Arkham City… Fight Through The Most Extensive City Ever!

Judul Game: Batman: Arkham City
Developer: Rocksteady Studios
Plaform: PS3, Xbox 360, PC, Wii U
Release Date: 18 Oktober, Wii U (2012)

Kalian sudah pasti mengingat game Batman:Arkham Asylum, Nah game tersebut memang mendapatkan kesuksesan yang sangat besar tentunya bagi Rocksteady Studios.Sudah banyak kabar tentang sequelnya yaitu Batman:Arkham City .Untungnya Rocksteady sudah mengungkapkan beberapa fitur baru lagi yang akan gamer nikmati.Cerita dari Arkham City pun adalah event setelah satu tahun dari kejadian Arkham Asylum yang di mana akan berfokus untuk mencari Dr.Hugo Strange dan Joker yang bekerja sama untuk membunuh Batman.

Di Arkham City setting lokasinya sudah pasti akan lebih luas,bagi yang sudah pernah main Arkham Asylum tahu kan bahwa penjara khusus supervillain berbahaya ini cukup luas dan environmentnya cukup detail, nah lokasi Arkham City akan 10X lipat lebih luas lagi(Namanya ajah city) dan juga environmentnnya sudah pasti sangat bervariasi.

Yang lebih menarik,Arkham City akan di bagi kedalam beberapa wilayah dan di kuasai oleh satu supervillain sehingga memiliki karakteristik yang lain.Batman dapat memasuki tiap wilayah dengan bebad karena masing-masing memiliki misi dan chalengge yang berbeda.Karena kali ini setting tempat lebih luas sudah pasti batman akan di lengkapi dengan beberapa moves baru dan combo baru,di sini semua karakter yang di pakai gamer mauoun catwoman atau robin semuanya akan sangat lincah dan lebih memfokuskan ke evade,counter attack,dll.Tentunya fitur-fitur ini di gunakan untuk mempermudah menjelajahi berbagai lokasi yang banyak musuhnya.

Sistem gameplay catwoman di sini akan menggunakan cambuknya dan juga kelenturan dan kelincahannya,tetapi catwoman akan di pakai di beberapa event saja.dan jangan lupa Robin yang akan menjadi DLC ,Gameplay robin masih tetap memakai tongkatnya dan beberapa senjata jarak jauh mirip batarang yang akan di gunakannya.

Dibutuhkan lebih dari 25 jam untuk menyelesaikan cerita utama di Batman: Arkham City.. Side Mission di Batman: Arkham City adalah suatu contoh yang bagus. Side Missionnya akan bisa menghabiskan waktu kita sekitar 15 jam,jadi seusai totalnya Arkham City akan di mainkan dengan complete minimal 40 jam.(Mantaap)

Mengembangkan fitur combat system juga termasuk salah satu fitur yang sangat unik di seri ini.Di game sebelumnya karena memakai Freeflow System bisa hanya memakai 3 tombol saja yaitu stun,attack,dan grapple.nah sekarang developer telah menambahkan lagi beberapa trik baru seperti Batman bisa menggunakan multi-counters untuk menangkis dua musuh secara bersamaan(seri pertamanya ga bisa kayak gini).Fitur lainnya yaitu projectile counter yang memungkinkan kita jika musuh melempar sesuatu barang kita bisa menangkap barang itu dan langsung melemparkannya kembali kepada musuh,tapi sayang peluru tetap tidak bisa di balikkan menggunakan fitur ini(kalo game superman mungkin bisa).Tau Active Reload di Gears Of War? nah jurus seperti itu juga akan ada di sini dan itu akan memungkinkan kita membunuh musuh dengan sekali pukul aja.

Gamer dapat menggunakan gadget Batman dengan lebih dinamis daripada seri sebelumnya,kita bisa menggunakan Batarang dan Bat Claw untuk menyerang musuh,dan adanya Explosive Gel yang di gunakan jika musuh ada di dekatmu semprotlah ke tubuh nya dan tendanglah dia ke teman-temannya maka dalam sekejap semua musuh yang banyak itu akan meledak semua. Ada juga jurus Batman yang bernama Beatdown yang akan membuat Batman menyerang satu musuh dengan serangkaian pukulan yang lebih kuat daripada yang biasanya,gadgeet baru lainnya yaitu Crytographic Sequencer yang memungkinkan kita mendeteksi keberadaan musuh yang di tuju.

Tentunya luasnya tempat akan adanya fitur problem solving,hal ini akan merubah mekanisme dari Detective Mode,yang sekarang akan lebih susah untuk di cari oleh gamer.

Menyelesaikan puzzle di sini bukan hanya mencari item atau jejak yang di tuju yang gampang di cari dengan hanya memakai Detective Mode,Puzzle kali ini lebih susah di cari dan di selesaikan.Contoh dari puzzle yaitu Riddler Challenge yang mendorong kita untuk menemukan beberapa tanda “?” di seluruh kota Arkham,bisa di sebutkan bahwa mendapatkan satu tanda itu tidaklah mudah kita harus mencari dahulu bawahan dari riddler di antara sekelompok penjahat dan menginterogasinya di mana salah satu tanda tersebut,perlu di ingatkan bahwa bawahan riddler tidak bisa hanya bisa di tangkap dengan Melle Takedown biasa.Sistem interrogation batman akan menjadi secara otomatis batman akan segera memaksa target untuk memberi tahu suatu info dengan mencekeknya dan ia pun akan memberi tahu informasinya.

Jadi marilah kita bersabar untuk gamenya yang akan keluar pada 18 oktober tahun ini di PS3,Xbox 360,dan PC,o iya hampir lupa dan juga untuk Wii U yang sayangnya akan rilis tahun depan.Untuk masalah pre-order nya di Gamestop kalian akan mendapatkan chalengge stage yang bernama joker carnival sebuah stage untuk seperti mode survival yang harganya $60 atau RP.540.000.

Simaklah fitur-fitur barunya yang lebih jelas lagi di video demo gameplaynya ini dalam durasi 12 menit dan juga termasuk adegan Catwoman di bagian pertama videonya.Di jelaskan di videonya ini bahwa Catwoman mencuri chip khusus milik Two-Face dan tertangkap,misi Batman pun berawal untuk menyelamatkan Catwoman dari Two-Face dan di bagian akhirnya pun akan muncul The Penguin yang hampir membunuh Catwoman dengan pistol payungnya.Check it out!!!


SHARE
Previous articlePerang Autobots dan Decepticons di Dunia Maya!
Next article“ASEM”…. Ada Gundam Baru!! Kenalan Yuk Dengan Karakter dan Mechanya!
Joshua/Near_J adalah seorang penulis yang tentunya di penuhi dengan kesibukan sehari-harinya,tetapi ia tetap bersemangat untuk menulis di Duniaku. Joshua juga di kenal sebagai kontributor resmi beberapa group game di kalangan Facebook seperti The Game Community,Gamer Inside,Band of Indonesian Gamer,Zigma Omega,dll. Sekarang ia terkenal sebagai informan seputar dunia game di kalangan group game Facebook yang tentunya memfokuskan tentang seluruh game.Ia ahli dalam bidang strategy game dan juga role-playing game. Walaupun sangat menyukai game FPS atau Sport, ia tidak terlalu ahli dalam bidang tersebut.