Final Fantasy XIII-2, Kini Bisa Menjelajahi Waktu Via Historia Crux!

Judul Game : Final Fantasy XIII-2
Dev / Pub : Square Enix
Tanggal Rilis : Desember 2011
Platform : PS3, Xbox 360
Genre : RPG

Sutradara game ini, Motomu Toriyama, menyebutkan bahwa Historia Crux ini mirip dengan tampilan utama sebuah web, dimana kamu bisa memilih web yang ingin kamu jelajahi. Atau dengan kata lain, memilih lokasi dan waktu yang ingin kamu jelajahi (baik di masa lampau, masa kini, dan masa depan). Fitur ini akan menjadi kunci utama skenario FF XIII-2.

Bahkan Toriyama sendiri menyebutkan, bahwa nantinya kamu bebas untuk menjelajahi area-area yang ada. Tidak hanya penjelajahan lingkungan saja, namun juga ada sejarah yang berbeda yang bisa dialami pemain via Historia Crux ini. Ini sekaligus mengindikasikan bahwa nantinya akan ada ending berbeda tergantung dari pilihan-pilihan pemain. Tentu saja akan ada misi-misi sampingan dan rahasia-rahasia menarik yang bisa digali lebih dalam dengan menggunakan Historia Crux secara tepat. Jika dilihat-lihat, mirip dengan penjelajahan waktu di Chrono Trigger ya?

Pembuatan fitur Historia Crux ini sedikit banyak dipengaruhi oleh para penggemar yang meminta penjelajahan di sini tidak selinier seperti di prekuelnya. Toriyama pun juga menyebutkan kalau nantinya banyak mini-game menarik yang bisa diakses dari awal permainan, tergantung dari lokasi dan waktu tempat kamu mengakses suatu area melalui Historia Crux.

Tentu saja karena bisa menjelajahi waktu, nantinya kamu bisa menemui beberapa karakter yang sudah familiar dalam situasi berbeda, tergantung dari masa atau waktu tempat kamu berada. Yang sudah dikonfirmasikan kembali di sini adalah Hope Estheim, tentunya akan ada beberapa perubahan dari para karakter tersebut.

 

Arti AF yang Sesungguhnya…

Mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya, apa sih AF itu? AF di sini adalah istilah penandaan waktu di dunia FF XIII-2, yang berarti “After Fall”. Artinya tak lain adalah waktu setelah kejatuhan Cocoon (di FF XIII), sehingga disebut dengan After Fall.

Pengakuan Noel bahwa dia berasal dari masa depan

Mungkin ini yang sedikit mengejutkan, karena ternyata Noel berasal dari masa depan, dimana dia adalah manusia terakhir yang berhasil bertahan hidup, dimana dia menceritakan bahwa dunia di masa depan di ambang kehancuran. Karena itulah dia kembali ke masa lalu untuk mengubah masa depan (via Historia Crux tentunya).

Nah bagaimana dengan nasib Lightning sendiri? Lightning saat ini berada di Valhalla, bertarung dengan sosok misterius yang kita lihat di trailer pertama FF XIII-2. dia menjadi seorang ksatria yang menjaga kuil Etro, salah satu entitas dewa di mitologi Fabula Nova Crystalis. Meskipun Lightning berada di dunia yang berbeda, tapi dia tetap bertarung, seperti yang diperlihatkan di trailer dimana dia bertarung dengan Chaous Bahamut bersama dengan Odin.

 

Menembus Batasan Waktu…

Dua screenshot di atas menunjukkan Bresha Ruins di masa yang berbeda. Di screenshot kiri menunjukkan Bresha Ruins pada 005 AF, yang tampak masih alami dengan berbagai pepohonan yang hijau. Sedangkan screenshot kanan menunjukkan Bresha Ruins di masa depan (dengan selang waktu 295 tahun, pada 300 AF), yang menunjukkan perubahan drastis dan bersalju. Kamu juga bisa melihat sendiri, Chocobo yang ditunggangi Serah juga berevolusi untuk bisa bertahan hidup.