Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2

Memang tidak bisa dipungkiri, serial game berburu dan menangkap monster memiliki penggemar tersendiri. Salah satunya adalah serial Dragon Quest Monster, dimana Square Enix meluncurkan seri terbarunya yakni DQM Joker untuk DS pada tahun 2005 lalu, dan diikuti dengan sekuelnya yakni DQM Joker 2 pada tahun 2010 lalu. Yang mengejutkan, DQM Joker 2 melejit di pasaran bak kacang goreng, sampai-sampai Squnix merilis versi ekspansinya yang berjudul DQM Joker 2 Professional dengan segudang fitur baru. Ayo baca di sini untuk mengetahui DQM Joker 2 beserta link untuk mengunduh rom-nya.

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2

Dev / Pub : TOSE / Square Enix, Nintendo

Tanggal Rilis : 28 Agustus 2011

Platform : NDS

Genre : RPG

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2[/caption]

Bagi kamu penggemar serial Dragon Quest (DQ), pastinya juga tidak akan asing dengan salah satu seri spin-off-ny yang memiliki genre mirip dengan serial Pokemon. Benar, apalagi kalau bukan Dragon Quest Monsters (DQM), dan khususnya untuk para pemilik DS, pastinya mengetahui bahwa sudah ada dua seri yang dirilis untuk DS, yakni DQM Joker dan DQM Joker 2. Kesuksesan DQM Joker 2 pun membuat Squnix merilis versi Professional-nya. Dan kali ini, mereka merilis versi US dari DQM Joker 2.

Perlu diketahui, penjualan DQM Joker 2 versi Jepang hingga tanggal 28 April lalu sudah mencapai 1,099,283 unit! Jumlah yang fantastis saya rasa, dan bahkan di Jepang sana diadakan berbagai turnamen DQM Joker 2 ini. Para gamer yang juga penggemar berat serial DQM patut senang, karena Squnix sudah mengkonfirmasikan perilisan versi US dari DQM Joker 2 ini. Namun sayang sekali, yang mereka translasikan bukanlah versi Professional. Yang penting kita masih tetap bisa memainkannya.

[/caption]

Gameplay DQM Joker 2 tidaklah berbeda jauh dengan prekuelnya, dimana pemain menjelajah area-area yang ada, melawan para monster liar dan menggunakan perintah Scout untuk mengajaknya bergabung. Pertarungan tetap dalam format turn-based, dan semakin banyak bertarung maka monster akan semakin kuat. Kamu bisa memberi perintah spesifik kepada setiap monster, atau mengatur strategi dari lima pilihan AI berbeda sehingga tidak perlu repot memberi perintah terus-menerus.

Total ada 311 monster yang muncul di DQM Joker 2 ini, dengan banyak spesies baru yang belum pernah kamu temui. Tentu tidak semua bisa kamu temui begitu saja, kamu harus mensintesis monster-monster yang telah didapatkan untuk mendapatkan monster baru.

 

Professional, Versi “Final Mix” yang Lebih “Besar”

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2

Seperti yang kamu tahu, pada tanggal 31 Maret lalu Squnix merilis DQM Joker 2 Professional, versi “Final Mix” dengan berbagai macam tambahan. Seperti 100 monster baru yang bisa dimiliki, region dan ability baru, namun dengan skenario yang sama. Pemain bisa memindahkan save data permainan dari versi asli ke versi Professional ini. Oh ya karakter utamanya juga memakai pakaian dengan desain dan warna berbeda, mengingatkan saya pada karakter Goten dari serial Dragon Ball, hehe.

 

Pilih Monster Kecil, Sedang, atau Besar?

Ini yang unik di DQM Joker 2, dimana monster memiliki ukuran tersendiri yang terbagi atas kecil, sedang, dan besar. Monster berukuran kecil memakan satu slot, ukuran sedang memakan dua slot, dan ukuran besar memakan tiga slot. Kamu di sini memiliki tiga slot kosong, jadi kamu bisa bereksperimen memasukkan monster berukuran apa. Kombinasi yang mungkin adalah tiga monster berukuran kecil, atau satu monster kecil dan satu monster sedang. Untuk sementara monster berukuran besar adalah para boss yang akan kamu lawan, tidak diketahui apakah mereka bisa diajak bergabung dengan party atau tidak.

Crossover dengan DQ VI dan IX!

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2[/caption]

Seperti halnya DQ VI dan DQ IX yang memiliki fitur Surechigai, DQM Joker 2 ini pun tak mau kalah. Dengan menutup DS alias membuat DS-mu memasuki sleep mode, jika bertemu dengan DS lain yang juga sama” dalam kondisi sleep mode maka akan terjadi pertukaran data permainan secara otomatis.

DS dengan copy game DQM Joker 2 bisa melakukan Surechigai dengan DS berisi copy game DQM Joker 2 yang lain. Di sini kamu bisa membuat tim khusus untuk melakukan pertarungan dengan tim lawan, yang tentu saja dilakukan oleh AI. Jika menang, maka kamu akan mendapatkan hadiah menarik. Surechigai ini juga memungkinkanmu untuk menyimpan data maksimal delapan pemain yang kamu temui.

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2Dari data tadi, kamu bisa mengulang pertandingan, dimana kali ini kamu langsung berpartisipasi dalam pertarungan. Selain itu, fitur Scout juga bisa digunakan di pertarungan ini, untuk mendapatkan monster pemain lain yang mungkin belum kamu punyai. Jika masih dirasa terlalu sulit untuk melakukan Scout, naikkan level monstermu dan ulangi pertempurannya.

Tidak hanya Surechigai dengan DQM Joker 2 saja, game ini juga mampu ber-Surechigai dengan DS lain yang berisi DQ VI atau DQ IX! Dengan Surechigai ini, maka monster-monster dari kedua game tersebut bisa muncul di data permainanmu. Kamu bisa bertarung dengan para monster tersebut, dan tentu saja melakukan Scout terhadap mereka untuk menambah jajaran pasukan monstermu. Menarik bukan?

 

Saatnya Unjuk Gigi Melawan Pemain Lain

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2[/caption]

Fitur multiplayer via Wi-Fi kembali dihadirkan Square Enix untuk game ini, baik secara lokal ataupun melalui Nintendo WFC. Mesin DS yang menjadi host berhak menentukan peraturan pertandingan, mulai dari peraturan standar, peraturan spesial ala SQEX, atau peraturan bebas sesuai keinginan (mulai dari jumlah ronde, opsi strategi, peraturan mengganti party, dan batas waktu memberi perintah kepada monster).

Sebelum memulai pertarungan, kamu bisa mengatur party, monster yang standby, memilih equipment, dan mengatur strategi AI. Jika bertarung melalui Nintendo WFC, kamu bisa memilih untuk melawan teman atau pemain lain yang belum dikenal. Tentu jika ingin melawan teman, kamu harus sudah saling bertukar friend code dan memasukkan kodenya secara manual, atau melawan teman secara lokal untuk bertukar friend code secara otomatis.

Jika melawan pemain lain yang belum dikenal, kamu bisa memilih lokasi dan kekuatan lawanmu. Setelah mengatur hal tersebut, game secara otomatis akan mencari lawan yang tepat dengan pilihanmu tadi. Jadi tidak perlu takut untuk berhadapan dengan pemain lain yang terlalu kuat. Di prekuelnya, pertarungan Wi-Fi ini didesain hanya bisa digunakan sehari sekali, dan sayangnya saat ini layanan Wi-Fi DQM Joker sudah ditutup.

 

Nah Sekarang Waktunya Bermain...

Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2Yap pada akhirnya sebelum tanggal 28 Agustus 2011, game ini sudah beredar dump rom-nya. Saya sendiri juga terkejut ketika mengetahui bahwa rom game ini sudah keluar. Bagi yang sudah tidak sabar untuk mencobanya, bisa mengunduh rom ini di sini atau rom yang sudah di-patch di sini.

Bagi kamu para pemilik R4, juga bisa mengunduh firmware terbarunya yakni v 1.36 di sini . Firmware versi terbaru ini sekaligus menangani masalah anti piracy untuk DQM Joker 2 yang saya bahas ini. Saya sendiri mencoba rom yang sudah di-patch dengan firmware Wood R4 v 1.34, dan sampai menuju dunia pertama berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU

[/caption]

[/caption]

[/caption]