Pilih Gundam Asli Atau Aspal?

Beberapa dari kalian pastinya ragu-ragu dalam membeli model kits, yah karena memang harganya sangat mahal. Untuk ukuran model kit Gundam HG saja sudah memakan minimal 150.000 rupiah per kotaknya. Sedangkan untuk yang lebih detil menghabiskan kocek 300.000 rupiah hingga lebih dari 1.000.000 rupiah. Namun saat ini sedang hebohnya merk kedua (merk China) yang menembak persis (90% mirip) Model Kit Bandai. Merk ini bernama TT Hongli.. TT Hongli ini merupakan anak perusahaan TT Wan Lu yang memang merupakan perusahaan pembuat mainan di China. Dan harganya? Jangan ditanya pastinya merk kedua ini jauh lebih murah dari merk aslinya (harga hingga ¼  kali lebih murah dari harga aslinya).

 

Sudah Cukup Lama.. Macamnya?

Memang sih merk TT Hongli merupakan merk yang sudah cukup lama. Hanya saja saat ini barangnya makin banyak dan berkembang. Buktinya setiap beberapa waktu, TT Hongli mengeluarkan beberapa prototipe tidak berwarna yang nantinya akan dijadikan barang yang dijual secara massal. TT Hongli tidak hanya menawarkan Gundam HG dan MG saja, melainkan juga beberapa produk lain seperti Gundam SD, Gundam PG Keroro versi Model Kit, Gundam Samkok, MCB, Decal, dan Stand Base.

Salah satu produk Mokit TT Hongli non-Gundam

 

Apakah Semuanya Diangkat di Hongli?

Produk MG Unicorn Gundam yang cukup laris..

Jawabnya tidak.. Kebanyakan seri MG dari Hongli mengambil prototipe dari seri Gundam Seed Destiny, Gundam Unicorn, Gundam Mobile Suit, Gundam Hi Nu, dan Gundam OO. Untuk HG 1/144 TT Hongli memiliki stok paling banyak adalah seri Gundam OO dan beberapa Gundam Seed Destiny.Sedangkan HG 1/100 atau No Grade 1/100 hanya tersedia seri Gundam OO. Bagi penggemar Gundam Sangokuden, TT Hongli hanya menyediakan terbatas seri ini. Terakhir adalah seri PG mengangkat dari seri Gundam Wing saja.

 

 

 

 

Harga Murah, Kualitas?

Penampakan Un-Boxed MG Strike Noir TT Hongli

Sampai saat ini TT Hongli merupakan merk Gundam yang 90% mirip dari aslinya. Kelemahannya tentu saja ada, yaitu pada bagian snap fit yang tidak seimbang, sehingga harus mengebor bagian lubang snap fit dengan bor tangan. Lainnya, bekas-bekas cetakan tetap ada, untuk menghilangkannya perlu menggunakan cutter (terserah cutter biasa ato merk apapun) lalu di gosok dengan kertas pasir dari nomor 800 – 1000 – 1500 untuk memperlahus. Lalu, kelemahan yang sangat parah adalah warna plastiknya yang kacau, jadi untuk kamu para pemula, model kit ini bisa menjadi produk untuk latian ngecat.. Untuk bahan plastik lebih tebal sekaligus mudah patah.. Anehnya ketika di gasak dengan kertas pasir, debu-debu sisa plastiknya berbau tidak enak.. (kayaknya menggunakan plastik murahan / plastik daur ulang) Jadi sedikit mengganggu pengerjaan, karena baunya yang menyengat dan membuat pusing.

 

 

Pilihlah Dengan Bijak

Perusaan TT Wanlu pernah mengalami kasus tentang plagiatorisme. Ia dituntut oleh Bandai karena mencuri desain prototipe dari Gundam milik Bandai. TT Hongli mengalami kerugian yang cukup besar dan tercemar isu-isu akan ditutup. Akan tetapi, berita paling baru, TT Hongli anak perusaan milik TT Wanlu ini mengumumkan akan merilis produk HG baru dekat-dekat ini. Dan sempat memberikan prototipe-nya yaitu Gundam HG, Khsatriya dari seri Gundam Unicorn. Ini membuktikan bahwa TT Hongli tetap akan memproduksi Gundam, dan umurnya masih panjang mengingat masih bisa memunculkan Gundam baru. Kini pilihan ditanganmu.. Apakah memilih membeli Gundam milik Bandai ataukah milik TT Hongli..? Kalau aku sendiri, sempat membeli Gundam HG dan sedikit kecewa. Namun beberapa orang berkata Gundam TT Hongli seri HG memang jelek, dan yang mendekati sempurna adalah seri MG-nya. Untuk review, pasti nanti saya sertakan juga..


SHARE
Previous articleNendoroid Generation, Imut Banget!
Next articleHG TT Hongli = Mengecewakan
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.