Nusantara Online versi Komersil Siap Rilis!

Lupakan sejenak World of Warcraft, karena Indonesia juga segera punya MMORPG andalan yang menangkat budaya dan sejarah Indonesia masa lalu. Inilah Nusantara Online!

Simak dulu trailernya:

Versi beta game ini sudah beberapa kali diluncurkan, bahkan sejak tahun 2009. Setelah melakukan perbaikan di sana-sini, akhirnya versi komersial game ini akan segera meluncur bulan Juni mendatang.

Dalam game versi ini, kamu dapat memilih untuk mewakili kubu kerajaan Majapahit, Pajajaran, atau Sriwijaya. Namun ke depannya tidak menutup kemungkinan adanya penambahan kerajaan.

Nusantara Online didaulat memiliki nilai edukasi karena berkaitan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia, maka untuk promosinya nanti akan bekerjasama dengan Depdiknas. Tim pengembang telah melakukan riset yang sangat mendalam tentang kerajaan-kerajaan tersebut, demi menjaga akurasi. Game ini rencananya akan disosialisasikan juga ke sekolah-sekolah.

Keunggulan lain game ini adalah 100 persen menggunakan konten lokal, termasuk engine game lokal bernama ANother Game Engine Library (ANGEL). Kebanyakan game-game online lain, biasanya menggunakan engine game besutan Korea.

Engine ini didesain untuk kebutuhan Engine 3D yang mudah digunakan dan kualitas apik yang diklaim tidak jauh beda dengan game engine luar. Apa saja yang dapat dilakukan ANGEL? Engine ini digunakan untuk merender semua objek 3D mulai dari tanah, bangunan, pohon, karakter, air, semak-semak, bayangan, bahkan hingga monster. Selain itu ANGEL dapat juga menambahkan beberapa aspek lingkuangan agar suasana semakin realistis, misalnya: pergantian cycle pagi–malam, awan yang bergerak, taburan bintang, dan cuaca.

Simak demo ANGEL:

Saat ini, game ini sudah bisa dicoba secara gratis melalui www.nusol.web.id. Pada saat peluncuran komersial nanti, game itu juga bisa dimainkan secara gratis, namun para pemain bisa membeli berbagai item dan aksesori virtual yang akan membantu pemain dalam permainan, dengan poin yang bisa dibeli melalui pembelian voucher.

Nusantara Online terselenggara oleh PT. Nusantara Wahana Komunika sebagai penyedia layanan game, Telegraph Creative Lab sebagai pihak pengembang dan Telkom sebagai penyedia infrastruktur.

Bagi para pelanggan layanan internet Telkom Speedy, Telkom menyediakan gratis voucher Nusantara Online selama 3 bulan, poin token sebesar 5000, dan diskon voucher berikutnya sebesar 50 persen.


SHARE
Previous articleRobin Ikut Meramaikan Arkham City!
Next articleHarry Potter Berlanjut?!
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.