It’s All About The Money

Jangan tertipu dengan judulnya yang cukup unik (dan sangat panjang), [C]: Control: The Money and Soul of Possibility ([C]), tema dari anime ini justru lebih unik lagi. Pernahkah kamu bayangkan apa jadinya jika film mengenai saham dan uang seperti Wall Street digabung dengan film action ala Rambo? Nah itulah yang menjadi tema utama dari [C], di anime ini para pelaku bisnis bukannya berusaha untuk menjual beli saham, tapi mereka berusaha untuk mengalahkan satu sama lain dengan cara mempertarungkan aset (semacam summon yang memiliki berbagai kemampuan) yang mereka miliki.

Simbol dari Bank Midas. Jika diperhatikan simbol tersebut sendiri terbentuk dari huruf "MIDAS"

Ceritanya di [C] ada sebuah dimensi lain yang dinamakan financial district. Dimensi ini sendiri dikendalikan oleh sebuah bank bernama Midas. Tidak ada yang tahu apa fungsi sebenarnya dari financial district dan apa tujuan dari bank Midas, tapi yang pasti financial district ini adalah tempat para Enterpreneur/Entre (sebutan bagi para pelaku bisnis di financial district) melakukan pertarungan. Tentunya tidak semua orang bisa memasuki financial district, biasanya orang yang akan menjadi Entre akan dipilih oleh bank Midas, dan orang-orang ini sebagian besar sangat membutuhkan uang.

Kimimaro, tokoh utama kita yang bokek dan harus bekerja ekstra keras guna membiayai kuliah

[C] bercerita mengenai pemuda berumur 19 tahun bernama Kimimaro Yoga yang mengambil kuliah jurusan ekonomi. Kimimaro tidak memiliki impian yang muluk-muluk, ia hanya ingin bekerja di perusahaan dengan gaji yang cukup, dan berkeluarga. Masalahnya hal yang ia inginkan tidak bisa diperoleh dengan mudah. Berasal dari keluarga yang kurang mampu, Kimimaro harus berusaha keras agar bisa terus berkuliah, ia mengambil dua pekerjaan sambilan, dan selalu berhemat dalam hal biaya hidup sehari-hari. Tapi itu semua masih saja belum cukup, tabungannya mulai menipis dan ia membutuhkan uang lebih banyak. Saat itulah ia didatangi oleh mahluk misterius yang mengaku bernama Masakaki. Lewat Masakaki, Kimimaro mengenal adanya financial district, sebuah dimensi lain dimana para entre saling bertarung menggunakan asset mereka untuk memperoleh uang lebih banyak. Entah karena keberuntungan atau karena kemampuan Kimimaro berhasil memenangkan pertarungan pertamanya. Berkat kemenangannya ini Kimimaro sekarang memiliki banyak uang, tapi masalahnya tidak berhenti sampai disitu saja. Karena sudah berstatus sebagai seorang entre, sekarang tiap minggu Kimimaro harus bertarung dengan entre lain. Belum lagi, jika ia kalah dan kehilangan banyak uang, apalagi bangkrut maka masa depannya akan diambil alih oleh bank Midas (yang bisa berarti kehilangan nyawa). Kimimaro juga merasa cemas untuk menggunakan uang yang ia peroleh dari financial district apakah akan ada konsekuensinya, apa pengaruhnya bagi dunia nyata?

Mashu, asset dari Kimimaro yang memiliki serangan berbasis api

Secara keseluruhan [C] cukup menarik, temanya jelas tidak lazim, tapi yang lebih tidak lazim lagi adalah penggabungan antara tema keuangan dan action. Hanya satu hal yang saya kurang sukai dari [C], yaitu begitu minimnya berbagai penjelasan mengenai pertarungan yang dilakukan para entre. Misalnya saja apa yang harus dilakukan untuk mengalahkan entre lain, apakah serangan para asset bisa digunakan tanpa konsekuensi (karena serangan ini sebenarnya menggunakan uang dari para entre), dan banyak hal lain. Untungnya saja [C] tergolong anime yang masih baru (episode pertamanya baru ditayangkan bulan April yang lalu, semoga saja pertarungan para entre bisa lebih dijelaskan di episode yang akan datang.


SHARE
Previous articleBlaugrana is The Champion !
Next articleDetail MOOGLE dan Gunshin di FF Type-0
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.