Summer 2011 Anime Preview

Filosofi saya mengenai peran seorang reviewer adalah sebagai penyortir. Idealnya, seseorang menilai sendiri sesuatu dengan mencobanya sendiri, namun tidak semua orang mempunyai waktu dan sumber daya untuk itu. Di sinilah reviewer masuk, menilai berbagai karya yang ada dan memberikan penilaian apakah sesuatu itu layak beli atau layak perhatian. Review yang bagus akan membuat pembacanya mengerti apakah karya tersebut menarik baginya bahkan bila sang reviewer tak menganggapnya bagus.
Namun apa yang saya tulis di sini tidak saya sebut sebagai review, namun preview yang mendasarkan penilaian hanya berdasarkan episode pertama. Meski memiliki tujuan yang sama, preview saya bilang kurang bernilai. Tidak jarang, sesuatu yang menarik di episode pertama menjadi semakin tidak jelas, begitu pun sebaliknya. Ending yang mengecewakan juga merupakan sesuatu yang secara khusus sering pada anime.
Meski begitu, sesuatu yang baru selalu menarik lebih banyak perhatian. Karena itulah saya mengambil tugas untuk menunjuk seri mana dari musim baru anime yang berpotensi untuk diikuti.

Usagi Drop

Daikichi adalah seorang bujang umur 30 tahun (bukan penggangguran). Saat mengikuti pemakaman kakeknya, dia menemukan bahwa pada umur 79 tahun, kakeknya memiliki anak siri bernama Rin yang masih berumur 6 tahun. Ibunya pun kabur meninggalkannya sehingga Rin sendirian. Di tengah keengganan semua anggota keluarganya mengurus Rin, Daikichi memutuskan untuk membesarkan Rin.
Setelah melihat banyak karakter anak kecil yang terlalu dibuat-buat, mudah untuk melupakan betapa imutnya anak kecil yang normal tanpa elemen moe.  Daikichi juga merupakan karakter yang menarik dengan ketegasannya dalam keputusan membesarkan Rin.  Yang luar biasa di sini adalah tempo, di mana Rin secara perlahan-lahan mengambil hati Daikichi. Perilaku Rin juga begitu meyakinkan sebagai seorang anak kecil di tengah situasi tersebut (sebagai catatan, Rin disuarakan oleh anak umur 9 tahun).
Segi teknis pun sangat solid sesuai harapan dari anime yang berada di bawah slot noitaminA dan garapan Production I.G. dengan visual yang dengan warna pastel sederhana tetapi menarik dan musik yang  indah. Ke depannya, harapkanlah cerita realistis yang menarik tentang membesarkan seorang anak kecil
Rating:

 

Ikoku Meiro no Croisée


Mengambil setting di Prancis abad ke-19, anime ini langsung memukau dengan keindahan  kota Paris yang digambarkan dengan begitu detil dan realistis.
Ceritanya sendiri menceritakan Yune, seorang gadis muda dari Jepang yang dibawa oleh Oscar, seorang pedagang, untuk membantu di tokonya. Toko tersebut ditangani oleh cucunya Claude yang masih muda. Episode pertama menunjukkan awal perasahabatan antara Claude dan Yune setelah sebelumnya mengalami masalah perbedaan komunikasi dan budaya. Dengan tidak lupa menunjukkan keindahan Paris karena toko Claude sendiri merupakan toko palang toko yang menjadi seni tersendiri di Paris.
Desain karakter yang menarik (Yune terlihat begitu imut), latar belakang yang digambar dengan indah, musik yang tepat, semuanya membuat atmosfer yang begitu terasa. Anime ini bisa dibandingkan secara keindahan dan atmosfer dengan Aria, yang bukan kebetulan karena Junichi Sato sang sutradara Aria memiliki peran juga di Ikoku Meiro no Croisée sebagai penulis naskah

Rating:


Mawaru Penguindrum

Hal terpenting dari anime ini adalah menandakan kembalinya nama Kunihiko Ikuhara sebagai sutradara. Kunihiko Ikuhara merupakan sutradara dari salah satu anime paling revolusioner di tahun 1990-an, Revolutionary Girl Utena, dan karyanya dijunjung tinggi dengan visual yang unik dan cerita yang penuh dengan simbolisme dan metafor . Karyanya bisa dibilang merupakan inspirasi utama bagi sutradara Akiyuki Shinbo yang mengerjakan Bakemonogatari dan Puella Magi Madoka Magica. Itu berarti anime ini datang dengan penuh ekspektasi.
Dan ekspektasi itu dipenuhi. Mawaru Penguindrum mengambil cerita tentang tiga bersaudara Shou, Kan, dan Himari. Awalnya dimulai dengan kehidupan idealistik antara tiga bersaudara ini, sampai Himari yang memang sudah divonis hidup singkat tiba-tiba mati. Kemudian tiba-tiba dia hidup lagi, setelah ada sesuatu yang misterius mengatakan akan semacam perjanjian. Kemudian ketiga bersaudara ini mendapatkan tiga penguin yang hanya dapat mereka lihat yang mampu mengerti bahasa manusia.
Jika itu terdengar aneh, memang demikianlah Ikuhara. Itulah simbolisme dan metafor yang menjadi trademark-nya. Visualnya pun tak kalah eksperimental, dengan desain interior yang aneh dan transisi adegan yang unik. Mawaru Penguindrum berhasil menjadi anime paling aneh sekaligus menghibur musim ini.
Rating:

1
2
3

SHARE
Previous articleNew Trailer: Dark of The City
Next articleThe Black Eyed Peas: the Experience Article Specifiacation
Sebagai seorang yang tertarik dengan analisis, pria yang dipanggil Ryo ini menyayangkan kurangnya hal demikian di jurnalisme pop culture Indonesia, terutama game, anime, dan komik. Harapannya adalah pengembangan budaya membaca dan menulis kritis secara khusus di Indonesia. Dia sendiri tertarik dengan berbagai macam media, namun obsesi utamanya adalah komik. Misi pribadinya adalah mengangkat karya-karya luar biasa non-mainstream yang sering dilewatkan orang.