Pasukan “Pink Puffball” Menyerbu NDS

Judul Game : Kirby Mass Attack
Dev / Pub : Hal Labs/ Nintendo
Tanggal Rilis : 4 Agustus 2011 (JP), 19 September 2011 (US)
Genre : 2D Action Platformer
Platform : NDS

Siapa yang tidak kenal dengan Kirby? Karakter lucu berbentuk bola berwarna pink yang menjadi penduduk dari Dreamland di planet Pop Star sudah memiliki banyak judul game di berbagai console maupun handheld buatan Nintendo serta muncul di beberapa game buatan Nintendo lainnya seperti Super Smash Bros Brawl. Dalam setiap gamenya Kirby selalu memiliki beberapa kemampuan yang sama seperti berjalan, berlari, melompat, mengapung, mengkopi kemampuan musuh, meluncur, menghisap, melontarkan serta melahap musuh-musuhnya.

Kirby akan beraksi kembali, tetapi saat ini dia tidak sendirian namun dengan sedikit bantuan dari teman-temannya dalam game terbarunya yang berjudul Kirby: Mass Attack yang dirilis untuk handheld NDS. Dalam game terbarunya, pemain dapat menggunakan stylus untuk menggerakkan dan memberi perintah kepada pasukan kirby ini yang berjumlah sampai dengan sepuluh. Kita dapat melakukan berbagai perintah seperti melontarkan mereka ke musuh, melempar mereka secara bersama-sama untuk mencapai platform yang sulit dijangkau, membimbing mereka dalam menyelesaikan setiap quest untuk menemukan berbagai kolektibel item yang tersembunyi yang akan membuka berbagai mini games. Karena dalam Mass Attack sebagian besar permainan berisi elemen strategi dengan berbagai puzzle untuk dipecahkan dan pertualangan seperti dalam game sebelumnya.

Satu elemen penting lainnya dalam game ini adalah kita harus menjaga agar pasukan Kirby ini dapat bertahan hidup selama permainan. Setiap Kirby memiliki HP sendiri-sendiri tetapi tidak terlihat dalam layar. Ketika satu dari pasukan Kirby berubah warna menjadi biru maka menandakan bahwa mereka terancam akan segera mati. Saat mereka mati, maka akan berubah menjadi malaikat Kirby kecil yang akan melayang ke atas. Untuk itu kita harus cepat untuk menyentuh malaikat Kirby yang melayang ini dengan Kirby lainnya sebelum menghilang karena jika menghilang, maka kita harus menunggu beberapa saat sampai kita mempunyai point yang cukup untuk menciptakan Kirby baru kembali.

Setting game ini tetap memiliki dunia yang cerah dan penuh warna seperti beberapa game sebelumnya. Dengan dirilisnya seri terbaru dari serial Kirby ini, yang mengalami beberapa peningkatan aspek dan gameplay diharapkan serial ini dapat tetap bertahan dan semakin baik untuk kedepannya. (Steven Widjaja)


SHARE
Previous articleThe Black Eyed Peas: the Experience Article Specifiacation
Next article“Phantom Kingdom” Menuju PSP
Saya menyukai game sejak dari kecil dan konsol pertama yang saya miliki adalah Atari. Hampir semua jenis genre game saya sukai namun saya paling menyukai genre RPG. Selain hobi bermain game saya juga suka menonton film, anime, tv series dan membaca buku. Saya sudah mengenal media game sejak adanya majalah Game Master, 3D, Ultima, Ultima Nation Next Generation, Optima, sampai saat ini Zigma. Dari media-media inilah saya mendapatkan inspirasi untuk mencoba belajar mengembangkan kemampuan/hobi saya di dalam menulis walaupun masih banyak belajar dan saat ini sudah tersedia suatu wadah dimana saya dapat mengembangkannya melalui duniaku.net. Melalui wadah tersebut diharapkan saya dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan di bidang game dan bidang hobi lainnya.