Revolusi Besar-Besaran FIFA 12!

Developer : EA Canada
Publisher : EA
Release : 27 September 2011
Platform : Multiplatform

FIFA dan Pro Evolution Soccer (PES) sepertinya bertarung di ”planet” yang berbeda dalam genre sepakbola. Ya, dengan peningkatan-peningkatan disetiap serinya, kedua judul ini terlihat jauh superior dibandingan judul yang lainnya. Bahkan, bisa dibilang hampir tidak ada game lain yang bisa menyaingi keduanya. Dalam FIFA 12 kali ini, kembali FIFA akan menantang PES dengan segudang revolusi baru, yang dianggap oleh pihak developer sebagai salah satu revolusi terbesar dalam sejarah FIFA. Jika PES 2012 mengandalkan AI yang lebih realistis dan juga kemampuan untuk mengendalikan dua pemain sekaligus, maka lain halnya dengan FIFA 12. Menurut EA, dalam seri kali ini mereka akan lebih memperbaiki presisi, akurasi dan juga momentum tumbukan antar pemain sehingga semakin terlihat realistis. Tidak mengherankan jika FIFA memang mengejar hal tersebut, karena toh sejak dari dulu FIFA memang terkenal akan gameplay-nya yang lebih mengarah kepada simulasi.

Presisi antara sentuhan kaki pemain dengan bola akan diperbaiki dalam seri ini, sehingga saat melakukan dribbling akan lebih lengket dari biasanya. Selain itu, EA juga menggunakan engine pemain yang benar-benar baru yang mereka sebut dengan Impact Engine, sehingga keadaan didalam game akan sama dengan keadaan pemain tersebut di dunia nyata. Sebagai contoh, pemain yang terkenal gampang cedera di dunia nyata seperti Arjen Robben, ataupun Welsey Sneijder, akan mendapatkan ”jatah” fisik yang sama di dalam game ini, dan akan lebih cepat terkapar apabila terkena sliding lawan. Berat badan juga akan memegang peranan penting dalam game ini, sehingga semakin besar berat badan seorang pemain, maka akan semakin besar pula kekuatannya saat melakukan tackling atau saat melompat dan mendarat di tanah.

FIFA 12 juga akan menyediakan sebuah fitur sosial baru yang diberi nama dengan EA Sports Football Club. Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan memiliki sebuah profil, yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game FIFA di semua konsol dan handheld. Saat bermain secara online, kamu juga bisa mendapatkan achievement, dimanapun kamu memainkannya, baik melalui mobile, konsol atau PC dan akan saling terintegrasi satu sama lainnya, serta juga bisa terintegrasi secara langsung dengan Facebook. Apakah fitur-fitur baru ini bisa membuat FIFA 12 mengalahkan PES 2012? Oiya, buat yang penasaran dengan gameplay-nya, simak trailer berikut yang menunjukkan gameplay game ini saat ditampilkan di Gamescom Agustus lalu.

Semakin Realistis dengan Impact Engine 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pengembangan FIFA, EA memperkenalkan sebuah engine baru yang mereka sebut dengan Impact Engine. Engine ini bisa meningkatkan variasi tumbukan antar pemain, akurasi tendangan dan juga momentum tumbukan antara pemain dengan bola. Selain itu, engine ini juga dilengkapi dengan sistem baru, yang bisa memvisualisasikan berbagai macam variasi tumbukan tersebut. Dengan menggunakan engine baru ini juga, tumbukan pemain tidak hanya terjadi pada saat perebutan bola, namun ketika ada seorang pemain yang tidak sedang membawa bola pun bisa mengalami variasi tumbukan yang bermacam-macam dengan lawan. Menurut sang produser David Rutter, engine ini adalah peningkatan terbesar yang dimiliki FIFA 12, dan menyebutnya sebagai teknologi terbaik yang kini dimiliki oleh game bola. Oiya, karena banyaknya variasi tumbukan, maka tentu saja akan mempengaruhi cedera yang didapatkan oleh pemain kamu, dan pihak EA berjanji akan menampilkannya serealistis mungkin.


SHARE
Previous articleMenunggu Hari Kiamat 11-11-11
Next articleKontes Cerpen Vandaria, Berhadiah Kontrak Novelis
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.