Preview BlackBerry 9980… A KNIGHT in Shining Armour!

Minggu lalu ada penampakan satu BlackBerry baru melalui situs China Maxpda, yang anehnya BlackBerry tersebut memiliki desain di luar pakem RIM. Entah apakah rumor akan menjadi kenyataan, namun seakan desainnya yang terlalu berani bukan datang dari pengaruh internal. Dan memang untuk satu ini, RIM menyerahkan desainnya pada Porsche Design dari Jerman – yup, satu group dengan perusahaan otomotif  itu lho!

Awalnya, BlackBerry yang masih “work-in-progress” serta disebut sebagai 9980 dengan kode nama Knight tersebut merupakan smartphone QNX pertama dari RIM. QNX sendiri merupakan operating system dari Kanada, yang sudah diambil alih pengembangannya oleh RIM, dan saat ini lebih dikenal sebagai BlackBerry Tablet OS yang terintegrasi dalam PlayBook. Dulu sebelum jajaran smartphone BlackBerry OS7 dirilis, banyak yang berasumsi jika OS7 tersebut menjadi wujud mini dari QNX/BlackBerry Tablet OS. Kembali ke Knight, rupanya smartphone tersebut bukanlah QNX pertama dari RIM, karena belakangan diketahui menjalankan OS7, yang ketahuan juga jika tidak banyak perbedaannya dibandingkan OS6.

Sekilas Knight memiliki bentuk mirip seperti Dakota dan Montana, namun dengan keyboard berbahan metal, yang entah kenapa menurut saya terlalu mengotak, walaupun tetap rapat khas seri Bold. Kamu juga kehilangan konsep penataan yang disebut “waterfall.” Ada juga yang menyebutkan jika Knight ini nanti muncul dengan varian mewah, yang dihiasi dengan permata.

Keseluruhan layout-nya sama seperti seri Bold Touch (Dakota/Montana) yang saat ini membuat penasaran di Indonesia, karena harganya yang di atas rata-rata negara lain. Kamu dapati penutup baterei yang seakan dilapisi kulit (imitasi), port headphone dan  microUSB di sisi kiri, port charging di bawah, identitas chip NFC (near-field communication) terlihat jelas pada penutup baterai, media control dan convenience key di sisi kanan. Melalui video berikut ini kamu juga menemukan fitur yang sama seperti Dakota/Montana, seperti versi software v7.0.0.368, WiFi, 3G, dan kamera 5 megapixel.

Walaupun jelas baru sekadar prorotip, namun apakah RIM serius ingin merilis smartphone yang lux ini? Sepertinya berisiko, karena RIM belum pernah memproduksi smartphone mewah sebelumnya. Jika sekadar ponsel gaya, masih ada BlackBerry Style 9670, yang menurut saya jauh lebih stylish dibandingkan Knight ini.


SHARE
Previous articleSejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!
Next articleSony Ericsson Xperia Play… Besar, Gendut, Berat… Tapi Enak Lho Diajak Main!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.