Mata Uang Vandaria

Setiap TCG tentu memiliki suatu resource yang menjadi inti dalam permainan tersebut. Resource berfungsi sebagai bahan baku untuk mensummon kartu-kartu selama permainan berlangsung. Bentuk dari resource juga sangat beragam. Magic The Gathering misalnya, resource dalam TCG tersebut berupa kartu alam yang menjadi sumber mana yang digunakan untuk mensummon; sedangkan dalam Pokemon, para Trainer menggunakan kartu Energy untuk membuat Pokemon mereka mampu menggunakan skillnya.

Magic = Land
Pokemon = Energy

Lalu bagaimana dengan Vandaria Wars? TCG ini menggunakan resource dalam bentuk Gold yang dapat diperoleh dari berbagai sumber, dan yang paling umum adalah Territory. Lalu bagaimana bentuk Gold itu sendiri? Gold tidak pernah memiliki bentuk yang standar dalam Vandaria Wars karena tidak ada kartu Gold atau sebuah counter yang sudah ditetapkan secara khusus.

Alhasil, para Guildsman menjadi sangat kreatif dalam mempresentasikan gold itu sendiri. Token plastik berwarna-warni menjadi pilihan yang sangat umum bagi para Guildsman, apalagi setelah Vandaria merilis Gold Pouch yang berisi 10 token didalamnya. Sayang produk tersebut sangat terbatas, sehingga tidak semua Guildsman memilikinya.

Beraneka-ragam Gold Vandaria Wars

Lalu bagaimana bentuk gold itu bagi para Guildsman yang tidak memiliki Gold Pouch beserta tokennya? Kartu sideboard menjadi pilihan yang umum, tapi hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kartu-kartu tersebut lecet. Biji-bijian seperti kancing, kerang, atau bahkan batu menjadi jawaban untuk sejumlah Guildsman. Bahkan koin atau TCG lain juga sempat saya lihat digunakan sebagai gold.

Jika kamu telah berpartisipasi dalam weekly Metamor, maka kamu tentu tahu bahwa kini Vandaria merepresentasikan gold dengan lebih jelas, yaitu dengan bentuk kartu Gold.

Sekeping Gold

Kartu ini bisa diperoleh setiap kali Guildsman berpartisipasi dalam turnamen mingguan yang diselenggarakan di berbagai tempat (cukup hanya dengan mendaftar). Seperti bisa dilihat, kartu tersebut merepresentasikan 1 gold dalam Vandaria Wars. Penggunaan gold dalam Vandaria Wars tidaklah sedikit, oleh sebab itu, kartu berikut bisa diperoleh dalam turnamen Grand Event.

Tiga Keping Gold

Lalu bagaimana dengan yang ini?

What? Lima Keping?!

Tunggu sampai kamu mendapatkannya!


SHARE
Previous articleFairy Tail + Jump Ultimate Stars = Mantap!
Next articleKung Fu Panda 2 The Game, Manfaatkan Kinect!
Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.