Solatorobo – Red the Hunter, Mainkan “Tail Concerto” di DS!

Judul Game : Solatorobo – Red the Hunter
Dev / Pub : CyberConnect 2 / Nintendo
Tanggal Rilis : 1 Juli 2011 (versi Eropa); September 2011 (versi US)
Genre : Action RPG
Platform : DS

 

Seperti yang sudah pernah kamu ketahui, Solatorobo – Red the Hunter mengisahkan petualangan manusia anjing bernama Red Savarin. Bersama adiknya yang juga manusia anjing bernama Chocolat, mereka berdua bertualang untuk mencari harta karun. Red di sini dibekali dengan mecha berbentuk mirip anjing yang diberi nama Dahak. Dengan mengendarai Dahak, Red bisa mengangkat berbagai macam objek untuk menyelesaikan puzzle, dan tentunya untuk bertarung melawan musuh.

Saya sudah memainkannya hingga chapter dua, dan tentu saja sebagai pemilik DS saya merasa senang dengan perilisan game ini. Mengingat sekarang adalah masa-masa sulit bagi DS, yang sudah kekeringan game. Kontrol game mudah dipelajari, dan semuanya dilakukan dengan tombol-tombol utama DS. Tombol B untuk melompat, tombol A untuk mengangkat dan melempar objek (tekan berkali-kali untuk mengangkat objek besar), tombol X untuk masuk ke menu, dan tombol Y untuk membuat Red lompat dari Dahak. Terkadang kamu harus keluar dari Dahak untuk menekan tombol atau mencari item rahasia di lantai (ditandai dengan tempat yang berkilauan).

Game ini berbasis quest, artinya jalan cerita akan bergulir seiring kamu menyelesaikan quest-quest yang ada. Quest memiliki persyaratan Hunter Rank tertentu, dan tentunya tiap quest akan memberikan point untuk menaikkan Hunter Rank. Ada juga quest-quest tertentu yang bisa diulang-ulang, tapi kebanyakan satu quest hanya bisa diselesaikan sekali saja.

Untuk urusan grafis, saya merasa game ini memaksimalkan kemampuan DS. Efek 3D untuk karakter utama dan musuh, dengan sprite karakter dan background 2D mempercantik nuansa dunianya. Kesan anime benar-benar kental di game ini.  Kustomisasi Dahak juga bisa dilakukan di sini, dengan mendapatkan P-Crystal yang bisa ditemui di sepanjang permainan untuk membuka slot baru. Lima jenis part bisa dimasukkan ke dalam slot tersebut, yang terbagi atas Attack, Defence, Hydraulics, Mobility, dan Revive. Bentuk part pun bermacam-macam, jadi kamu harus pintar-pintar mengatur letak dan posisinya.

Tampilan quest di Solatorobo

Bagi kamu yang ingin memainkannya, bisa men-download ROM game ini di sini atau di sini. Bisa juga kamu download di sini atau di sini untuk ROM yang sudah di-patch.

Oh ya bagi kamu para pemilik R4, kamu bisa men-download firmware Wood R4 terbaru (v 1.32) di sini. Firmware terbaru ini kompatibel untuk game-game berikut:

Kung Fu Panda 2
Cars 2 (U)
Murder in Venice (U)
Solatorobo – Red the Hunter (E)
One Piece – Gigant Battle! (G)


SHARE
Previous articleTanda Kehidupan J-RPG
Next articleCrysis Original Menuju Console ?
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.