Mengontrol Gadget Android via Internet!

Bahkan bisa digunakan untuk melacak lokasi gadget yang hilang!

Ingin SMS, tetapi gadget tertinggal dirumah. Ingin melakukan copy file dari PC ke gadget atau sebaliknya, tidak membawa kabel data. Pernah mengalami masalah seperti itu? Beruntung Android memiliki sebuah aplikasi yang sangat menarik yang disebut dengan WebKey. WebKey ini merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengontrol gadget kamu dari jarak jauh menggunakan koneksi internet! Ya, bahkan saat gadget kamu tertinggal dirumah pun, kamu bisa memanfaatkan koneksi internet untuk mengontrolnya dan menjadikannya gadget sekunder kamu!

Aplikasi ini memiliki dua inti, yang pertama adalah aplikasi yang di-install di gadget (bernama WebKey, yang bisa kamu download di Android Market), dan yang kedua adalah sebuah web dimana nantinya kamu bisa mengontrol Android kamu. Oiya, komunikasi antara web dengan gadget kamu hanya bisa terjadi apabila kamu menyalakan servis WebKey di gadget kamu, dan juga membutuhkan koneksi internet (baik di web yang ada di desktop, maupun yang ada di gadget). Tanpa panjang lebar lagi, yuk kita simak bersama caranya!

  • Syarat utama untuk menjalankan aplikasi ini adalah gadget kamu harus sudah berada dalam keadaan Root untuk.
  • Download aplikasi Webkey dari Market. Tunggu hingga instalasi selesai.
  • Buka aplikasi Webkey. Pilih Start Service.

  • Centang pilihan “Keep Alive Connection to androidwebkey.com”. Jika kamu menghilangkan centang opsi ini, maka kamu tidak bisa melakukan koneksi dari web ke gadget Android kamu.

  • Pilih Nickname at Server, dan isi dengan sembarang nama. Nickname ini fungsinya sebagai “nama” device kamu saat dideteksi di web Androidwebkey.com.

  • Masukkan nickname yang sudah kamu buat di gadget kamu tadi, dan klik Connect.
  • Setelah itu, pilih Registration & Create New User. Buat user baru yang akan kamu gunakan untuk koneksi dengan gadget kamu.

  • Buka webkey di gadget kamu kembali, pilih User’s Setting, dan pilih Create New User. Isikan user dan password yang sama dengan saat kamu melakukan registrasi di web (langkah sebelumnya).

  • Lalu buka browser di PC atau laptop, arahkan ke http://www.androidwebkey.com. Masukkan Nickname dan connect.
  • Pilih login dengan user yang sudah kamu buat.

  • Selamat, sekarang kamu sudah mendapatkan kontrol penuh terhadap gadget kamu lewat web! Dengan menggunakan cara ini, bahkan kamu bisa mengirim SMS meskipun gadget kamu sedang tertinggal dirumah, saling upload dan download file dari gadget kamu atau bahkan melacak posisi gadget kamu lewat web!


SHARE
Previous articleBatwing, Kendaraan Baru Batman Jelajahi Angkasa!
Next articleKejadian Yang Menimpa London+Kisah Tragis Bocah Malaysia!!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.