Dunia Animanga (Minggu 5 Juli 2011 – Mythhunters)

Anime dan manga merupakan sesuatu yang paradoksal. Sesuatu yang bisa dikatakan sebuah industri niche di lapangan media dunia, namun juga sangat populer di kalangan remaja. Apapun kebenarannya, jika anda seorang penggemar game, terutama game Jepang, hampir bisa dipastikan anda tertarik dengan anime dan manga, meskipun bisa dalam berbagai level.
Yang membawa kita ke kolom mingguan ini, di mana saya membahas berita yang terjadi di dunia anime dan manga yang masih dapat menarik di dalam konteks luar Jepang. Itu berarti mayoritas berupa pengumuman dan promo anime yang akan datang, dan yang berhubungan dengan properti yang sudah terkenal di luar Jepang. Saya juga akan membahas rilis manga minggu tersebut, dan beberapa pilihan pribadi saya.

BERITA

ADAPTASI BARU

Cenderung sulit untuk bergairah terhadap berita adaptasi baru, terutama karena mayoritas properti yang diadaptasi tersebut belum begitu dikenal di luar Jepang. Lebih sering daripada tidak, justru sebuah properti baru dikenal setelah adaptasi animenya tayang.
Tapi minggu ini, ada sebuah adaptasi baru dari properti yang sudah cukup terkenal.

Saya bicara soal Hunter X Hunter. Merupakan manga buatan Yoshihiro Togashi yang juga membuat Yu Yu Hakusho, Hunter X Hunter lebih terkenal akibat sikap Togashi yang labil. Sebagai akibatnya, Hunter X Hunter masih belum selesai dari 1998 sampai sekarang. Sempat populer lewat adaptasi anime pertamanya di awal tahun 2000-an, tempo manganya yang lambat membuat kedua arc berikutnya diadaptasi dalam bentuk OVA. Kali ini, adaptasi kembali dalam serial TV yang akan dimulai musim gugur tahun ini, yang berarti 2 bulan lagi.

Kembali ke properti yang belum begitu diketahui, sebuah manga berjudul Inu X Boku SS, sebuah romance comedy yang bercerita tentang apartemen di mana semua penghuninya memiliki darah Youkai (istilah untuk makhluk halus Jepang) dikonfirmasikan akan menjadi anime. Pembaca yang penasaran dapat mencari scanlation-nya, yang telah beredar sampai chapter ke-8.

Satu lagi properti cukup terkenal yang tidak begitu dikenal di luar Jepang, Muv-Luv Alternative: Total Eclipse sendiri adalah sebuah seri novel yang merupakan spin-off dari sebuah visual novel spin-off yang menambahkan elemen science fiction terhadap sebuah visual novel.  Entah kenapa, bukan spin-off utamanya dulu yaitu Muv-Luv Unlimited dan Alternative yang dijadikan anime. Bagi pembaca yang penasaran, adaptasi manga Muv-Luv Unlimited telah di-scanlate secara penuh, sedangkan Muv-Luv Alternative yang berupa visual novel yang dikatakan lebih bagus fan-translation-nya masih dalam tahap beta.

Akan ada satu lagi anime slice-of-life tentang sekumpulan cewek imut, Baby, Please Kill Me!, di mana fitur uniknya adalah merupakan mereka juga adalah  sekumpulan assassin.  Manga ini diserialisasikan di Manga Time Kirara Carat, yang juga menserialisasikan K-ON!, GA, Hidamari Sktech, dan A Channel. Isinya sesuai dugaan, tidak begitu berbeda juga dengan keempat manga yang telah diadaptasi menjadi anime tersebut. Pembaca penasaran mungkin dapat mencobanya sendiri karena 13 chapter telah beredar di scanlation.

Anime orisinil non-adaptasi merupakan sesuatu yang jarang. Namun tak jarang anime seperti itu diadaptasi menjadi manga. Kali ini, Tiger & Bunny, anime orisinil dari Sunrise yang tayang sejak musim semi tahun ini, akan mendapat sebuah serial manga di majalah manga Miracle Jump pada Oktober tahun ini. Mangakanya adalah Hiroshi Ueda, yang sebelumnya telah membuat versi manga dari Full Metal Panic! Sigma.

Jika anda perhatikan, penerbit manga di Indonesia merilis banyak sekali manga shoujo. Karya mangaka-mangaka shoujo populer seperti Nari Kusakawa dan Tamura Yumi hampir semuanya telah diterbitkan di Indonesia. Tapi ada beberapa mangaka shoujo populer yang tidak demikian. Salah satunya adalah Mayu Shinjo, dengan alasan karya-karyanya sangat sensual. Itulah kenapa kemungkinan besar anda tidak mengenal Ai Ore! karya Mayu Shinjo terbaru ini mengenai seorang cewek maskulin dan seorang cowok feminim ini yang cukup populer untuk diadaptasi menjadi film live-action akhir tahun ini. Pembaca yang penasaran bakal kecewa karena scanlation manga tersebut hanya sampai chapter 7 dan tidak berlanjut.

