Awas “Keracunan”… Dua BlackBerry OS7 Siap Rilis September 2011!

Seperti yang pernah saya beritakan sebelumnya, RIM menyiapkan 7 tipe BlackBerry baru. Atau lebih tepatnya, hanya empat saja, sedangkan tiga tipe lainnya hanya menjadi versi global, alias bisa dioperasikan baik di jaringan GSM dan CDMA. Dan melalui event tunggal mereka awal Agustus 2011 lalu di Kanada, RIM menunjukkan seperti apa wujud fisik tiga tipe yang akan segera mereka rilis. Sedangkan satu tipe sisanya, yang diplot menjadi mass-market alias bakal menjadi yang paling laris (seri Curve 9360 Apollo) , justru masih disimpan rapat. Kemudian satu tipe yang menjadi brand ambassador sistem operasi baru BlackBerry 7 (atau biasa disebut OS7), yaitu Bold 99xx (dengan anggotanya Bold 9900 dan 9930), menjadi tipe pertama yang akan disodorkan ke pasar. Tipe BlackBerry dengan OS7 pertama tersebut akan mulai masuk etalase pada 16 Agustus 2011 nanti, melalui operator Vodafone UK. Sedangkan secara global, menurut rencana mendarat di US, Eropa dan Kadana selama September.

Penerus Onyx ini makin tipis dan berkelas....

Harganya? Untuk Vodafone yang hanya melayani kontrak saja (biasanya selama 3 tahun), diperlukan biaya langganan £41 per bulan, atau dengan DP £399 serta langganan termurah £20.50 per bulan. Kalau dihitung-hitung nih, sekitar Rp. 6 jutaan. Kemudian saya coba intip penawaran operator lainnya, seperti Virgin Mobile yang lebih dekat dengan mabesnya RIM, mereka mematok harga $599 baik untuk Bold 9900 serta Torch 9810, dan itu juga sekitar Rp. 6 jutaan. Kalau yang paling dekat dengan Indonesia, ada MaheshTelecom di India, yang juga memasang harga Rs. 31,290, atau jika dikonversikan, kembali didapatkan Rp. 6 jutaan. Hmm, sudah punya pandangan nih, berapa dana harus disediakan untup meng-upgrade BlackBerry-mu dengan tipe baru yang sudah menggunakan OS7? Kapan bakal muncul? Jika di wilayah lain diperkirakan hadir pertengahan Agustus 2011 ini, dan dengan posisi Indonesia yang berada dekat dengan Malaysia, dimana pabrik BlackBerry terbaru berada, bisa dipastikan kita di Indonesia juga akan mendapatkan BlackBerry dengan OS7 secepat wilayah lain, atau paling tidak selama September 2011 nanti.

Torch 9810 kini bebas masalah "lambat" yang dialami pada 9800...

Untuk pertama kali, mungkin kita akan menemukan Bold dan Torch saja, yang harganya sudah banyak berhembus di dunia maya. Pilihannya adalah BlackBerry Bold 9900 dan 9930 (keduanya sama, hanya beda pada pilihan jaringan GSM/CDMA, dengan kode nama Dakota/Montana), yang menjadi penerus Onyx serta diklaim oleh RIM sebagai BlackBerry tertipis.  Kemudian BlackBerry Torch 9810 adalah penerus tipe BlackBerry dengan desain kombinasi papan QWERTY sliding serta touchscreen Torch 9800. Keduanya hampir sama, hanya beberapa ubahan fisik di bagian luar menjadi pembeda. Namun isinya jangan diragukan, Torch 9810 akan membuatmu merevisi sedikit impresi buruk ketika menggunakan OS6 pada Torch 9800 yang terkesan agak memaksa. Tunggu saja ulasan saja akan perbedaan diantara keduanya nanti di artikel lainnya.

Inilah Monaco/Monza, full touch... layak menantang Droid / iOS, apalagi OS7 sudah mendukung Open GL, kualitas multimedia-nya pasti lebih ok!

Yup, hanya dua tipe itu saja (atau ada tiga seri, 9900, 9930 dan 9810) yang diperkirakan akan segera hadir dalam waktu dekat ini. Sedangkan BlackBerry Torch 9850 dan Torch 9860 (sekali lagi, hanya beda di jaringan GSM / CDMA saja), duo BlackBerry fokus pada kendali sentuhan, dan sebelumnya juga dikenal dengan kode nama Monaco dan Monza, masih belum dipastikan kapan bakal dirilis. Lebih terasing lagi adalah Curve 9360, atau yang berkode-nama Apollo. Sebelumnya juga sempat muncul kode nama Sedona, yang sepertinya menjadi versi CDMA dari Apollo. Sayang hingga saat ini belum mendapat keterangan pasti, serta kemunculan gambar dan detail spesifikasi Apollo itu pun juga tidak resmi.

Semoga saja RIM segera mengkonfirmasikannya, karena bagaimana pun, pasti jauh lebih banyak mereka yang menunggu seri BlackBerry termurah tersebut (jika menurut rumus, pasti separuh dari Bold/Torch, atau sekitar 2.5-3 jutaan). Apalagi Apollo juga sudah mendukung OS7, yang oleh RIM menjanjikan pengoperasian lebih cepat, antar muka yang lebih user friendly, serta browsing yang lebih cepat. Penasaran dengan OS7? Tetap pantau Duniaku untuk detail OS7 dan spesifikasi setiap tipe BlackBerry terbaru tersebut.


SHARE
Previous articleIkuti Peperangan Antar 100 Iblis Di Nura: Rise of the Yokai Clan – Great War of a Hundred Gathering Demons
Next articleTour Asia Pertama Ebisu Muscats!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.