Interview Eksklusif Dengan Pengembang xKey

Modrobert: “Sambil menunggu dengan cemas produk uniknya dirilis saya mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai pengembang xKey (alias X360 Key) ini”.

Berikut adalah rekap singkatnya bagi anda yang masih awam; produk ini akan memungkinkan anda memainkan semua game Xbox 360 dari USB drive! Memang kelihatannya menyenangkan. Anda dapat menemukan info lebih lanjut mengenai produk ini di situs resmi: x360key.com. Tanpa mengulur-ngulur waktu lagi ayo kita mulai, enjoy!

 

Produk apa yang telah tim xKey kembangkan di masa lalu?
XKey, Wode, Wiikey, Drivekey, d2 pro, xenoGC, Qoob, Crystal Chip, Aladdin XT/XenoFX series mod chips untuk Xbox 1.

Sudah berapa lama xKey dalam pengembangannya sekarang?
Sekitar 6 bulan.

Apakah xKey akan bekerja pada semua tipe Xbox 360? Termasuk Slim
Ya dan saat versi baru nanti keluar pun kami juga akan mampu mengsupportnya.

Bagaimana anda menginstall xKey, mudahkah?
Sangat mudah, hanya tinggal pasang dan main. Jika anda dapat mendump firmware dari drive anda maka anda juga pasti bisa menginstall xKey.


Baik software back-up loader pada PS3 dan Wii keduanya memiliki masalah kompatibilitas dengan beberapa judul game ketika loading dari hard drive karena persyaratan versi firmware atau proteksi, bagaimana xKey menanggapi dalam hal itu?
XKey adalah driver emulator yang bekerja sesuai fungsi aslinya, yaitu console akan dibuat seolah-olah membaca disc asli menggunakan driver asli jadi tidak perlu lagi untuk patching atau hacking. Semuanya ‘hanya bekerja’ seperti biasa.


Kaitannya dengan xKey; apakah sebenarnya kegunaan dari DVD-Drive?
XKey ini menawarkan dua mode, emulation & passthru. Dalam mode emulation drive tidak diperlukan lagi sama sekali, dalam mode passthru drive bekerja seperti biasa.

 

Apakah DVD-Drive Xbox 360 membutuhkan custom firmware yang diflash untuk bekerja pada xKey?
Tidak, malah kebalikannya. Anda hanya perlu dump dari firmware drive asli untuk mengkonfigurasi xKey. Kabar baiknya adalah hanya itu saja yang anda perlukan untuk mengkonfigurasi xKey.

 

Seberapa amankah xKey untuk digunakan di Xbox Live jika dibandingkan dengan firmware iXtreme?
Selagi kita sedang menganalisa secara akurat untuk mengemulasikan drive Xbox 360 dengan teliti, kita tidak menyarankan menggunakan xKey pada XBL pada saat peluncurannya. Tapi tak lama setelah peluncurannya kami akan merilis update untuk menindak lanjuti hal ini. Juga, banyak orang telah diban karena menggunakan CFW saat ngelive dan pada firmware iXtreme terbaru juga masih tetap ada masalah. Misalnya, untuk dapat lolos FW cek pada Xbox 360 Slim banyak data yang harus diswap (C4E menyebutnya ‘rootkit’). Ini membutuhkan waktu dan pemeriksaan yang lebih lama untuk dilakukan daripada pada drive Xbox 360 standar. Parahnya, dibutuhkan CFW cek 5 kali lebih lama (15 detik, bukan 2-3 detik) yang rentan sekali ketahuan oleh Microsoft. Jika Microsoft telah menyadari hal ini maka semua pemilik Xbox 360 Slim yang menggunakan CFW saat ngelive sudah pasti akan diban.

xKey memiliki fitur CPU ARM9 yang kuat yang dapat melakukan pemeriksaan FW *lebih cepat* daripada drive asli. Kami memiliki tenaga kuda & kapasitas penyimpanan untuk menangani apa pun yang akan datang di masa depan.

 

Bagaimana xKey menangani format disk baru XGD3 (misalnya Halo Reach), apakah ada rencana khusus untuk menanganinya?
Kami tidak memiliki masalah dalam mengantisipasi XGD3, ISO game disimpan pada HDD dan tidak dibatasi oleh kapasitas DVD-R DL. XKey mendukung kapasitas HDD sampai 2 TB.


Mengenai game bajakan secara umum, sebagian besar gamer menggunakan abgx360 untuk memverifikasi ISO game bajakan mereka, apakah hal ini masih disarankan untuk digunakan dengan xKey?
Verifikasi ISO oleh abgx360 adalah ISO yang sesuai untuk game bajakan. Tak peduli ISO itu diburn ke disc atau digunakan oleh xKey kita harus tetap menggunakan ISO yang sesuai. Karena alasan inilah gamer harus terus menggunakan abgx360 untuk verifikasi ISO.


Selain update resmi, apakah ada fitur xKey yang akan terbuka bagi gamer untuk dicustomize?
Kita tidak mempunyai rencana apa-apa dalam waktu dekat ini.


Untuk orang-orang yang malas seperti saya, akankah ada kemungkinan untuk dapat memilih game secara wireless dari sofa?
Ya, namun itu baru rencana kami untuk membuat wireless xKey.


Saya benar-benar ingin segera memiliki xKey, kapankah xKey akan dirilis?
Rencana awal akan dilaunch bulan Juli ini dan kita sedang on the way.


Apakah ada hal lain yang ingin anda sampaikan kepada kita mengenai xKey saat ini?
Stay tune terus untuk mendapatkan info yang menarik lagi.Itulah isi dari wawancara eksklusif dengan pengembang xKey, semoga dapat mewakili gamer yang ingin bertanya dan tidak ada pertanyaan yang mengganjal lagi. kelihatannya xKey adalah jawaban bagi gamer yang memang hanya mampu membeli game bajakan. Dengan xKey kita tidak perlu direpotkan lagi dengan flash custom firmware dengan tetek bengeknya dan mungkin di masa yang akan datang main Xbox Live dengan xKey juga mungkin. So siapa bilang kita ga akan bisa main game bajakan lagi dan masa depan Xbox 360 suram? It’s only the matter of time baby. (Steve Rogers)

 


SHARE
Previous articleCrysis Original Menuju Console ?
Next articleRurouni Kenshin Live Action Movie, Daftar Tontonan Wajib 2012!
Steve Rogers adalah pendiri grup Xbox 360 Fanboys Indonesia di Facebook yang sudah malang-melintang di dunia game kira-kira selama lebih dari 15 tahun, bahkan sejak belum bisa berdiri. Spesialisasinya adalah pemberitaan mengenai game-game barat terutama yang berkaitan dengan console Xbox. Cirinya dalam menulis adalah original, sensasional, bebas dan apa adanya, kontroversial hanyalah efek dari karyanya. Sesuai dengan motonya “doing the right thing isn’t doing the right thing”, ia tidak peduli dengan reaksi yang akan muncul terhadap karyanya karena ia menyadari maksud yang ia sampaikan belum tentu bisa diterima oleh orang lain.