Tampilan Keren, Gameplay Nol

Judul: IL-2 Sturmovik: Cliffs of Dover
Platform: PC
Score: D
Dev: Maddox
Genre: Flight Simulation

Tampilannya memang keren..

IL-2 Sturmovik: Cliffs of Dover merupakan game simulasi penerbangan yang memiliki unsur cerita yang menarik yaitu mengangkat simulasi penerbangan pesawat tempur pada saat Perang Dunia kedua. Game simulasi penerbangan ini juga digarap dengan grafis yang cukup oke dan realistis. Bahkan jika kamu melihat penampilan kokpitnya, detil-detil dari panel instrumen yang dibuat serealistis mungkin, bahkan kontrol pesawat serta beberapa sudut kokpit dibuat sangat rapi dan menarik perhatian orang untuk memainkannya. Tak hanya penampilan kokpit saja, penampilan pesawatmu pun juga mantap dilangit yang biru serta awan yang terlihat tajam dari kejauhan. Namun apakah dengan demikian game ini bernilai bagus? Jawabnya tidak. Ya, dalam hal rendering yang diberikan memang benar-benar realistis dan mantap, dipadu dengan pencahayaan yang nyata membuat kamu seperti masuk dalam sebuah kokpit sungguhan. Tetapi gameplay-nya sungguh mengecewakan. Digarap dengan frame rate dibawah rata-rata, jadi pergerakanmu terasa tersendat-sendat dan seperti dipaksakan. Karena hal ini, kamu akan sedikit kesulitan dalam membidik pesawat lawan. Sehingga permainan akan menjadi sangat sulit, padahal seharusnya jika digarap dengan serius, masalah ini pastinya tidak separah ini.

Andalkan Unsur Cerita Yang Keren

Yah, walaupun mengecewakan Cliffs of Dover memiliki unsur cerita yang menarik. Dalam ceritanya kita dihadapkan dengan situasi Perang Dunia kedua yang terjadi dipenjuru daratan Eropa. Situasi ini diambil dalam setting waktu tahun 1940-an. Permainan akan berlangsung di daerah Britania Raya dan melibatkan pasukan perang Inggris, jerman dan Itali. Nah negara gabungan ini akan melawan pasukan udara Jerman dan para pembelot dari pihakmu. Nah, dengan bumbu cerita ini, membuat game ini masih memiliki unsur yang bisa dinikmati walaupun gameplay-nya amat sangat mengecewakan.

Bumbu Bugs dan Glitches Yang Tak Terlewatkan

Kayaknya asyik ya.. Tapi..

Banyak sekali bugs dan gangguan-gangguan lainnya yang menyerang game ini, sehingga akan membuat permainanmu menjadi terganggu dan tidak nyaman. Beberapa gangguan yang terjadi misalnya adalah terdapat pesawat musuh yang tiba-tiba menerjangmu. Banyak yang mengatakan ini bukan merupakan bugs tetapi glithces yang tidak bisa dihindari, belum ada pemecahan masalahnya. Untuk bugs, karena terlalu banyaknya membuat game ini lag saat dimainkan. Oh ya, terdapat juga delay dimana membuat permainan akan semakin menurunkan frame per detikmu hingga 10 atau 15 framerate saja. Saran saya sih game ini hanya cocok bagi kamu pengkoleksi dan penggemar berat game simulasi penerbangan saja.

 

// Minimum System Requirements

OS : Windows XP SP3 / Vista SP2 (32bit) / Windows 7 (32bit)
CPU : Intel core dual core
Memory : 2 GB RAM
HDD : 10 GB free disk space
Graphics : 512 MB Graphics Memory
Sound Card : DirectX 9 Kompatibel
DirectX : Version 9.0c

// Recommended System Requirements

OS : Windows XP SP2 / Vista SP1 (32bit) / Windows 7 (32bit)
CPU : Intel core i5/ i7
Memory : 4 GB RAM
HDD : 10 GB free disk space
Graphics : 512 MB Graphics Memory
Sound Card : DirectX 9 Kompatibel
DirectX : Version 9.0c


SHARE
Previous articleDeimos Metamor = (Masih) Beranak Dalam Kubur
Next articleMetamor-fosis Jakarta Lebih Awal
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.