Yang Mengejutkan dari MOZILLA, FIREFOX 7 !!!


Nightly merupakan code name untuk pengembangan Browser besutan Mozilla versi ke-7 menggeser Firefox 6 yang semula menyandang gelar “Nightly” ke posisi “Aurora”. Mozilla menggunakan penamaan yang unik untuk tingkatan pengembangan browser mereka berdasarkan urutan: “Nightly” untuk Preview Version; “Aurora” untuk Alpha Version; Beta version, dan terakhir Final Version yang dapat diunduh di situs Mozilla.

Alasan Utama Mozilla melakukan pengembangan dengan cara yang terkesan amat terburu-buru tidak lain karena persaingan dengan rival berat mereka, diantaranya Safari dan Chrome.

Kesan pertama mencoba Firefox 7 terasa amat sangat menyenangkan walaupun tidak secepat Chrome tetapi memory yang termakan untuk menjalankan Nightly sangat jauh lebih sedikit daripada menggunakan Chrome. Secara kasat mata tampilan Nightly nyaris sama dengan Firefox 6 dan lebih cenderung meniru konsep Chrome yang minimalis tapi manis ditambah kemudahan dalam pengaturan add-on’s, first impression yang cukup menjanjikan.

Sekarang kita beranjak ke bagian yang “mengejutkan” dari si Nightly ini, ternyata si Nightly ini tidak stabil dan jago banget hang ketika memainkan flash game! tapi tidak berpengaruh sedikitpun pada flash banner! Bagi saya dan para flash game lover hal ini jelas tidak dapat ditolerir, ditambah lagi add-on’s firefox yang belum kompatibel dengan si Nightly dan malah menambah potensi dari hang. Betul-betul mengejutkan, hal ini saya alami sendiri ketika mencoba memainkan game facebook diantaranya yang populer seperti Cityville dan Empire & Allies, kecurigaan akar permasalahan timbul ketika muncul pesan peringatan bahwa add-ons yang terinstall tidak kompatibel dan mungkin akan mempengaruhi kinerja Nightly. Setelah seluruh add-ons dimatikan lalu dihapus, flash game dapat dimainkan tetapi tak lama kemudian crash. Hal ini tidak hanya terjadi pada flash game Facebook saja tapi berlaku untuk seluruh situs penyedia flash based web game seperti Armor Games.

Sejauh ini Nightly nyaman digunakan untuk sekedar browsing dan video streaming tanpa gangguan berarti. Terkesan? Bagi yang penasaran mencoba  Firefox 7 Nightly dapat mengunduh langsung di sini http://nightly.mozilla.org/


SHARE
Previous articleDuke Nukem Forever: Ternyata Kita Belum Melihat Perjuangan Terakhir dari Duke!!!
Next articleCaptain America Vintage Trailer
Fireon, seorang penggemar Tokusatsu dan juga game-game unik dengan konsep out of the box diantaranya Minecraft dan Yume Nikki. Bagi sosok Fireon, unsur terpenting dalam game ialah Game Play dan Story, Graphic tidak termasuk dalam pertimbangannya dalam memainkan sebuah game sehingga sampai saat ini diantara sekian banyak game yang telah dimainkan hanya beberapa saja yang benar-benar diselesaikannya. Selama enam tahun terakhir ini Fireon terjerumus dalam dunia Choir, berbagai kompetisi nasional hingga kompetisi internasional telah dijajalnya dan saat ini mulai kembali fokus pada hobi yang sempat terhenti, Tokusatsu!