Custom ROM Pertama CSL MIA Segera Hadir…

Salah satu yang membuat saya menyukai Nexian NX-A890, atau lebih dikenal sebagai Journey, Juned, Joni atau apa lah sebutan para penggemar “robot ijo” untuk Android pertama Nexian tersebut adalah dukungan banyak custom ROM. Dan salah satu yang paling serius mengembangkan custom ROM untuk Journey adalah “tj_style,” salah seorang developer ROM Droid yang sudah malang melintang di forum Droid, baik di dalam dan luar negeri, seperti Kaskus serta xda-developers. Karya beliau seperti ROM untuk Samsung Galaxy Mini GT-S5570, Huawei IDEOS C8150 (AHATouch), CSL Blueberry Handroid Pad Mi-700 bahkan juga gadget Windows Phone Samsung C6625 Valencia, dan tentu saja juga untuk Journey. Kini tidak lama lagi kita bakal mendapatkan custom ROM lain hasil racikan tj_style, melalui Droid yang akhir-akhir ini banyak diburu berkat value-for-money/performance yang sangat tinggi, yaitu CSL Mi-410, alias CSL MIA.

CSL MIA akan segera menyusul Journey, yang dikenal karena memiliki banyak ROM alternatif.

Setelah Droid dari CSL tersebut mulai dijual di Indonesia awal Mei lalu, serta di beberapa wilayah negara tetangga sejak Februari 2011 lalu, akhirnya custom ROM-nya bakal segera hadir. Kenapa custom ROM? Well, bukanya saya tidak mengancurkan kamu memakai barang original, apalagi custom ROM jelas menyalahi standar syarat-dan-ketentuan sebuah garansi. Mengganti ROM atau OS sebuah Droid dengan versi lain yang bukan ofisial dikeluarkan oleh produsennya adalah tindakan ilegal. Namun karena kendala ROM ofisial, baik Froyo dan Gingerbread yang sudah eksis saat ini yang belum maksimal, seperti banyaknya bug, alhasil ketika source code Kernel (komponen utama suatu operating system, yang menjembatani antara aplikasi dan proses data) sudah keluar, bisa diharapkan ROM racikan yang memang menggunakan Kernel Gingerbread sangat diharapkan kehadiran untuk mengatasi kekurangan. Dan rupanya tj_style sudah hampir selesai membuat custom ROM pertama untuk MIA, dengan basis Kernel Gingerbread. Berikut ini statement-nya, mengutip melalui post beliau di Kaskus:

Lock screen standar Droid, home screen dan launcher utamanya.

“Untuk ROM yang akan direlease ini ane hanya mengoptimize system dan kernelnya berdasarkan dari Official ROM terbaru dari FIH.”

Berikut infonya:

  • Android 2.3.4 Gingerbread
  • Based of Official Build V3242
  • Overclocked Up to 1.4Ghz
  • Pre Rooted
  • Busybox Installed
  • Still Odexed
  • Init.d Support
  • Bash Shell Installed
  • UI using Sharp Release
  • Keyboard using Huawei Release
    Prosesor di-overclock, desain ikon dan widget pun berbeda dari deafult ROM-nya.

    Seperti yang dijelaskan melalui post-nya, custom ROM pertama ini langsung dalam kondisi ROOT, di-overclock hingga 1.4Ghz, serta interface-nya pun berbeda dibandingkan ROM ofisialnya. Well, kita tinggal menunggu beliau merilis custom ROM pertama tersebut, dan merasakan bagaimana kinerjanya selama digunakan di MIA, dan apakah menyingkirkan beberapa masalah yang masih menghantui ROM ofisialnya.

    Makin mudah memodifikasi home screen-nya...

    Dan jangan kuatir, walau mengganti ROM dengan software non-resmi, kamu masih bisa kok mengembalikannya ke ROM ofisial, seandainya akan berurusan dengan service center misalnya.  Demikian MIA-mu masih dalam kondisi tercover garansi, walau sudah coba digonta-ganti ROM, atau bahkan di-ROOT. Dan sekali lagi, meskipun ilegal, Droid tanpa kondisi ROOT memang kurang maksimal kemampuannya.

    Note: All picture credit to tj_style!


  • SHARE
    Previous articleIndonesia Bermain Roadplay Berakhir, Kompetisi Dimulai
    Next articleLeaked Roster Street Fighter X Tekken
    Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.