Ada yang Berbeda di Versi Blu Ray Star Wars Trilogy…

George Lucas rupanya tidak pernah berhenti memberikan kejutan-kejutan tentang trilogi andalannya, Star Wars. Setelah beberapa bulan lalu sempat mengkonfirmasikan bahwa dia akan merilis kembali trilogi Star Wars dalam format 3D, kali ini dia juga memberikan kejutan lain yang tidak kalah menarik: Versi Blu Ray yang akan sedikit berbeda.

Ya, menurut rencana, versi Blu Ray dari trilogi Star Wars ini akan dirilis pada 16 September yang akan datan, dan Lucas berjanji bahwa dia sudah memberikan sedikit “restorasi” pada beberapa bagian film, sehingga tampil lebih baik dari versi originalnya. Memang sih, restorasi ini tidak berpengaruh terlalu signifika terhadap jalan cerita Trilogi secara keseluruhan, namun menarik juga jika kita memperhatikan bagian-bagian yang diperbaiki ini!

Yang pertama, adalah restorasi warna yang digunakan. Salah satunya, adalah warna dari Lightsaber yang digunakan dalam Return of The Jedi. Sebenarnya, restorasi warna sudah pernah dilakukan Lucas saat merilis versi DVD-nya pada tahun 2004 lalu dan hasilnya adalah seperti ini:

Sang Emperor rupanya terlalu banyak berjemur..

Terlihat bahwa Lightsaber warnanya kurang “panas” dan juga make up The Emperor yang terkesan sangat gelap. Kedua bagian tersebut akan direstorasi dalam versi Blu Ray-nya nanti dan akan menjadi seperti ini..

Dan sekarang sudah memakai krim pemutih..

Yang kedua, adalah restorasi beberapa kesalahan yang terjadi di versi originalnya. Salah satunya adalah kostum yang ada pada scene saat Wampa menyerang Tauntaun milik Luke (dalam Empire Strikes Back). Disini, kostum terlihat terlalu kecil, sehingga ada bagian yang tidak tertutupi. Perhatikan bagian yang dilingkari dibawah ini..

Ups...

Nah, di versi Blu Ray-nya nanti, kostum tersebut sudah “diperbesar” sehingga muat digunakan dan tidak ada bagian lagi yang tidak tertutupi oleh kostum bulu tersebut..

Sem..Pur..Na..

Terakhir, adalah penggunaan teknologi yang belum diimplementasikan dalam versi originalnya. Salah satunya adalah tampilan Yoda yang mirip seperti boneka pada The Phantom Menace yang dirilis tahun 1999 lalu. Jika kamu lupa, coba perhatikan video berikut ini..

Terlihat sangat aneh bukan? Nah, di versi Blu Ray-nya nanti, “boneka” Yoda di The Phantom Menace akan digantikan oleh teknologi CGI yang digunakan saat menggambarkan Yoda di dua film terakhir Star Wars, Attack of The Clones dan Revenge of The Sith. Dan ta…da…. Yoda pun terlihat lebih hidup di versi Blu Ray-nya nanti..

Tentu masih banyak restorasi yang dilakukan Lucas, namun tidak semuanya sudah dikonfirmasikan secara resmi. Kita tunggu saja bagaimana hasil dari restorasi tersebut, apakah bisa membawa Star Wars kembali ke masa jayanya saat Blu Ray-nya dirilis pada 16 September nanti.


SHARE
Previous articlePreview The Last Airbender: Legend of Korra
Next articlePersona 4 Versi “Emas”, Persona 4 The Golden!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.