Makin Nyaman Chatting Melalui Interface Lama Facebook Chat

Kalau saja ada fungsi "hide offline friends!"

Bagi kamu yang tidak bisa absen sehari pun dari Facebook, pasti sadar ketika beberapa pembaruan diberikan akhir Juli lalu. Jelas, langkah upgrade fitur dilakukan agar tetap bisa eksis karena hadirnya lawan jejaring sosial baru, Google+ (bahkan kini mau post status pun, Facebook banyak terinspirasi oleh konsep privacy tinggi serta location based service-nya Google+). Tidak hanya merilis fitur video chat di awal Juli, yang bisa bekerja bersamaan dengan Skype, mereka pun sedikit memoles interface-nya dengan penambahan sidebar di sebelah kanan. Sayangnya, banyak yang tidak menyukai penambahan tersebut, termasuk saya, karena justru membuat aktifitas chat menjadi kurang nyaman. Saya malah harus sering scroll ke bawah, klik “more online friend,” dan yang sudah offline masih saja ada di sana. Jadi intinya, masih lebih baik fitur chat versi lama – meskipun sisi baiknya, sidebar tersebut bisa disembunyikan dengan mudah!

Chat model "popup" ini lebih nyaman... namun kadang nutup sendiri kalau di full screen!

Namun bagimu yang memang jarang beranjak dari tempat duduk, dan salah satu hiburan adalah monitor dengan koneksi internet, plus ratusan teman di  Facebook untuk melakukan chat, ada satu tips dan solusi untuk mendapatkan kembali kenyamanan chat di Facebook melalui, tanpa harus terganggu teman yang sudah offline. Masuk saja halaman khusus untuk melakukan chat di Facebook yang bisa diakses di sini https://www.facebook.com/presence/popout.php, maka interface atau antar mukanya akan menutupi semua tampilan browser-mu.

Download extension ini dulu...

Tapi saya maunya bisa tetap memantau Facebook sambil chat, dengan tampilan daftar chat yang lama… Ada juga solusi untuk itu. Kamu tinggal download saja extension yang disebut Facebook Chat Sidebar Disabler, yang tersedia gratis untuk tiga browser favorit. Extension tersebut membantumu dalam menonaktifkan sidebar chat, dan mengembalikannya ke model jendela chat yang lama. Cukup install saja, tutup dan buka kembali Facebook, maka kamu dapatkan jendela chat model klasik, yang menyembunyikan teman offline.

Ini tampilannya setelah di-install extension. Ada opsi kembali ke tampilan chat baru. Sekalian nitip salam, selamat menempuh hidup baru buat ilustrator Zigma - Omega, Ecky Oesjady!

Tidak perlu bingung mencari extension-nya, masuk saja ke link berikut ini sesuai dengan browser yang kamu gunakan :


SHARE
Previous article10 Temuan yang Tidak Seharusnya Diciptakan
Next article10 Rivalitas di Indonesia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.