Dunia Animanga: Minggu 3 Agustus 2011 – Best Wishes

Setiap kali saya membeli komik tiap minggunya, saya selalu teringat mengenai berapa banyak komik yang saya beli namun belum saya sentuh.  Terlebih minggu ini, di mana dua gelombang terbit dalam satu minggu.

Tipikal masalah seorang geek, mengoleksi lebih banyak media daripada yang bisa dikonsumsi. Itulah kenapa kadang saya bingung melihat orang yang bingung mencari media untuk dikonsumsi, dan sadar bahwa fans di Indonesia lebih banyak yang casual daripada seorang geek.

BERITA

DUA SEIYUU TERKENAL MENIKAH

Dari semua orang di balik layar pembuatan anime, seiyuu merupakan yang paling dikenal para fans. Tidak mengherankan, karena hasil karyanya dapat dirasakan secara langsung dan identik dengan karakter yang menjadi kekuatan anime. Karena itulah, banyak fans mengalami euphoria begitu mengetahui Maaya Sakamoto dan Kenichi Suzumura menikah pada 8 Agustus lalu.

Maaya Sakamoto merupakan salah satu seiyuu perempuan paling populer, dia juga merupakan sedikit dari seiyuu yang juga mampu melakukan olah suara. Dia menyumbangkan suara ke banyak karakter populer seperti Tomoyo (Tsubasa: RESERVoir CHRoNiCLE), Mari (Evangelion),Lightning (Final Fantasy XIII), Aya Brea(Parasite Eve) dan dia juga menyanyikan theme song dari beberapa soundtrack paling memorable seperti Tsubasa: RESERVoir CHRoNiCLE, Wolf’s Rain, dan Macross Frontier.

Kenichi Suzumura juga bukan amatiran meski tak sepopuler Maaya Sakamoto. Resumenya termasuk Kamui Shiro (X), Shinn Asuka (Gundam SEED Destiny), Lavi (D.Gray-Man), Sougo Okita (Gintama).

Tapi apa yang membuat  para fans meledak dengan kebahagiaan adalah mereka berdua menyuarakan dua pasangan canon favorit fans yang tidak berakhir dengan ‘bahagia selama-lamanya’:

Zack dan Aerith dari Final Fantasy, dan Kokuto Mikiya dan Ryougi Shiki dari Kara no Kyoukai.

ADAPTASI BARU

Franchise Digimon mencapai puncaknya pada seri kedua.  Meskipun masih relatif populer, kepopulerannya terus turun semenjak saat itu. Seri terakhirnya Digimon XRos Wars terbukti hanya menarik sebagian fans lama Digimon yang itupun banyak yang kecewa dengan hasilnya. Meskipun begitu, seri tersebut yang masih tayang sejak 2010 lalu dikonfirmasikan akan mendapatkan season kedua.

15 tahun setelah terbit pertama kali, seri yang dulu sangat terkenal Rurouni Kenshin (Samurai X) mengalami kebangkitan. Setelah sebuah game PSP baru pada Maret 2011 lalu, seri ini juga mendapat rilis ulang seri OVA lama dalam format Blu-Ray bulan ini, dan sebuah seri OVA baru yang diumumkan April lalu. Berita terbaru mengungkapkan bahwa seri OVA ini akan menganimasikan ulang arc Kyoto (berdasarkan consensus fans arc terbaik seri ini) dari sudut pandang karakter Misao Makimachi.

Zero No Tsukaima, seri light novel yang cukup populer sampai mendapat 3 season anime, telah dikonfirmasikan akan mendapat season keempat anime mengikuti akhir novelnya yang telah berakhir bulan ini.

Black Rock Shooter, franchise yang diawali oleh sebuah desain karakter, setelah sempat mendapatkan sebuah OVA sekarang akan mendapatkan serial TV.  Menariknya, anime ini bakal tayang di slot noitaminA, yang sepertinya kontradproduktif dengan tujuan slot tersebut mengenalkan anime kepada audiens non-otaku.

Seri shonen romansa tanpa elemen harem yang gambling sepertinya susah menjadi serial TV anime sekarang. Kimi no Iru Machi, seri romance buatan Kouji Seo yang diserialisasikan di Shonen Magazine, hanya mendapatkan adaptasi anime berupa OVA, berbeda dengan karyanya sebelumnya Suzuka yang mendapatkan serial TV. Satu hal yang menarik perhatian adalah kursi sutradaranya diisi oleh Yasuhiro Yoshiura, sutradara indie yang mengerjakan karya-karya unik seperti Eve no Jikan.

Tantei Opera Milky Holmes, seri detektif komedi yang tayang akhir tahun 2010 dikonfirmasikan mendapatkan season kedua yang akan tayang pada awal 2012. Kemungkinan besar karena strategi marketing Bushiroad yang menggabungkan TCG dengan anime sukses.

1
2
3

SHARE
Previous articleAyo Tangkap Lagi Monster-monster Dragon Quest di DQM Joker 2
Next articleDemo “The First Ending” dan Sistem Level Up Untuk Ragnarok: Imperial Princess Of Lights And Darkness
Sebagai seorang yang tertarik dengan analisis, pria yang dipanggil Ryo ini menyayangkan kurangnya hal demikian di jurnalisme pop culture Indonesia, terutama game, anime, dan komik. Harapannya adalah pengembangan budaya membaca dan menulis kritis secara khusus di Indonesia. Dia sendiri tertarik dengan berbagai macam media, namun obsesi utamanya adalah komik. Misi pribadinya adalah mengangkat karya-karya luar biasa non-mainstream yang sering dilewatkan orang.