Wii for U and for me

Akhirnya di E3 2011, salah satu dari tiga produsen konsol game memamerkan konsol terbaru mereka (generasi ke 8). Adalah Nintendo yang dengan bangganya memamerkan konsol terbaru mereka Wii U. Ya, ya saya tahu namanya sama sekali tidak kreatif, bisa bisa di konsol generasi ke 11 Nintendo akan menamai konsol mereka Wii U Me They Everyone.

Layar TV menampilkan gameplay, layar kontroler menampilkan map dan menu

 

Namanya memang aneh, tapi untungnya Wii U ini memiliki berbagai fitur yang paling tidak akan mengalihkan perhatian mu dari nama kacangan tersebut. Ok jadi apa saja yang bisa dilakukan oleh Wii U? Yang pasti sekarang Wii U akan menampilkan grafis HD. Dan jika melihat demo Zelda, Wii U dijamin akan mampu menampilkan grafis yang setara dengan Xbox 360 dan PS3. Oh iya Zelda yang ditampilkan itu bukanlah game baru, ini hanyalah demo untuk menunjukkan kemampuan grafis dari WII U.

Bermain tanpa menggunakan TV

Selain grafis, Wii U akan menampilkan kontroler yang memiliki desain dan fungsionalitas sangat unik. Kontroler Wii U ini akan memiliki layar cukup besar yang akan menampilkan berbagai elemen dari game yang kamu mainkan. Kamu bahkan bisa memainkan game lewat layar ini saja tanpa harus menyalakan TV (kali saja mama mu sedang nonton sinetron). Ini tidak berarti Wii U adalah konsol portable pertama, kamu harus tetap berada dalam jangkauan konsol Wii U agar kontroler bisa menerima sinyal gambar darinya. Selain layar, kontroler baru ini juga memiliki mic, kamera, motion control, gyro control, dan touch screen. Intinya kontroler baru ini bisa dikatakan sebagai gabungan dari DS dan Wiimote.

Ok kontrolernya memang unik, tapi bagaimana caranya kontroler ini bisa memperkaya pengalaman bermain mu? Ada tiga game yang didemokan Nintendo untuk menunjukkan performa dari kontroler Wii U, Shield Pose, chase Mii, dan Battle Mii. Yang paling saya gemari adalah Shield Pose.

Bermain bersama menggunakan wiimote dan kontroler Wii U

Game ini sendiri terdiri dari dua bagian, di bagian pertama kamu harus melihat layar TV untuk menentukan arah tembakan musuh, di bagian ke dua kamu harus menggunakan tablet untuk menangkis tembakan musuh tersebut. Ini bisa dilakukan dengan menggerakkan kontroler mu ke atas, kanan, kiri, atau tengah seolah kamu sedang berusaha menangkis tembakan.  Cukup keren juga, saya bisa melihat bagaimana nantinya kontroler baru ini akan merevolusioner game FPS, atau game-game action dimana karakternya menggunakan tameng.

Wii U rencananya akan dirilis tahun depan, masih belum ada kepastian harga, yang pasti nantinya Wii U akan kompatible dengan semua peripheral Wii, dan juga memiliki backward compatibility. Oh iya, semua game Wii U juga akan menggunakan format media disc baru yang dibuat oleh Nintendo sendiri. Untuk sementara ini, silakan menikmati video demo dari Wii U ini.


SHARE
Previous articleGears 3 and Bloody Controller !!
Next articleDmC Akan Dibawa ke Layar Lebar!!
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.