Detail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0

Judul Game : Final Fantasy Type-0
Dev / Pub : Square Enix
Platform : PSP
Tanggal Rilis : Kuartal Kedua 2011
Genre : Action RPG

Aku MOOGLE, kupo!

Tiap kelas di Suzaku (sekolah sihir tempat karakter utama belajar) memiliki Moogle-nya masing-masing. Moogle? Benar, Moogle! Di Class 0 (Zero) alias kelas karakter utama, Moogle-nya bernama Hattsumikamine Routoyousuna Elfuruchi. Moogle di sini berperang penting dalam misi, karena dari dialah kamu akan mendapatkan misi-misi yang harus diselesaikan.

Seiring berjalannya permainan, kamu akan mendapatkan misi-misi dari atasan militer Suzaku, yang bisa didapatkan dari Moogle di kelas masing-masing. Setelah itu barulah kamu beserta anggota party yang lain menuju world map untuk memulai misi.

Suzaku Magic School yang juga menjadi markas besar para karakter playable di sini memiliki tiga belas Moogle. Semua Moogle tersebut terkenal dengan sebutan Cranberry Knight, yang masih belum jelas apakah ada kekuatan tersembunyi jika para Moogle itu berkumpul bersama.

Dan Square Enix sekali lagi memberikan kejutan aneh untuk para penggemar serial FF. Apakah kamu tahu bahwa Moogle di game ini ternyata adalah sebuah singkatan? Military Operation Organization Guidance/Logistics Expert, alias MOOGLE, ya itulah singkatan dari Moogle yang kita kenal. Benar-benar aneh bukan? Mungkin hal ini dikait-kaitkan dengan tema militer dari Type-0 sendiri, sehingga Square Enix memberikan singkatan tersebut.

 

Hattsumikamine Rōtoyōsuna Eripuruchi

Seekor Moogle (Military Operation Organization Guidance/Logistics Expert) yang ditunjuk untuk mendampingi Class Zero. Di sini dia disuarakan oleh Sumire Morohoshi.

 

Siapa yang tidak kenal dan menyukai salah satu maskot FF ini? Benar, Chocobo. Ayam raksasa kuning ini akan kembali hadir di Type-0, dan sepertinya perannya tetap sama yakni menjadi tunggangan setia.

 

Butuh Pengorbanan Besar untuk Memanggil Summon…

Korban satu nyawa untuk satu Gunshin...

Berikut adalah detail terbaru yang diberikan oleh Square Enix mengenai fitur summon. Di Type-0, summon disebut dengan Gunshin (jika diterjemahkan menjadi Para Dewa Perang) yang akan muncul selama beberapa saat dan kamu akan mengendalikan mereka sepenuhnya.

Tiga Gunshin telah dikonfirmasikan yakni Ifrit, Golem, dan Odin. Tentu saja kekuatan mereka ini luar biasa, sehingga bisa mengubah kondisi pertempuran dalam sekejap. Tapi jangan salah, untuk memanggil mereka butuh pengorbanan yang luar biasa pula. Ya, kamu harus mengorbankan nyawa salah satu karakter yang kamu kendalikan sehingga bisa mengambil para Gunshin! Saya rasa sepadan sih, sehingga perlu diperhatikan baik-baik saat yang tepat untuk memanggil Gunshin.

 

Ifrit

Gunshin satu ini termasuk summon yang sering hadir di serial FF. Datang ke arena pertarungan dengan api membara yang menyelimuti tubuh, Ifrit akan membakar habis semua musuhnya. Serangannya antara lain Blazing Bullet dimana dia menembakkan bola-bola api raksasa, dan Eruption, dia akan mengeluarkan semburan api dari tanah.

 

Golem

Gunshin ini juga sering hadir di serial FF. Wujudnya mirip patung batu raksasa atau benteng berjalan. Burst Mode miliknya akan melindungi karakter lain dari damage yang diberikan musuh, sedangkan serangannya yaitu Megaton Punch, dia akan menembakkan tinju-tinjunya ke arah musuh.

 

Odin

Odin kembali hadir di Type-0 sebagai salah satu Gunshin yang bisa di-summon. Mengenakan armor hitam legam, Odin tetap mengendari kuda legendarisnya si Sleipnir. Di sini dia memiliki tiga macam serangan. Pertama adalah Full Moon Slash, serangan menggunakan pedangnya dengan jangkauan lebar, kedua yaitu Jinba Ittai, dimana Odin akan menyerang musuh yang berada jauh darinya dalam sekejap mata. Dan ketiga yakni Zantentsuken, serangan legendaris dimana Odin akan membelah musuh menjadi dua dan tentu saja memberikan efek instant kill.

 

Gilgamesh

Kalau yang satu ini bukan termasuk Gunshin sih. Gilgamesh di Type-0 ini (disuarakan oleh Kazuya Nakai) adalah l’Cie. Benar, l’Cie dalam artian yang sama dengan yang ada di FF XIII, yakni seseorang yang terpilih oleh kristal (dalam hal ini Gilgamesh terpilih oleh kristal Genbu) namun telah melupakan misinya. Ukuran tubuhnya besar, jauh melebihi ukuran manusia normal. Tampaknya dia akan menjadi salah satu boss raksasa yang nanti kamu hadapi, dan kemungkinan akan banyak lagi boss-boss raksasa lain yang bakal kamu lawan.

Ternyata Square Enix memberikan crossover baru untuk Dissidia Duodecim FF dari game ini. Nantinya kostum keempat karakter Gilgamesh di Dissidia Duodecim adalah kostum yang sama dengan kostumnya di Type-0. Bisa kamu lihat artwork-nya pada screenshot di sebelah kanan.

Sumber gambar: Famitsu


SHARE
Previous articleIt’s All About The Money
Next articleCars 2: The Game, Tidak Cuma Adu Kecepatan
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.