Remake “Growlanser IV” Masuk PSP

Judul Game : Growlanser IV: Over Reloaded
Dev / Pub : Career Soft/Atlus Co
Tanggal Rilis : 18 Agustus 2011 (JP)
Genre : Strategy RPG
Platform : PSP

Apabila kita ingat, sekitar tahun 2003 Atlus merilis seri keempat dari Growlanser untuk Playstation 2 dengan judul Growlanser IV: Wayfarer of Time. Dalam game ini diceritakan mengenai empat negara yang terlibat dalam sebuah perang besar dimana semua orang melupakan bahwa mereka sedang berada di ambang kehancuran yang disebabkan oleh para Angels sejak dua ribu tahun yang lalu. Para Angels sekali lagi turun ke dunia untuk menghukum umat manusia. Di tengah masalah ini, seorang pemuda bernama Crevaniel yang berprofesi sebagai mercenary menjadi saksi mata melihat Dark Hearted Seraphim terbang melewati langit yang merupakan tanda bahwa para Angels akan datang kembali untuk menghancurkan manusia. Dari sinilah cerita dimulai dimana Crevaniel menetapkan hati untuk bertempur melawan para Angels demi kedamaian kembali umat manusia.

Setelah delapan tahun dari versi aslinya, Atlus mengkonfirmasikan untuk meremake seri ini di PSP dengan judul Growlanser IV: Over Reloaded. Pada versi remake ini terdapat beberapa kelebihan dibanding versi aslinya seperti memiliki beberapa karakter baru bernama Tricia dan D-MD, jalur cerita yang baru, cut-scenes baru serta total ending yang mencapai lebih dari empat puluh. Jika jumlah ending ini dirasakan terlalu banyak untuk diselesaikan, kita tidak perlu khawatir karena game ini tetap menjaga jalur dari ending yang sudah kita temukan.

Satu hal yang menarik dari versi PSP ini adalah kita dapat menyelamatkan karakter yang seharusnya maninggal dalam versi asli Growlanser IV. Pihak Atlus sendiri tidak menyatakan karakter mana yang dapat diselamatkan maupun dihindari dari kematian. Dengan diremakenya seri ini di PSP saya berharap agar Atlus dapat mentranslasikan game ini untuk pasar US, tidak seperti versi originalnya yang hanya untuk wilayah Jepang saja. (Steven Widjaja)


SHARE
Previous articleKebangkitan Milik The Dark Knight!
Next article“Tales of the Abyss” Dalam Dunia 3D
Saya menyukai game sejak dari kecil dan konsol pertama yang saya miliki adalah Atari. Hampir semua jenis genre game saya sukai namun saya paling menyukai genre RPG. Selain hobi bermain game saya juga suka menonton film, anime, tv series dan membaca buku. Saya sudah mengenal media game sejak adanya majalah Game Master, 3D, Ultima, Ultima Nation Next Generation, Optima, sampai saat ini Zigma. Dari media-media inilah saya mendapatkan inspirasi untuk mencoba belajar mengembangkan kemampuan/hobi saya di dalam menulis walaupun masih banyak belajar dan saat ini sudah tersedia suatu wadah dimana saya dapat mengembangkannya melalui duniaku.net. Melalui wadah tersebut diharapkan saya dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan di bidang game dan bidang hobi lainnya.