Cinematic Action Membuat FF XIII-2 Makin Memukau…

Judul Game : Final Fantasy XIII-2
Dev / Pub : Square Enix / Square Enix
Tanggal Rilis : Kuartal Keempat 2011 (Jepang) ; Kuartal Pertama 2012 (US)
Genre : RPG
Konsol : PS3, Xbox 360

Dalam event E3 2011 kali ini, Square Enix memperlihatkan trailer terbaru FF XIII-2 sekaligus mengkonfirmasikan pembukaan website offisial-nya. Di website tersebut kamu bisa mendengarkan musik khas Masashi Hamauzu, karakter barunya yakni Noel Kreiss, bagian khusus untuk mengunduh wallpaper, dan informasi mengenai game ini yang dirilis untuk PS3 dan Xbox 360.

Square Enix mengumumkan bahwa mereka akan meng-update FF XIII versi PS3 dengan Easy Mode yang sebelumnya hanya ada di versi Xbox 360. Update ini secara otomatis akan terunduh ketika kamu menyalakan konsolmu dan terkoneksi dengan PSN. Kamu juga bisa mengganti tingkat kesulitan di tengah-tengah permainan.

Noel Kreiss!

Dalam trailer terbarunya diperlihatkan sisi gameplay FF XIII-2, dimana pemain mengendalikan karakter baru si Noel Kreiss. Gerakan dasar Noel mirip  dengan Lightning, dimana dia memiliki opsi Menyerang dan sihir Ruin sebagai perintah dasar. Ganti Paradigm Shift menjadi Sentinel, maka Noel akan memiliki perintah dasar Steelguard dan Provoke. Serah di sini berperan seperti penyihir yang akan terus mengeluarkan sihir Api (saat berperan sebagai Ravager), atau mengeluarkan sihir Cure saat berperan sebagai Medic. Inti utama pertarungan tetap sama seperti FF XIII dimana fokusnya adalah penggunaan Paradigm Shift untuk mengendalikan karakter dalam party.

QTE di FF XIII-2!
Lightning dan Odin dalam Cinematic Action!

Lantas apa yang baru? Tak lain dan tak bukan adalah Cinematic Action, semacam Quick Time Event yang akan muncul di tengah-tengah pertarungan. Jika kata Cinematic Action muncul di kiri atas layar, maka bersiap-siap untuk menekan tombol yang muncul di layar. Seperti pada trailer, dimana tiba-tiba muncul tangan raksasa yang akan menghajar Noel, jika menekan tombol yang muncul maka Noel akan menahan serangan tersebut, diikuti dengan event tertentu. Lalu Cinematic Action muncul lagi, dimana Noel menanyakan kondisi Serah dan kemudian melompat ke tangan monster raksasa tersebut. dia berlari dan menyiapkan sebuah serangan, tekan tombolnya pada saat yang tepat, maka Noel akan menyerang monster raksasa tersebut. Menarik bukan?

Tidak terbatas untuk pertarungan boss, karena pada pertarungan biasa pun akan ada Cinematic Action yang bisa kamu lakukan. Seperti saat melawan Behemoth, dimana Noel bisa melakukan serangan penghabisan dengan fitur Cinematic Action, dia akan melompat ke udara dan menyerang Behemoth tersebut dari atas.

Oh ya mungkin ada yang memperhatikan dengan seksama, mengapa ada simbol wajah-wajah monster di sebelah kanan bar HP, bahkan indikator anggota party menyebutkan salah satu nama monster. Memang benar, di sini ada fitur baru dimana kamu bisa memasukkan monster-monster menjadi anggota party ketiga. Mereka akan membantu dalam pertarungan, dan kamu bisa menggunakan serangan spesial bernama Feral Link, yang akan memicu fitur Cinematic Action untuk mengaktifkannya.

Semisal dari monster Flanbenero, Feral Link-nya bernama Hundred Fist dimana kamu harus menekan tombol lingkaran berulang-ulang untuk menghasilkan damage besar, dan selanjutnya muncul lagi tombol yang harus kamu tekan. Flan tersebut tetap berada dalam party setelah mengeluarkan Feral Link, walaupun bar di bawah HP-nya kosong. Mungkin bar tersebut menunjukkan batasan Feral Link yang bisa digunakan. Dalam trailer juga diperlihatkan Pulseworker dan Feral Behemoth bisa menjadi anggota party-mu!

Masih ada beberapa misteri yang menyelimuti trailer ini. Semisal Lightning yang muncul dari atas dan menaiki Odin, kemudian mereka berdua berlari sambil bertarung melawan Chaos Bahamut. Pertarungan sambil menunggangi kuda, sepertinya ini hal baru di FF XIII-2. Entah apakah masih ada Gestalt Mode atau tidak di sini, yang jelas si Odin sebagai Eidolon milik Lightning akan tetap hadir di sini.

 

Gadot

 

Maqui

 

Lebreau

Team Nora kembali hadir di sini.

"Lightning is dead!" - Lebreau

Yang mengejutkan, salah satu anggota Team Nora, Lebreau, menyelamatkan Serah dan mengatakan bahwa Lightning sudah meninggal, jadi jangan berharap banyak pada Lightning (di akhir trailer). Di lain sisi, di awal trailer Lightning berkata “Di dunia dimana aku sudah tidak lagi eksis, masa depan akan berubah. Serah… Kebenaran pasti akan tetap bertahan, dan hanya kamu yang mengingatnya”.  Apakah ini berarti Lightning berada di dunia lain? Bukan di Gran Pulse rumah tempat tinggalnya bersama Serah? Lantas siapakah Noel Kreiss yang tiba-tiba menyelamatkan Serah? Semakin membuat penasaran saja nih Square Enix…

 

Moogle juga muncul loh, dan akan menemani si Noel berpetualang.

Kamu bisa melihat trailer-nya di sini:

Sumber : Andriasang, Siliconera


SHARE
Previous articleMass Effect 3 + Kinect = Awesome
Next articleCapcom and Tecmo Koei Time !
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.