Namun jika adaptasi satu anime dari game RPG yang superpopuler, tentu akan mendapatkan banyak sekali perhatian. Jadi promo baru Persona 4 The Animation telah keluar, dan anda bisa membacanya dengan lebih detail di artikel yang telah dibuat penulis lain di sini.

Ke berita yang berhubungan dengan BL (Boys Love), penggemar Sekai Ichi Hatsukoi, anime BL yang tayang musim semi lalu dapat bersenang karena mendapatkan sekuel. Tidak hanya itu, manga BL dari pengarang yang sama, Shungiku Nakamura, Hybrid Child juga mendapat anime.

DARI COMIC-CON: JMANGA

Apakah anda tahu bahwa situs pembaca manga seperti Manga Fox dan Manga Reader sebetulnya illegal dan jika penerbit Jepang memiliki sumber daya yang berlebih, mereka tidak akan segan-segan menghancurkannya?
Jika jawaban anda tidak, saya pribadi merasa kasihan sekaligus iri atas kenaifan anda.
Tapi penerbit Jepang tidak diam saja menghadapi hal tersebut. Mereka menyadari bahwa opsi terbaik adalah memberikan platform legal bagi penggemar manga untuk membaca manga. Yang membawa kita ke JManga, situs manga legal dari hasil kerja sama 39 penerbit Jepang yang diumumkan secara resmi di San Diego Comic-Con kemarin. Situs ini dikatakan sebagai “sebuah situs portal manga di mana yang bisa dinikmati pembaca seluas mungkin, dengan tujuan menyalurkan manga menarik ke sebanyak mungkin orang”, dan “tempat di mana pengunjung bisa menikmati banyak variasi judul.” JManga sendiri sekarang masih dalam tahap beta testing. Namun jika anda fan yang memiliki rasa tanggung jawab sedikit saja, awasi dan dukung situs ini.

HIROMU ARAKAWA TETAP POPULER

Fullmetal Alchemist merupakan salah satu, jika tidak merupakan, properti anime/manga paling populer dekade lalu. Jadi jika pembuatnya membuat manga baru, tentu akan mendapat banyak perhatian. Karya terbarunya, Gin no Saji, tidak ada kesamaan sedikit pun dengan Fullmetal Alchemist, dengan menceritakan kehidupan sehari-hari bocah kota di alam peternakan. Meski begitu, Gin no Saji berhasil meraih hati pembacanya dengan penjualan 90 ribu eksemplar dalam minggu pertamanya, menjadikannya ranking 4 dalam manga bestseller minggu tersebut. Pembaca penasaran dapat bersenang karena seperti yang diharapkan dari sebuah manga shonen dari seorang pengarang populer, scanlation chapter terbaru muncul dalam hitungan hari.

MYTHICAL DETECTIVE LOKI RAGNAROK MENDAPAT SEKUEL

Di tahun 2011 ini, saya pikir hampir tidak akan ada yang ingat Mythical Detective Loki, seri supernatural misteri yang sempat sedikit populer di awal tahun 2000-an berkat adaptasi animenya. Manganya sendiri sempat diterbitkan resmi oleh M&C, namun seperti kebanyakan seri M&C lainnya, harapan menemukannya sekarang hanya lewat penjual komik bekas. Kembali ke berita, seri ini akan mendapat manga sekuel dengan judul  Matantei Loki Ragnarok ~Shin Sekai no Kamigami~ yang akan dimulai pada 25 Agustus mendatang. Mungkin akan mulai diterbitkan resmi di Indonesia 1-2 tahun setelah itu, jika beruntung.

1
2

SHARE
Previous article10 Figur Kontroversial dalam Sejarah Indonesia Modern
Next articleMari Hormati Para Icon-Icon Game Di DLC Baru Duke Nukem Forever!!!
Sebagai seorang yang tertarik dengan analisis, pria yang dipanggil Ryo ini menyayangkan kurangnya hal demikian di jurnalisme pop culture Indonesia, terutama game, anime, dan komik. Harapannya adalah pengembangan budaya membaca dan menulis kritis secara khusus di Indonesia. Dia sendiri tertarik dengan berbagai macam media, namun obsesi utamanya adalah komik. Misi pribadinya adalah mengangkat karya-karya luar biasa non-mainstream yang sering dilewatkan orang.