Dashboard Baru Xbox 360, NXE 3.0

Ok, memang sih Microsoft tidak menamai Dashboard barunya ini NXE 3.0, tapi karena memang ini adalah kali ketiga Microsoft merilis dashboard baru maka saya kira nama NXE 3.0 cukup pantas. Rencananya dashboard terbaru ini akan dirilis sekitar bulan September – Oktober. Selain akan lebih memaksimalkan fungsi Kinect, NXE 3.0 juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur baru. Berikut adalah beberapa hal yang sudah dikonfirmasi oleh Microsoft lewat E3 2011.

Nantinya gamers bisa mengontrol berbagai fungsi yang ada di dashboard menggunakan suara. Misalnya saja kamu ingin mencari berbagai hal yang berhubungan dengan Gears of War 3, tinggal sebutkan saja Xbox Games Gears of War 3, maka search engine Bing akan langsung mencarikan semua hal yang berhubungan dengan game tersebut. Atau misalnya kamu ingin memainkan game? Tinggal bilang saja Xbox play disc. Intinya navigasi menu akan jadi lebih mudah dengan penambahan voice control ini. Bing juga termasuk salah satu fitur baru yang akan dikenalkan di update ini. Lewat Bing kamu bisa mencari game, music, dan movie (Netflix, Hulu Plus, ESPN, dll) dengan jauh lebih mudah. Bukan hanya itu, update terbaru ini juga akan memperkenalkan beberapa aplikasi baru seperti misalnya you tube, UFC (Ultimate Fighting Championship), dan televisi. Untuk yang terakhir, Microsoft akan bekerjasama dengan provider TV kabel di berbagai negara untuk menyediakan jasanya lewat Xbox Live. Jadi nantinya kamu bisa melihat TV kabel semisal star movies, AXN, Star World, dll lewat Xbox 360 mu.

Update terakhir berupa kemudahan dalam aspek sosial, yaitu fitur beacon dan juga cloud storage. Beacon bisa dibilang mirip dengan fitur tag di Facebook, ini digunakan untuk menginformasikan teman-teman mu mengenai game yang sedang kamu mainkan. Sementara itu Cloud Storage adalah update yang paling keren, intinya ini adalah kemampuan untuk menyimpan berbagai datamu di server Microsoft. Ini artinya kamu tidak perlu lagi membawa-bawa profile maupun save data mu ketika ingin bermain di Xbox lain, tinggal online saja maka kamu bisa mengakses semua datamu. Masih belum jelas sebanyak apa dan data apa saja yang akan disimpankan oleh server Microsoft, tapi yang pasti profile dan save data akan disimpan di server Microsoft. Saya sih berharap game arcade juga bisa disimpan di server Microsoft, tapi hal tersebut kemungkinan akan sedikit susah mengingat banyaknya kapasitas data yang dibutuhkan jika Microsoft menyimpan seluruh game arcade milik semua pengguna Xbox live.

Selain berbagai fitur baru, NXE 3.0 juga akan menampilkan interface baru. Menu baru dari dashboard NXE 3.0 ini akan jauh lebih intuitif, dengan marketplace yang ada di tiap kategorinya (game, movie, music). Kali menu akan dibagi dalam 9 kategori yaitu Bing, Home, Social, Live TV, Video, Games, Music, Apps, and Settings. Pertanyaannya sekarang, apakah update ini nantinya juga akan disertai dengan sistem anti bajakan baru? Semoga saja tidak, mengingat update terakhir saja masih belum bisa diatasi secara menyeluruh.


SHARE
Previous articleFast Five The Movie: Official Game, Racing Dengan Banyak Aksi
Next articlePengisi Waktu Sebelum Diablo III
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.