Kontes Cerpen Vandaria, Berhadiah Kontrak Novelis

Sebuah kisah hebat kadang berasal dari inspirasi sederhana. Sebuah ide atau percikan kalimat “what if” yang terkadang muncul dalam aktifitas kehidupan kita sehari-hari. Percikan ide itu, jika dirawat dan dikembangkan dengan baik, dapat menjadi dasar bagi sebuah cerita yang akan dikenang selamanya oleh banyak orang.

Banyak hal dapat menjadi awal sebuah cerita, bahkan hal-hal kecil dan sederhana yang tidak kita kira sebelumnya. Apakah itu karena kekaguman kita membaca sebuah kisah lain; usai menonton film atau mendengarkan sebuah lagu yang sangat menyentuh hati kita; atau terkadang berasal dari kehidupan kita sendiri. Semua ide tersebut bisa diwujudkan menjadi kisah yang unik dan menarik.

Dan untuk menampung ide-ide itu, Vandaria mengundang setiap insan yang menyukai dunia kepenulisan untuk bergabung dalam Kontes Cerita Pendek Vandaria.

Dalam Kontes Cerita Pendek ini, peserta dapat mengirimkan satu karya terbaiknya untuk diseleksi oleh Tim Kreator Vandaria. Penulis dari cerita-cerita terbaik dari semua yang dikirim akan mendapat untuk memperoleh kontrak penerbitan bersama Tim Kreator Vandaria dan bisa membuat sebuah kisah Vandaria yang baru dari tangannya.

Tidak ada batasan yang spesifik dalam kontes ini. Peserta diperbolehkan membuat cerita macam apapun, hanya dengan satu ketentuan yang pasti: Cerita yang bersangkutan harus menggunakan setting dunia Vandaria. Informasi tentang dunia Vandaria ini bisa didapatkan melalui website vandaria.com. Jika ingin “melihat” dan “merasakan” sendiri dunia Vandaria ini, peserta bisa mencaritahu dengan membeli novel-novel Vandaria yang telah diterbitkan (Harta Vaeran dan Ratu Seribu Tahun).

Kreatifitas dan kemampuan mengolah ide dasar menjadi sesuatu yang menarik adalah poin utama. Dan kami yakin kedua hal itu tidak ada hubungannya dengan genre, atau pun pengalaman penulis. Karenanya, kami membuka diri kepada siapa saja untuk mengirimkan karya dan menunjukkan bahwa kisah mereka adalah yang terbaik.

 

Kriteria dan Penilaian

Cerita kiriman peserta akan dinilai berdasarkan beberapa kriteria di bawah ini.

  • Setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu karya. Jika mengirimkan lebih dari satu, maka karya pertama yang akan dinilai.
  • Cerpen yang dikirim terdiri atas minimal 2500 kata dan maksimal 5000 kata.
  • Cerita menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan diusahakan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (bahasa alay tidak akan diterima).
  • Peserta diperbolehkan menulis dalam berbagai genre yang diinginkan.
  • Peserta tidak dilarang untuk menggunakan tokoh-tokoh yang sudah dikenal dalam dunia Vandaria, asalkan peserta memang sudah mengenal baik sifat/karakteristik tokoh tersebut. Sebaliknya, kami sangat menganjurkan peserta untuk membuat cerita dengan tokoh buatannya sendiri.

Walaupun bukan penentu utama, tapi akan ada nilai tambah jika cerita yang dikirimkan sesuai atau menunjukkan sang penulis mengetahui cukup banyak tentang dunia Vandaria yang telah dibuat.

File cerita pendek dikirimkan dalam e-mail dengan judul Pendaftaran Kontes Cerita Pendek dengan berisi nama lengkap peserta, judul cerita, alamat peserta, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Naskah cerita dilampirkan dalam bentuk dokumen Microsoft Word format .rtf (rich text format).

Tim Kreator akan menunggu cerita-cerita dari peserta paling lambat pada tanggal 30 November 2011.

Selamat menulis!

Klik untuk menampilkan lebih besar


 


SHARE
Previous articleRevolusi Besar-Besaran FIFA 12!
Next articleRagnarok Odyssey, Game Ragnarok Berkulit Monster Hunter!
Gamer sejak lahir. Ardani telah mengenal dunia game sejak ia belum bisa membaca. Dimulai dari Mario Bros dan Duck Hunt di console Nintendo Entertainment System, kecintaannya akan dunia ini tidak pernah hilang. Selain video game, ia juga sangat senang membaca dan membuat cerita. Ia telah menulis di banyak genre dan beberapa kali mempublikasikannya di internet. Saat ini ia sedang membantu membesarkan dunia Vandaria lewat novel-novel ciptaannya.