Catherine Fix Data Untuk PS3 JB

Bagi pengguna PS3 Jailbreak, mungkin saat ini Catherine adalah salah satu dari sekian game yang belum bisa dijalankan karena membutuhkan CFW 3.60 ke atas. Tidak perlu khawatir, karena tutorial berikut akan memandu kalian untuk mem-patch copy game Catherine agar bisa dimainkan pada CFW yang lebih rendah.

Catherine Fix Data Untuk PS3 JB

Catherine Fix Data Untuk PS3 JB

Mungkin sudah ada yang bisa memainkan game Catherine (US version) dengan menggunakan CFW 3.60 (saya kurang tahu apakah CFW tersebut sudah rilis apa belum). Tapi bagi kalian pengguna CFW 3.55 ke bawah, berikut adalah solusi untuk memainkannya di PS3 kalian.

Download Fix Catherine pada link ini.

Ketika kalian telah meng-install dan memainkan game-nya, jangan kaget apabila menemukan beberapa text masih berada dalam bahasa Jepang, itu karena Fix ini belum sempurna. Fix ini bekerja dengan cara menggabungkan File game Catherine versi Jepang dan US agar bisa dimainkan pada CFW yang lebih rendah. Beberapa fitur dalam game yang masih dalam bahasa jepang adalah Text Cellphone, dan Confessional Booth Question and Answer. Selebihnya tetap dalam bahasa inggris seperti subtitle cutscene dan audio (Dubbing).

Sebelum melakukan proses instalasi, ada baiknya kalian back-up terlebih dahulu game Catherine-nya untuk berjaga-jaga bila Fix yang lebih sempurna telah keluar.

Petunjuk instalasinya adalah :

  1. Ekstrak file yang telah kalian unduh di atas.
  2. Akan ada 3 file dalam esktrak tersebut yang bernama Data.cpk, EBOOT, dan PARAM SFO.
  3. Langsung saja copy dan replace file Data.cpk dan EBOOT ke dalam folder USRDIR (Catherine/PS3_GAME/USRDIR/), PARAM SFO ke dalam folder PS3_GAME (Catherine/PS3_GAME/).
  4. Mainkan.

Beberapa masalah mungkin akan ada ketika kalian memainkannya, seperti tombol X dan O yang terbalik dengan X untuk membatalkan dan O untuk melakukan aksi, Quote dalam loading screen yang terpotong di ujung layar dan freeze ketika memainkan Babel Mode. Tapi untuk Main Story-nya lancar dimainkan sampai tamat.

Oh ya, Fix ini juga bisa digunakan sebagai English Patch untuk versi Jepangnya, sehingga kalian bisa menikmati Voice Acting Catherine dalam bahasa jepang dengan beberapa text dan subtitle dalam bahasa inggris. Jika kalian ingin memainkan versi undubbing-nya, maka kalian cukup meng-copy Data.cpk ke dalam folder USRDIR (dengan menggunakan copy game versi Jepang tentunya). Enjoy!

Sumber : PS3ISO

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU