Yang Mengejutkan dari MOZILLA, FIREFOX 7 !!!

Bagi para pengguna setia firefox jangan kaget jika anda baru saja meng-upgrade Firefox lawas anda menjadi release version yang terbaru yaitu Firefox 5 lalu mendengar keberadaan Firefox 7. Tidak banyak orang mengetahui mozilla telah melakukan pengembangan browser hingga versi ke-7 dengan code name “Nightly”, seperti apa?

Yang Mengejutkan dari MOZILLA, FIREFOX 7 !!!

Yang Mengejutkan dari MOZILLA, FIREFOX 7 !!!

Nightly merupakan code name untuk pengembangan Browser besutan Mozilla versi ke-7 menggeser Firefox 6 yang semula menyandang gelar “Nightly” ke posisi “Aurora”. Mozilla menggunakan penamaan yang unik untuk tingkatan pengembangan browser mereka berdasarkan urutan: “Nightly” untuk Preview Version; “Aurora” untuk Alpha Version; Beta version, dan terakhir Final Version yang dapat diunduh di situs Mozilla.

Alasan Utama Mozilla melakukan pengembangan dengan cara yang terkesan amat terburu-buru tidak lain karena persaingan dengan rival berat mereka, diantaranya Safari dan Chrome.

Kesan pertama mencoba Firefox 7 terasa amat sangat menyenangkan walaupun tidak secepat Chrome tetapi memory yang termakan untuk menjalankan Nightly sangat jauh lebih sedikit daripada menggunakan Chrome. Secara kasat mata tampilan Nightly nyaris sama dengan Firefox 6 dan lebih cenderung meniru konsep Chrome yang minimalis tapi manis ditambah kemudahan dalam pengaturan add-on’s, first impression yang cukup menjanjikan.

Yang Mengejutkan dari MOZILLA, FIREFOX 7 !!!

Sekarang kita beranjak ke bagian yang “mengejutkan” dari si Nightly ini, ternyata si Nightly ini tidak stabil dan jago banget hang ketika memainkan flash game! tapi tidak berpengaruh sedikitpun pada flash banner! Bagi saya dan para flash game lover hal ini jelas tidak dapat ditolerir, ditambah lagi add-on’s firefox yang belum kompatibel dengan si Nightly dan malah menambah potensi dari hang. Betul-betul mengejutkan, hal ini saya alami sendiri ketika mencoba memainkan game facebook diantaranya yang populer seperti Cityville dan Empire & Allies, kecurigaan akar permasalahan timbul ketika muncul pesan peringatan bahwa add-ons yang terinstall tidak kompatibel dan mungkin akan mempengaruhi kinerja Nightly. Setelah seluruh add-ons dimatikan lalu dihapus, flash game dapat dimainkan tetapi tak lama kemudian crash. Hal ini tidak hanya terjadi pada flash game Facebook saja tapi berlaku untuk seluruh situs penyedia flash based web game seperti Armor Games.

Sejauh ini Nightly nyaman digunakan untuk sekedar browsing dan video streaming tanpa gangguan berarti. Terkesan? Bagi yang penasaran mencoba  Firefox 7 Nightly dapat mengunduh langsung di sini http://nightly.mozilla.org/

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU