tambahan jika Quest yang kamu dapat selesai.

Lainnya, kamu juga bisa bersaing dengan teman-temanmu dalam mode Versus. Mode ini memang dirancang khusus untuk kamu yang doyan PvP. Dalam mode ini juga masih dibagi dalam mode-mode permainan yang tentunya bisa kamu pilih selagi bermain, seperti Free for All dan  Team Deatch Match.

Bedanya Dengan Yang Lain?

Seperti melihat versi animasinya...

Perbedaan game ini dengan yang lain yang pasti adalah menghadirkan hampir semua Mobile Suit yang muncul dari seri Gundam pertama yaitu zamannya Gundam RX-78 hingga Gundam teranyar, Gundam Unicorn yang juga bisa berubah menjadi mode Destroy. Bukan hanya Gundam saja yang akan menghiasai permainan, tetapi juga robot-robot lain, seperti GM dan Zaku. Para musuh bebuyutan seperti Sazabi juga bakal muncul lho di sini! Bukankah ini menarik?

Selain itu, Gundam atau Mobil Suit yang kamu dapatkan bisa kamu kustomisasi seperti Model Kits-nya! Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, mulai mengganti cat, menambahkan decal dan sebagainya. Tentu saja ini akan merubah penampilan Mobile Suit sesuai dengan impianmu. Jadi tunggu apa lagi?

Sebagai tambahan, kamu akan merasakan pertarungan Gundam sesuai dengan film animasinya. Ditambah dengan efek-efek animasi yang super keren saat mengeluarkan kemampuan yang dimiliki Mobile Suit-mu. Efek suara yang dihasilkan juga sangat mantap! Misalnya saja efek suara tembakan rifle milik Gundam Unicorn yang nyaring bunyinya. (cetiiieeeww…)

Tengok Interfacenya

1. Status Mobile Suit: menunjukkan status Mobile Suit pemain seperti HP, SP, Skill yang aktif, Nama dan Properti Mobile Suit yang digunakan.
2. Target Musuh: mengindikasikan nama musuh yang sedang dibidik beserta jumlah HP-nya.
3. Batas Waktu: informasi batas waktu yang tersisa dan jumlah Life yang dimiliki oleh pemain.
4. Radar: menunjukkan posisi Mobile Suit musuh dan posisi teman setim pemain.
5. Total: menunjukkan total Mobile Suit musuh yang sudah berhasil pemain kalahkan.
6. Status Skor: memperlihatkan nilai, status, dan peringkat dari Mobile Suit pemain  dan rekan satu tim.
7. Booster Bar: memperlihatkan bar booster dari Mobile Suit pemain.
8. Weapon: menunjukkan senjata Mobile Suit yang sedang aktif, senjata lainnya, special attack dan battle item.

System Requirement
– Operating System: Windows
– CPU: Pentium 4 1.8 GHz
– Memory (RAM): 512 MB
– Graphics: Geforce 4 TI4400; Radeon 9600


SHARE
Previous articleOmega #90… Segera Dapatkan di Toko Buku/Majalah Terdekat!!
Next articleApp Inventor, Programming Android Tidak Pernah Semudah Ini!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.