Highlight Review DuniakuDV: Electronic Entertainment Expo 2011

Tanggal 7-9 Juni lalu, Los Angeles Convention Center kembali menjadi saksi perhelatan terbesar di dunia video game, yaitu Electronic Entertainment Expo (E3) 2011. Event tahun ini menandai kelima belas kalinya E3 diadakan. Dan seperti biasa, berbagai info menarik seputar dunia video game meluncur begitu derasnya selama E3 2011.

Jika E3 tahun 2010 lalu bisa dibilang sedikit sepi akan pengumuman baru yang mengejutkan, kecuali tentunya adalah langkah Microsoft dalam meniru Oprah, yang gemar memberikan barang gratisan… (Free Xbox 360 Slim for all man!), maka E3 2011 ini tidak hanya dipenuhi oleh berbagai kejutan pengumuman game baru. Namun kamu juga menemukan pengumuman mengenai konsol dan handheld terbaru. Bertanggung jawab untuk konsol terbaru adalah Nintendo dengan Wii U, sebuah konsol unik dengan controller yang jauh lebih unik lagi. Sementara itu Sony bertanggung jawab atas handheld terbaru, PlayStation Vita. Lalu bagaimana dengan Microsoft, apa sumbang sih yang mereka berikan untuk E3 2011 ini? Walaupun memang tidak memperkenalkan konsol maupun handheld baru (bahkan juga tidak memperkenalkan aksesoris baru), tapi Microsoft memberi informasi mengenai game yang sudah dinanti jutaan gamer di seluruh dunia. Gamenya jelas adalah Halo 4, yang merupakan judul pertama dari trilogi ke dua seri Halo. Juga tidak ketinggalan adalah remake untuk Halo.

Di luar pengumuman tiga ”pentolan” besar dunia game (Sony, Microsoft dan Nintendo), developer lain tentunya juga tidak mau kalah dalam hal unjuk gigi. 2K Games misalnya menunjukkan trailer terbaru dari Bioshock Infinite dan juga beberapa detail mengenai hubungan antara Elizabeth dan Songbird (yang melibatkan Stockholm Syndrome dan berbagai misteri lainnya). Bioware mendemokan kustomisasi untuk senjata, berbagai fitur gameplay baru, dan juga kemampuan untuk menggunakan Kinect di Mass Effect 3. Square Enix hadir dengan demo terbaru Final Fantasy XIII-2 yang sekarang tidak lagi linear. Metal Gear Solid Snake Etaer 3D dari Konami, Sould Calibur V dari Namco Bandai dan banyak lainnya. Info mengenai berbagai game ini bisa dilihat di bagian highlight view.

E3 2011 ini memang bisa dibilang sukses besar. Walaupun jumlah pesertanya berkurang sekitar 100, tapi jumlah pengunjungnya meningkat  menjadi 46,800, naik sekitar 1000 dari E3 2010. Ini juga adalah jumlah pengunjung terbanyak sejak tahun 2006. E3 tahun depan juga kembali akan diadakan di Los Angeles Convention Centre, dan sudah dijadwalkan bakal berlangsung dari tanggal 5-7 Juni 2012 mendatang.

Lanjut ke halaman berikutnya ya….

1
2
3
4

SHARE
Previous articleLeaked Roster Street Fighter X Tekken
Next articleDunia Maple Story Dalam Facebook!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.