Ro-Kyu-Bu, Loli Berbalut Basket

Bagi yang belum tahu, Ro-Kyu-Bu sebenernya adalah serial novel ringan yang ditulis oleh Sagu Aoyama. Temanya adalah basket dan lolicon, dan novel tersebut telah dirilis versi manga dan anime-nya (yang baru saja dirilis episode pertamanya pada tanggal 1 Juli lalu).

Game ini berjudul sama dengan karya aslinya, Ro-Kyu-Bu, yang akan dirilis untuk PSP pada tanggal 27 Oktober 2011 mendatang. Mungkin mirip dengan game konversi anime pada umumnya, game ini ber-genre adventure simulation, bahkan pihak pengembang menyebutnya dengan “Lolispo Coaching Adventure”. Lolispo, mungkin singkatan dari Loli Sport, yang memang sesuai dengan tema novelnya. Di sini kamu berperan sebagai seorang pelatih klub basket cewek di suatu sekolah dasar. Ada lima cewek imut-imut (ingat, mereka masih duduk di bangku SD loh) yang bisa diajak berinteraksi (atau mungkin menjadi kekasih?).

Figure Airi untuk bundel edisi terbatas

Kadokawa Games akan merilis game ini dalam tiga versi berbeda, yakni versi standard (seharga 6090 yen), versi terbatas (seharga 8820 yen), dan versi download (seharga 5040 yen). Tentu saja di versi terbatas kamu akan mendapatkan action figure salah satu karakternya, Airi Kashii, dalam balutan kostum maid.

Kesan moe dan loli tampak jelas di anime ini

Sekarang mari kita bahas anime-nya, yang kebetulan termasuk salah satu jajaran anime musim panas tahun ini. Ro-Kyu-Bu, berjudul sama seperti novel ringannya, disutradarai oleh Keizou Kusakawa (sutradara Dog Days, Magical Girl Lyrical Nanoha StrikerS). Diperkirakan anime ini akan mengudara sepanjang 12 episode dengan tiap episode berdurasi lebih kurang 30 menit.

Jalan ceritanya disesuaikan dengan novel aslinya, dengan tokoh utama bernama Subaru Hasegawa, cowok yang baru saja masuk SMA. Dia bergabung dengan tim basket di sekolahnya namun tak lama timnya sudah tidak aktif dikarenakan pelatih timnya dicurigai seorang lolicon.

Secara kebetulan, kakaknya yang bernama Mihoshi Takamura menawarkan kesempatan baginya untuk menjadi pelatih klub basket cewek di sebuah sekolah dasar. Awalnya Subaru hanya ingin melatih mereka selama tiga hari saja (karena masih trauma dengan klub basket di sekolahnya). Tapi ternyata Subaru malah tertarik untuk melatih mereka dengan segenap tenaga, setelah melihat bagaimana performa klub basket tersebut.

Studio yang menggarap animasinya adalah Barnum Studio, Project No.9, dan Studio Blanc. Untuk opening dan ending theme, kamu akan berturut-turut mendengarkan lagu SHOOT! dan Party Love ~Okkiku Naritai~ (Party Love~おっきくなりたい~) dari Ro-Kyu-Bu!

Dari kiri ke kanan, Hinata, Airi, Saki, Maho, dan Tomoka. Favorit saya sih si Hinata, hihi.

Berikut adalah para seiyuu yang mengisi suara karakter Ro-Kyu-Bu.

– Kana Hanazawa sebagai Tomoka Minato
– Rina Hidaka sebagai Airi Kashii
– Shizuka Itou sebagai Mihoshi Takamura
– Yōko Hikasa sebagai Saki Nagatsuka
– Yui Ogura sebagai Hinata Hakamada
– Yuka Iguchi sebagai Maho Misawa
– Yuuki Kaji sebagai Subaru Hasegawa
– Mamiko Noto sebagai Nayu Hasegawa

Tentunya bagi kamu para penggemar anime, pasti mengenali salah satu seiyuu di atas. Ya, siapa lagi kalau bukan Yōko Hikasa yang juga mengisi suara si imut Mio Akiyama di serial K-On! Hehe. Saya telah melihat anime ini, dan waw. Ini kedua kalinya saya melihat anime loli semacam ini (yang pertama adalah Kyou no Go no Ni yang tidak sengaja saya dapatkan dari salah satu teman, tapi tidak menyangka karena memang tertutup nuansa anime-nya yang kocak).

Di Ro-Kyu-Bu ini, kesan loli-moe terlihat sekali. Desain karakter para ceweknya aja imut-imut semua, baik para cewek anggota klub basket, hingga kakak si Subaru, Mihoshi. Unsur fanservice jelas ada untuk anime ini, bisa dilihat dari salah satu adegan yang ada. Di lain sisi, saya tertarik dengan anime ini karena desain karakternya yang imut-imut dan suaranya yang… Ya, Imut! Haha, saya akui saya lemah dengan suara dan cewek imut-imut seperti mereka ini (ups…). Yang pasti bagi kamu penggemar karakter loli, anime ini WAJIB kamu tonton, hehe (melirik Kiiro). (Reyner + Kiiro)

Sumber: Andriasang, Dengeki, ANN


SHARE
Previous articleMad Catz Akan Merilis Game Untuk Xbox 360
Next articleFlying, Gliding, Gunning, Magic, and Tears: Bioshock Infinite Preview
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.