PlayStation Network Crisis…. It Only Does Recovery!

Berita PlayStation Network (PSN) yang sedang dalam keadaan “koma,” rasanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, layanan online untuk mesin Sony, termasuk PS3 dan PSP itu seakan mati suri sekitar 3 mingguan. Tepatnya sejak 19 April 2011. Salah satu rekan kontributor Duniaku juga telah menulis sebuah artikel lengkap tentang bobolnya server Sony tersebut di sini. Dan kini, pada hari ini terdapat berita menggembirakan untuk para user PSN.

Baru tadi pagi waktu setempat, terdapat update firmware versi 3.61. Firmware ini tidak langsung memberimu tiket untuk bisa kembali “Sign In.” Melainkan hanya sekadar satu langkah maju dari Sony, dalam usaha mereka membangkitkan kembali server onlinenya. Melalui Phoenix Down dari Sony tersebut, kamu yang memiliki account PSN dan memaksimalkan fungsinya, bisa segera meng-update firmware PS3-nya, yang bertujuan nanti untuk mempersiapkan diri ketika PSN bisa digunakan kembali secara normal. Setelah meng-update firmware ini, maka kamu juga akan diminta mengganti password dari ID yang digunakan di PSN. Jika tidak, segera cek email yang terkoneksi dengan ID PSN-mu secepatnya.

Perhatikan tanggalnya, tertera 14 May 2011… Bukti PSN kembali online!!

Sebagai langkah awalnya, Sony memprioritaskan server United States dan Europe terlebih dahulu. Untuk United States, daerah California, Florida, New York dan sekitarnya sudah bisa menikmati layanan online di PSN kembali. Dan tadi pagi saya juga sempat menghubungi saudara yang kebetulan berada di Los Angeles, California untuk memastikan kebenaran berita tersebut. Dan benar, layanan PSN sudah bisa digunakan kembali. Lihat foto dibawah ini!

Baru pengguna PSn di daerah sekitar yang saya sebutkan, bisa Sign In. Perhatikan juga di sana, informasi Last Sign In lebih dari 20 hari lalu…

Sony juga telah mengkonfirmasikan, bahwa ketika PSN aktif kembali, layanan yang baru bisa diakses diantaranya: Online Multiplayer dan Chat, Friends List dan Trophy Comparison Functionality, PlayStation Home dan Services, seperti Hulu, Netflix dan MLB.tv. Kemudian akses ke PlayStation Store sementara masih belum bisa di akses. Beginilah tampilan ketika masuk PlayStation Store.

Para user PSN di sana juga sudah bisa menikmati aksi baku hantam di Super Street Fighter IV, Marvel vs Capcom 3, maupun aksi tembak-tembakan di Call of Duty: Black Ops dan Crysis 2. Sabar dulu deh, masih belum ada konfirmasi lagi kapan kita pengguna di Indonesia bisa kembali menggunakan dan mengakese PSN. Kemungkinan masih sangat lama. Yah, saya sendiri yakin Sony pasti lebih memprioritaskan negara-negara besar. Namun langkah mereka ini jelas sangat diharapkan para pelanggan PSN. Kita tunggu saja info lebih lanjut!

 

 

 


SHARE
Previous articleAdu Kekuatan Fisik ala Willhelmer
Next articlePersona 4 Animation – From Steamy Bath House With Love!
Codenamed Archangel, next gen Game yang masih berkedudukan SMA di Surabaya Timur Bertumbuh besar dengan bantuan dari game seperti Halo dan Twisted Metal. Menyukai banyak genre video game dari shooter, sports, action, WRPG, racing. Sangat up to date dengan dunia next gen gaming dan suka menulis apapun tentang video game ataupun movie Aktif dalam komunitas grup gaming facebook dan mendapat posisi baik dalam grup besar seperti Xbox 360 Fanboys Indonesia, Playstation Square, World of Nintendo, Gamer Inside, Band of Indonesian Gamers, dan Zigma Omega. Dikenal memiliki penyakit overhobbies, tidak hanya gaming tetapi juga expert dalam bidang movies, musics, mangas, animes, figures, sports.