The Sims Social: Social Game yang Sesungguhnya!


Dev : EA
URL Game : http://apps.facebook.com/thesimssocial/
URL FanPage : http://www.facebook.com/TheSimsSocial
Score : A

Social game sebenarnya sudah lama hadir di Facebook. Yang dimaksud social game disini adalah sebuah game yang bisa kamu mainkan dengan teman kamu, yang mana teman kamu dibutuhkan untuk saling berinteraksi, bertukar item ataupun membantu dalam menjalankan quest tertentu. Genre yang disediakan juga bermacam-macam. Nah, di The Sims Social inilah saya baru melihat arti social game yang sesungguhnya. Bisa dikatakan, game ini adalah wujud Facebook dari sebuah game, dimana banyak interaksi sosial yang terjadi antara karakter kamu dengan karakter teman kamu, mulai dari membangun hubungan yang baik, hingga saling membantu untuk membangun rumah.

Ya, bisa dibilang karakter dalam game ini merupakan perwujudan digital dari diri kamu sendiri. Sama seperti game-game The Sims yang ada di konsol, pada awalnya kamu juga diharuskan membuat sebuah karakter dengan berbagai macam kustomisasi, mulai dari penampilan, hingga baju yang dikenakan. Setelah itu, kamu akan diberikan sebuah rumah, dan memulai “kehidupan” kamu di dunia maya. Tutorial langkah demi langkah juga disediakan dalam game ini, dan menurut saya cukup membantu untuk orang yang awam dengan The Sims sekalipun. Dalam game ini, karakter kamu bisa merasakan kesepian, kelaparan, bahkan mengantuk apabila kamu meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama. Untuk memenuhi kebutuhannya, kamu harus mengeklik ikon-ikon yang bersesuaian dan karakter kamu pun akan menjalankan aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, seperti mengambil makanan dari kulkas jika lapar, atau tidur jika sedang mengantuk.

Lantas dimana letak elemen sosialnya? Kamu bisa menambah neighbor kamu dengan mengundang teman-teman facebook kamu yang belum bermain, atau mengajak teman yang sudah bermain untuk menjadi tetangga kamu. Semakin banyak kamu memiliki neighbor, maka kamu akan semakin mudah dalam menyelesaikan quest, karena banyak sekali quest dalam game ini yang membutuhkan bantuan teman. Animasi yang ditampilkan dalam game ini juga sangat baik, meskipun sedikit mengubah kebiasaan The Sims yang selalu hadir dalam grafis 3D di konsol atau handheld-nya. Meskipun konsepnya sederhana, namun game ini saya anggap adalah salah satu game paling adiktif yang dimiliki Facebook. Meskipun baru seumur jagung, namun saya rasa game ini memiliki potensi untuk bersaing dengan keluarga Ville milik Zynga, apabila EA memberikan pelayanan yang baik dan rajin memberikan update-update yang menarik.