Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

“Kegagalan akan menghasilkan banyak Keuntungan” Begitulah kalimat yang saya berikan untuk Microsoft atas mesin Xbox 360 yang pernah “gagal” dan “bangkit” di Negara Singapura tersebut. Apa penyebabya? Apa hubungannya dengan Gears of War 3?

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

Tidak lama setelah perilisan, Xbox 360 generasi pertama mengalami krisis dan hampir “punah” dinegara tersebut. Kenapa begitu? Bagaimana cara penanggulan yang dilakukan Microsoft untuk membangkitkan kembali nama Xbox 360? Bagaimana dengan rencana Microsoft untuk Gears of War 3 nanti? Biarpun Negara tetangga tetapi tidak ada salahnya kan saya mengajak gamer untuk membaca yang berikut ini.

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!Setelah Korea Selatan (26 Februari 2006) dan Taiwan (2 Maret 2006), pada tanggal 15 Maret 2006 akhirnya perusahaan Microsoft berhasil melakukan debut lewat “Next-Gen” konsolnya dengan nama Xbox 360 di Red Dot Museum Singapura. Generasi penerus dari Xbox “Classic” ini melakukan launching yang fantastis di Negara tersebut.  Beberapa judul berhasil dipamerkan sebut saja DoA4, Project Gotham Racing 3, Need for Speed : Most Wanted, Perfect Dark Zero, Ridge Racer 6 dan FIFA’06. Pada saat itu mesin yang diberi nama Core System tanpa HDD dibandrol dengan harga $535 dan HDD 20Gb dengan harga $660. Simak foto dibawah ini.

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!Setahun demi setahun Xbox 360 mengalami krisis yang dinamakan RROD (Red Ring of Death). Banyak gamer mengeluh konsol yang mereka beli belum setahun usianya sudah rusak. Meskipun ada garansi resmi, konsol yang mereka banggakan dengan grafik yang mantap akhirnya harus diperbaiki berulang kali lewat garansi resmi dari Microsoft. Dari teman saya waktu itu sudah memperbaiki xboxnya sebanyak 3x. Karena kegagalan hardware tersebut, akhirnya dari sekian banyak toko game tidak lagi yang memberanikan diri menjual konsol Xbox 360 kepelanggannya. Setahun kemudian saingan terberatnya PS3 dirilis. Semakin hari semakin merajarela di Negara tersebut. Perlu diketahui bahwa di Negara tersebut semuanya adalah ori user. Bukan berarti tidak ada non-ori user hanya sedikit sekali, ada beberapa sengaja memesan dari Malaysia maupun Indonesia beserta DVD “homemade”nya.

Memasuki jaman Falcon, Xbox 360 tidak juga memperbaiki pandangan buruk dari penjual maupun pembeli. Mengingat mereka sepertinya trauma tentang apa itu RROD. Semua toko tidak lagi terpajang sosok yang kita banggakan di Indonesia. Sebenarnya Falcon masih rawan “RROD” tanpa perawatan yang baik dan meski kita jaga baik seperti punya saya yang sudah berusia 3 tahun dan masih awet.

 Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

Ini sedikit pengalaman saya sendiri, pada tahun 2008 yaitu pertama kali saya ingin membeli Xbox 360 karena masih mahal di kota tempat tinggal saya dan tidak memungkinkan saya kirim dari jakarta, akhirnya saya memutuskan berlibur ke Singapura sambil mencari keliling, alhasil setelah 2 hari saya tetap tidak menemukan Xbox 360 Falcon Go Pro maupun Arcade. Meski ada di satu toko tempat saya ketemu tetapi kotaknya sudah kusam dan cacat ditambah lagi belum di mod. Hampir setiap pedagang menyarankan saya untuk membeli PS3 dan Wii mereka menjelaskan panjang lebar tentang kebaikan PS3 dan keburukan mesin Xbox 360 seperti mudah panas dan rusak. Sayangnya saya tetap bersikeras membeli konsol tersebut meski harus mencarinya ke Malaysia. Ok, kembali ke topik.

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

“Yes! The New Xbox Has arrived!”

Sampai titik darah penghabisan, perjuangan demi perjuangan akhirnya Microsoft kembali merilis konsol Xbox 360 lewat mesin terbarunya yang diberi nama Jasper. Bersama saingan beratnya PS3 dan Wii, Jasper mencoba memulihkan nama Xbox 360 dibenak gamer Singapura. Alhasil penjualan Jasper terbukti laku lewat perilisan “Kinect” dimana mereka berhasil menjual lebih dari 2000 unit di hari perilisan kinect di Singapura. Sebelumnya penjualan Jasper masih tetap dibawah PS3 dan Wii. Well done, sampai sekarang jasper sudah jarang lagi ditemukan karena permintaan gamer semakin banyak.

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!
Launching kinect di Singapore kemarin

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!
babe saat Slim dilaunching

Well, gimana nasib Xbox 360 Slim? Beberapa bulan lalu saat launching Xbox Slim dan Kinect saya sempat berangkat ke Singapura untuk membeli kinect dan saya temukan di beberapa toko sudah banyak terpajang kaset terbaru Xbox 360 setara dengan PS3 dan Wii. Saya sangat bangga tentang semua cara yang dilakukan Microsoft! Hampir setiap toko besar telah terpajang Slim dan kinect yang disponsori oleh Microsoft buat promosi ke pelanggan baru yang ingin membeli dan buat orang yang tidak tahu kinect juga diperbolehkan mencoba dan tentunya gratis. Setiap toko hampir terdapat sosok cewe yang berpakaian Xbox 360 dan Kinect yang mencoba menghampiri dan menawarkan teknologi terbarunya! Setelah saya melakukan survei hampir di 10 toko game, semua harga yang mereka tawarkan sama dengan toko lain, baik konsol Slim dan Kinect. Good job Microsoft! Semuanya harga dan garansi yang diberikan adalah resmi dari Microsoft.

Lanjut yuk! perilisan gears of war 3 dihalaman berikut ini!

 

Kapan ya kita di sini ada acara resmi perilisan satu game esklusif oleh perusahaan seperti Microsoft dan Sony? Jangan berkecil hati, yang penting kita di sini bisa memainkannya. Tapi tunggu dulu! mari kita pelajari paket yang ditawarin Microsoft di negara tetangga kita.

 Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3!

The Wait is Over! Setelah keberhasilan perilisan Kinect dan Xbox 360 Slim. Kini giliran Gears of War 3 yang mendatangkan Marcus Fenix sendiri! Apa saya paket yang ditawarkan oleh Microsoft disaat perilisan gamenya tersebut?

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3![/caption]

Microsoft akan mengadakan perilisan resmi game esklusif Gears of War 3 di salah satu mall terkenal di Singapura. Buat yang membeli secara “pre-order” dari website atau dari toko silahkan dipungut kasetnya dari sana dengan membawa kartu pre-order.

Tanggal           : 19 September 2011

Mulai               : 7pm - selesai

Tempat            : Funan DigitaLife Mall Main Atrium

Microsoft juga menyediakan 2000 paket hadiah pertama buat anda yang membeli secara pre-order Limited edition yang didalamnya berisi baju, tas dan aksesoris Gears of war 3 dengan harga Rp 600.000,- Wow! Murah bukan?  (simak gambar dibawah ini)

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3![/caption]

 Buat anda yang membeli di tempat jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan buat 50 orang untuk mendapatkan poster dan handuk Gears of War 3 dengan pembelian paket regular dengan harga perkiraan Rp 490.000,- (saya kalikan dengan kurs sekarang)

Belum punya Xbox 360? Tidak apa-apa karena Microsoft menyediakan paket buat anda yang newbie atau pengen tukar Xbox lamanya. Bisa anda dapatkan Konsol Xbox 360 Gears of War 3 Edisi Terbatas tentunya dengan harga sekitar Rp 4.600.000,-

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3![/caption]

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3![/caption]

Bukan hanya itu! Tersedia 10 paket Epic Edition yang dibagikan secara cuma-cuma! Pembagian dilakukan Marcus Fenix sendiri di tempat launching bukan berupa boneka tapi manusia beneran! Penasaran? Ayo buruan ke Singapura nanti, sampai ketemu disana!

Sejarah Xbox 360 di Negara Tetangga Sampai Gears of War 3![/caption]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU