Ayo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2

Dev / Pub : TOSE / Square Enix, Nintendo
Tanggal Rilis : 28 Agustus 2011
Platform : NDS
Genre : RPG

Akhirnya setelah sekian lama...

Bagi kamu penggemar serial Dragon Quest (DQ), pastinya juga tidak akan asing dengan salah satu seri spin-off-ny yang memiliki genre mirip dengan serial Pokemon. Benar, apalagi kalau bukan Dragon Quest Monsters (DQM), dan khususnya untuk para pemilik DS, pastinya mengetahui bahwa sudah ada dua seri yang dirilis untuk DS, yakni DQM Joker dan DQM Joker 2. Kesuksesan DQM Joker 2 pun membuat Squnix merilis versi Professional-nya. Dan kali ini, mereka merilis versi US dari DQM Joker 2.

Perlu diketahui, penjualan DQM Joker 2 versi Jepang hingga tanggal 28 April lalu sudah mencapai 1,099,283 unit! Jumlah yang fantastis saya rasa, dan bahkan di Jepang sana diadakan berbagai turnamen DQM Joker 2 ini. Para gamer yang juga penggemar berat serial DQM patut senang, karena Squnix sudah mengkonfirmasikan perilisan versi US dari DQM Joker 2 ini. Namun sayang sekali, yang mereka translasikan bukanlah versi Professional. Yang penting kita masih tetap bisa memainkannya.

Kini makin banyak variasi spesiesnya

Gameplay DQM Joker 2 tidaklah berbeda jauh dengan prekuelnya, dimana pemain menjelajah area-area yang ada, melawan para monster liar dan menggunakan perintah Scout untuk mengajaknya bergabung. Pertarungan tetap dalam format turn-based, dan semakin banyak bertarung maka monster akan semakin kuat. Kamu bisa memberi perintah spesifik kepada setiap monster, atau mengatur strategi dari lima pilihan AI berbeda sehingga tidak perlu repot memberi perintah terus-menerus.

Total ada 311 monster yang muncul di DQM Joker 2 ini, dengan banyak spesies baru yang belum pernah kamu temui. Tentu tidak semua bisa kamu temui begitu saja, kamu harus mensintesis monster-monster yang telah didapatkan untuk mendapatkan monster baru.

 

Professional, Versi “Final Mix” yang Lebih “Besar”

Seperti yang kamu tahu, pada tanggal 31 Maret lalu Squnix merilis DQM Joker 2 Professional, versi “Final Mix” dengan berbagai macam tambahan. Seperti 100 monster baru yang bisa dimiliki, region dan ability baru, namun dengan skenario yang sama. Pemain bisa memindahkan save data permainan dari versi asli ke versi Professional ini. Oh ya karakter utamanya juga memakai pakaian dengan desain dan warna berbeda, mengingatkan saya pada karakter Goten dari serial Dragon Ball, hehe.

 

Pilih Monster Kecil, Sedang, atau Besar?

Monster ukuran kecil

Monster ukuran sedang

Monster ukuran besar

Ini yang unik di DQM Joker 2, dimana monster memiliki ukuran tersendiri yang terbagi atas kecil, sedang, dan besar. Monster berukuran kecil memakan satu slot, ukuran sedang memakan dua slot, dan ukuran besar memakan tiga slot. Kamu di sini memiliki tiga slot kosong, jadi kamu bisa bereksperimen memasukkan monster berukuran apa. Kombinasi yang mungkin adalah tiga monster berukuran kecil, atau satu monster kecil dan satu monster sedang. Untuk sementara monster berukuran besar adalah para boss yang akan kamu lawan, tidak diketahui apakah mereka bisa diajak bergabung dengan party atau tidak.

1
2

SHARE
Previous articleMonster Hunter Ukuran “Nano”?
Next articleDunia Animanga: Minggu 3 Agustus 2011 – Best Wishes
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.