Facebook Messenger… Solusi Eksis nan Praktis, Dengan Biaya Satu Unit Smartphone!

Messenger for Mobile... benarkah bisa lebih cepat?

Facebook melakukannya kembali. Setelah beberapa bulan lalu mereka ancang-acang dengan memberi undangan para usernya untuk migrasi ke fitur messaging yang baru, yang akhirnya diketahui mengintegrasikan dengan fungsi Facebook Chat, kini mereka melengkapinya bagi para pengguna mobile. Mungkin kamu termasuk salah satu yang suka berkomunikasi dengan teman/relasi/keluarga menggunakan fasilitas Facebook, entah itu melalui fitur chat, dan akhirnya kini makin terlihat advance berkat diintegrasikan dengan fungsi Message.

Berkat langkah baru tersebut, mereka yang memanfaatkan PC memperoleh kemudahan untuk mendapatkan semua history percakapan melalui Facebook Chat di dalam Message. Plus juga dengan fungsi lebih, mengirim pesan chat kepada user yang offline juga langsung masuk ke kolom Inbox di Message. Sebelumnya jika rekan chat kita (tiba-tiba) offline – dan itu biasa terjadi jika dia menggunakan koneksi mobile data melalui software chat pihak ketiga, kita akan mendapat opsi apakah pesan tersebut bisa dikirimkan sebagai Message/Pesan saja.

Interface daftar chat/message yang sederhana. Sentuh ikon pensil di kanan atas untuk menulis chat/pesan baru.

Dan kejadian tiba-tiba offline sehingga memaksa pesan chat terkonversi menjadi Message rupanya sangat sering terjadi. Apalagi melihat rupanya juga cukup banyak pengguna mobile yang memanfaatkan layanan software Facebook Chat pihak ketiga – seperti eBuddy, IM+, Palringo, bahkan Yahoo! Messenger pun memberi opsi chat dengan teman Facebook pada software mobile mereka. Namun sayangnya, software chat tersebut rupanya sangat alergi dengan koneksi mobile data yang agak lambretta, sehingga sering saya mendapati kendala “terputus dari server” ketika menggunakan software Facebook Chat mobile.

Berangkat dari kenyataan tersebut, Facebook memberi solusi yang lebih mudah bagi mereka yang masih ingin terhubung dengan ribuan Friends/Teman meskipun dalam kondisi mobile. Saling bertukar informasi dengan beberapa account melalui group chat pun dimungkinkan. Bahkan dengan mudahnya kita juga bisa berbagi lokasi atau gambar dengan satu langkah praktis aplikasi mobile Facebook Messenger.

Dibandingkan software Facebook Chat mobile lainnya, yang satu ini lebih cepat mencari daftar nama teman...!!

Ketika saya masuk ke halamannya di sini, statusnya masih Coming Soon/Segera Hadir. Namun aplikasi berukuran sekitar 2 MB untuk Android, dan 6 MB untuk iPhone ini sebenarnya sudah hadir di beberapa wilayah lain, seperti Eropa dan Amerika. Namun untuk wilayah Indonesia khususnya, sepertinya harus menunggu. Untuk versi iPhone-nya bisa saja kamu cek di iTunes, melalui alamat ini: http://itunes.apple.com/us/app/facebook-messenger/id454638411?mt=8. Sedangkan untuk Android, jangan harap menemukannya di Android Market, kecuali Droid-mu sudah Root dan meng-install Market Enable. Namun jangan kuatir, jika kamu pengguna Droid silahkan sedot saja .apk-nya dari sinihttp://www.4shared.com/file/fpXzdVYL/Facebook_Messenger_10.html

Tetap eksis meskipun sedang mobile...

Sementara ini aplikasi Facebook Messenger memang baru tersedia untuk iPhone dan Android saja. Namun tidak menutup kemungkinan juga hadir untuk platform lain, atau bisa juga kamu pengguna ponsel non-smartphone, menggunakan fasilitasnya SMS untuk bisa menerima pesan dan membalasnya setelah terdaftar dengan Facebook Messenger ini.

Kamu bisa memilih, mau mengirimkan pesan Facebook atau SMS. Pesan SMS yang dikirim melalui aplikasi ini akan tetap terpantau history-nya di Messsage/Pesan Facebook.
Atau melakukan group chat, yang dilengkapi fungsi saling bertukar gambar, serta detail lokasi di peta... hmm, seperti BBM ya? Jika ingin menyertakan gambar/foto dalam pesanmu, tinggal sentuh ikon kamera, kemudian bisa ambil foto melalui kamera, atau memilih yang sudah tersedia dari gallery.
Seperti aplikasi chat pada umumnya, kamu bisa mengatur notification-nya. Asal tetap terhubung pada jaringan mobile minimal 2G/EDGE, setiap pesan/chat yang masuk di Inbox langsung di-push ke iPhone/Droid-mu. Di sana ada opsi Location Service. Salah satu alasan kenapa maksimal di smartphone, karena semuanya sudah dilengkapi GPS.
Dan ketika menulis pesan, kamu bisa memilih apakah ingin menyertakan detail posisimu saat ini atau tidak. Fitur ini sepertinya untuk mengimbangi G+, yang memang sudah selangkah lebih maju berkat Latitude-nya yang lebih advance. Dan ketika melakukan group chat, jelas kamu bisa melihat detail posisi anggota chat di peta tersebut.

 

Aplikasi ini ofisial buatan Facebook lho… Jadi jangan kuatir bakal mudah mengalami lost connection! Dari hasil uji coba saya, semuanya berjalan mulus dan setiap pesan ter-push dengan cepat.

SHARE
Previous articleSetelah Anime “Para Gadis Penyihir” Bertarung Sekali Lagi Di PSP
Next articleTentukan Sendiri Pemenangnya: The Rock vs John Cena
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.