Google Chrome Merambah Dunia Game

Saya terpengarah ketika membuka Web Store Google untuk mencari extension baru untuk Chrome, setengah tidak percaya saya melihat banner Angry Birds yang nangkring menjuntai dengan santai di halaman web yang sedang saya buka. Karena penasaran saya pun mengklik banner tersebut, dan viola! Ternyata benar dugaan saya, angry birds bisa dimainkan melalui browser chrome hanya dengan mengklik tombol install melalui chrome webstore. Sebelumnya saya tidak begitu memperhatikan menu “Games” dalam daftar kategori applikasi Chrome Web Store, setelah ditelusuri ternyata Chrome menyediakan cukup banyak mini game yang secara gameplay sangat layak untuk dimainkan.

 

 

Setelah meng-install lalu menjalankan application Angry Birds melalui “new tab” secara otomatis browser akan membuka halaman chrome.angrybirds.com, semula saya mengira bahwa game hanya bisa dimainka secara online, karena penasaran saya memutuskan koneksi internet dan membuka kembali aplikasi game, ternyata game dapat dijalankan tanpa perlu koneksi internet dengan syarat sebelumnya loading game telah selesai 100%. Hal ini hanya berlaku pada Angry Birds, Plants VS Zombies harus menggunakan koneksi internet.

Setelah saya mencoba dua game favorit saya yaitu Angry Birds dan Plants VS Zombies melalui Chrome..ternyata oh ternyata game-game tersebut tidak bisa dimainkan secara fullscreen, terlebih lagi kedua game yang saya coba ini sama halnya dengan game versi trial dengan berbagai fitur yang dikunci ditambah layar permainan yang teramat sangat kecil. Kita tengok saja, game Angry Birds terbilang pelit dengan hanya menyertakan satu level saja yaitu “Poached Eggs” dan satu lagi level spesial yang membuat saya penasaran, mungkin level “Chrome Dimension” ini hanya ada di versi Chrome.

Jika kalian punya banyak waktu atau sedang dilanda bosan ketika menunggu donlotan mungkin aplikasi game yang ditawarkan oleh Chrome dapat dijadikan pelampiasan atau hanya sekedar coba-coba sebelum mencari Versi Full-nya. Bagi kalian yang ingin menginstall aplikasi game Chrome upgrade dulu Chrome-mu ke versi 11 agar dapat bermain dengan lancar dan saran saya jangan pernah menekan ctrl+shift+del (Clear Browsing Data) jika tidak ingin data permainanmu hilang dan harus main dari awal lagi.
Bagi saya memainkan kedua game diatas melalui applikasi Chrome tidaklah “Worth It” dan hanya buang-buang waktu sehingga saya pun enggan untuk mencoba game-game lainnya yang telah saya generalisir sebagai versi trial, toh pada dasarnya game-game ini merupakan Flash Web Game yang oleh Chrome dibuatkan situs tersendiri atau hanya sekedar “Bookmark Application”, kenapa saya katakan hanya sekadar bookmark application? Karena sebenarnya yang diinstall ke Chrome bukanlah game-nya tetapi tidak lebih dari Shortcut/Bookmark dari URL situs game tersebut, saya sudah mencobanya pada game lain berjudul “Realm of the Mad God” yang domain URL nya tidak mengandung awalan chrome.xxxxx.com dengan membuka URL  dari game tersebut melalui browser lain dan game tersebut ternyata tetap bisa dimainkan tanpa perlu menginstall applikasi apapun.


SHARE
Previous articleKisah Vandaria kini sudah tersebar luas!!
Next articleCiptakan Deck Jawara dengan Metamor Champion Combo
Fireon, seorang penggemar Tokusatsu dan juga game-game unik dengan konsep out of the box diantaranya Minecraft dan Yume Nikki. Bagi sosok Fireon, unsur terpenting dalam game ialah Game Play dan Story, Graphic tidak termasuk dalam pertimbangannya dalam memainkan sebuah game sehingga sampai saat ini diantara sekian banyak game yang telah dimainkan hanya beberapa saja yang benar-benar diselesaikannya. Selama enam tahun terakhir ini Fireon terjerumus dalam dunia Choir, berbagai kompetisi nasional hingga kompetisi internasional telah dijajalnya dan saat ini mulai kembali fokus pada hobi yang sempat terhenti, Tokusatsu!