Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Di sini kamu bisa melihat detail mengenai MOOGLE dan seperti apa sih sistem summon (yang disebut dengan Gunshin) di FF Type-0 ini. Update lainnya akan menyusul, jadi tetap ikuti perkembangannya ya.

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Judul Game : Final Fantasy Type-0

Dev / Pub : Square Enix

Platform : PSP

Tanggal Rilis : Kuartal Kedua 2011

Genre : Action RPG

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0[/caption]

Tiap kelas di Suzaku (sekolah sihir tempat karakter utama belajar) memiliki Moogle-nya masing-masing. Moogle? Benar, Moogle! Di Class 0 (Zero) alias kelas karakter utama, Moogle-nya bernama Hattsumikamine Routoyousuna Elfuruchi. Moogle di sini berperang penting dalam misi, karena dari dialah kamu akan mendapatkan misi-misi yang harus diselesaikan.

Seiring berjalannya permainan, kamu akan mendapatkan misi-misi dari atasan militer Suzaku, yang bisa didapatkan dari Moogle di kelas masing-masing. Setelah itu barulah kamu beserta anggota party yang lain menuju world map untuk memulai misi.

Suzaku Magic School yang juga menjadi markas besar para karakter playable di sini memiliki tiga belas Moogle. Semua Moogle tersebut terkenal dengan sebutan Cranberry Knight, yang masih belum jelas apakah ada kekuatan tersembunyi jika para Moogle itu berkumpul bersama.

Dan Square Enix sekali lagi memberikan kejutan aneh untuk para penggemar serial FF. Apakah kamu tahu bahwa Moogle di game ini ternyata adalah sebuah singkatan? Military Operation Organization Guidance/Logistics Expert, alias MOOGLE, ya itulah singkatan dari Moogle yang kita kenal. Benar-benar aneh bukan? Mungkin hal ini dikait-kaitkan dengan tema militer dari Type-0 sendiri, sehingga Square Enix memberikan singkatan tersebut.

 

Hattsumikamine Rōtoyōsuna Eripuruchi

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Seekor Moogle (Military Operation Organization Guidance/Logistics Expert) yang ditunjuk untuk mendampingi Class Zero. Di sini dia disuarakan oleh Sumire Morohoshi.

 

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Siapa yang tidak kenal dan menyukai salah satu maskot FF ini? Benar, Chocobo. Ayam raksasa kuning ini akan kembali hadir di Type-0, dan sepertinya perannya tetap sama yakni menjadi tunggangan setia.

 

Butuh Pengorbanan Besar untuk Memanggil Summon…

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0[/caption]

Berikut adalah detail terbaru yang diberikan oleh Square Enix mengenai fitur summon. Di Type-0, summon disebut dengan Gunshin (jika diterjemahkan menjadi Para Dewa Perang) yang akan muncul selama beberapa saat dan kamu akan mengendalikan mereka sepenuhnya.

Tiga Gunshin telah dikonfirmasikan yakni Ifrit, Golem, dan Odin. Tentu saja kekuatan mereka ini luar biasa, sehingga bisa mengubah kondisi pertempuran dalam sekejap. Tapi jangan salah, untuk memanggil mereka butuh pengorbanan yang luar biasa pula. Ya, kamu harus mengorbankan nyawa salah satu karakter yang kamu kendalikan sehingga bisa mengambil para Gunshin! Saya rasa sepadan sih, sehingga perlu diperhatikan baik-baik saat yang tepat untuk memanggil Gunshin.

 

Ifrit

Gunshin satu ini termasuk summon yang sering hadir di serial FF. Datang ke arena pertarungan dengan api membara yang menyelimuti tubuh, Ifrit akan membakar habis semua musuhnya. Serangannya antara lain Blazing Bullet dimana dia menembakkan bola-bola api raksasa, dan Eruption, dia akan mengeluarkan semburan api dari tanah.

 

Golem

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Gunshin ini juga sering hadir di serial FF. Wujudnya mirip patung batu raksasa atau benteng berjalan. Burst Mode miliknya akan melindungi karakter lain dari damage yang diberikan musuh, sedangkan serangannya yaitu Megaton Punch, dia akan menembakkan tinju-tinjunya ke arah musuh.

 

Odin

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Odin kembali hadir di Type-0 sebagai salah satu Gunshin yang bisa di-summon. Mengenakan armor hitam legam, Odin tetap mengendari kuda legendarisnya si Sleipnir. Di sini dia memiliki tiga macam serangan. Pertama adalah Full Moon Slash, serangan menggunakan pedangnya dengan jangkauan lebar, kedua yaitu Jinba Ittai, dimana Odin akan menyerang musuh yang berada jauh darinya dalam sekejap mata. Dan ketiga yakni Zantentsuken, serangan legendaris dimana Odin akan membelah musuh menjadi dua dan tentu saja memberikan efek instant kill.

 

Gilgamesh

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Kalau yang satu ini bukan termasuk Gunshin sih. Gilgamesh di Type-0 ini (disuarakan oleh Kazuya Nakai) adalah l’Cie. Benar, l’Cie dalam artian yang sama dengan yang ada di FF XIII, yakni seseorang yang terpilih oleh kristal (dalam hal ini Gilgamesh terpilih oleh kristal Genbu) namun telah melupakan misinya. Ukuran tubuhnya besar, jauh melebihi ukuran manusia normal. Tampaknya dia akan menjadi salah satu boss raksasa yang nanti kamu hadapi, dan kemungkinan akan banyak lagi boss-boss raksasa lain yang bakal kamu lawan.

Ternyata Square Enix memberikan crossover baru untuk Dissidia Duodecim FF dari game ini. Nantinya kostum keempat karakter Gilgamesh di Dissidia Duodecim adalah kostum yang sama dengan kostumnya di Type-0. Bisa kamu lihat artwork-nya pada screenshot di sebelah kanan.

Sumber gambar: Famitsu

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0